×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Home >> Creator
vanecia

19 Oktober 2021 19:06

Kenali CRM, sistem yang mengatasi 5 masalah pada bisnis

Sistem CRM dapat membantumu dalam mengatur bisnis agar hubungan dengan pelanggan terjalin baik..

Kenali CRM, sistem yang mengatasi 5 masalah pada bisnis

0



Memiliki banyak pelanggan tentunya impian semua orang di dalam dunia bisnis. Relasi yang baik dengan pelanggan akan membawa keberuntungan bagi para penjual. Umumnya, relasi yang terbangun menggiring pelanggan biasa menjadi loyal. Di mana, pelanggan juga akan terus berbelanja di tempatmu. 

Industri di zaman sekarang terus menghadapi persaingan secara global. Persaingan pun banyak jenisnya, seperti adanya kecenderungan teknologi yang digunakan. Tak dapat dimungkiri bahwa teknologi memang memberi pengaruh besar terhadap kinerja sebuah industri. 

Bisnis yang berjalan sering kali timbul masalah yang tak terduga apalagi banyaknya tuntutan dari pelanggan terkadang membuat kewalahan. Setiap permasalahan dapat diselesaikan dengan mudah jika terdapat peran teknologi di dalamnya. Kunci dari masalah pelanggan terletak dari sistem Customer Relationship Management (CRM) yang harus diatur sebaik mungkin. Apa itu sistem CRM? Kenali lebih dalam dengan membaca artikel ini.

Sistem CRM dan manfaatnya.

Software Customer Relationship Management merupakan sistem yang dibentuk untuk melakukan berbagai strategi seperti penawaran, penjualan, perencanaan, dan penjadwalan berbagai aktivitas industri, perusahaan atau bisnis dengan pelanggan. Sistem CRM mengambil peran aktif bagi pengusaha agar dapat menjalin hubungan baik dengan pelanggan atau bisa dikatakan cara penjual membangun hubungan yang lebih dekat dengan pelanggan secara profesional. 

Loading...

Melihat adanya permasalahan yang terjadi di dunia bisnis dan berkaitan dengan pelanggan, sistem CRM hadir untuk membantu kamu karena sistem ini bermanfaat untuk mendapatkan pemahaman pelanggan lebih lagi, memasarkan produk dengan cara yang lebih efisien, dan tetap berhubungan baik dengan para stakeholder yang terdapat di dalam rantai bisnis.

Berikut ini merupakan lima masalah umum yang dihadapi bisnis dan cara CRM mengatasinya.

1. Tingkat retensi pelanggan rendah.

Membangun relasi dengan pelanggan dalam jangka panjang akan sulit sehingga dengan adanya sistem CRM yang memberdayakan Customer Service maka segala masalah yang dihadapi serta hal yang ingin ditanyakan dapat segera dibantu. 

2. Informasi yang kurang jelas.

Data perusahaan yang tidak tersusun dengan rapi membuat proses pencarian menjadi sulit. Kamu juga menjadi bingung siapa yang menjadi pelanggan tetapmu. Jika hal ini terjadi, akan sulit untuk dilakukan verifikasi padahal seharusnya perusahaan menyimpan data pelanggan dengan baik. Software CRM berguna untuk menggabungkan semua data dan interaksi ke dalam satu sistem yang dapat dilihat dan terjaga keamanannya oleh perusahaan. 

3. Pembacaan laporan yang rumit.

Melihat kembali hasil prospek pelanggan akan menjadi sulit jika data yang disimpan berantakan dan juga tidak terorganisir. Maka dari itu, software CRM berguna untuk mempermudah laporan analitik sehingga perusahaan juga dapat memilih keputusan yang tepat di masa yang akan datang.

4. Data yang tidak konsisten kepada pelanggan.

Tim penjualan yang melakukan prospek kepada pelanggan terkadang lupa memasukkan data terbaru kepada kantor sehingga data menjadi tidak sinkron dan tidak akurat. Hal ini akhirnya membuat terlewatnya prospek potensial karena sales person tidak bisa melihat data kembali saat berada di luar kantor. 

5. Karakteristik konsumen yang rumit.

Dalam bisnis, kamu pasti menemukan konsumen yang berbeda-beda sehingga kamu harus menyesuaikan secara perlahan. Dengan adanya sistem CRM, dapat membantumu menyimpan data pelanggan dengan baik dan kamu dapat menambahkan apa yang sekiranya pelangganmu tidak suka. Dari hal ini, kamu jadi tidak menduga-duga mengenai karakter pelangganmu.

CRM berkaitan dengan strategi bisnis dan juga untuk meningkatkan loyalitas pelanggan. Pelanggan yang puas akan mendatangkan lebih banyak konsumen dan membangun relasi yang lebih baik dari sebelumnya. 

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Pilih Reaksi Kamu


Tags

software crm softwarecrm bisnis ekonomi
Loading...
Creator Banner

Gak perlu khawatir, tulisan kamu bisa tetap
TERBACA DAN TRENDING di Brilio.net

Learn More Sign In
Tulis Komentar

RECOMMENDED VIDEO

Astro-Lo-Gue Ep. 7 - Patah Hati Zodiak Libra, Scorpio, Sagitarius, Capricorn, Aquarius & Pisces! Buat Sobat Brilio yang menunggu-nunggu, Astro-Lo-Gue balik lagi nih! Masih bareng Aby Respati yang bakalan ngelanjutin penjelasan mengenai hal-hal apa ...

ON FIRE

MORE
Back To Top