×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Home >> Creator
Khaneisya Luthfiyah Zahra

22 Juli 2021 15:35

Kenali 2 sistem imunitas, ini 5 cara tingkatkan imun saat pandemi

Melonjaknya kasus Covid-19 di Indonesia menuntut kita untuk meningkatkan imunitas tubuh guna mencegah penyebaran virus Corona..

Kenali 2 sistem imunitas, ini 5 cara tingkatkan imun saat pandemi

0



Foto: cottonbro from Pexels

Saat ini Indonesia mengalami lonjakan kasus Covid-19 di berbagai daerah. Penyebab melonjaknya kasus Covid-19 menurut Kementerian Kesehatan (Kemenkes) yaitu karena masyarakat melakukan silaturahmi setelah Idul Fitri. Kemudian penyebab lainnya yaitu masyarakat Indonesia yang mulai abai terhadap protokol kesehatan. Dapat kita lihat di kehidupan sehari–hari, banyak masyarakat yang tidak menggunakan masker dan tak jaga jarak ketika sedang berada di luar rumah. Selain itu, masuknya varian Corona baru dari India yaitu varian Delta yang menular lebih cepat dibandingkan varian sebelumnya.

Untuk memerangi virus Corona varian baru ini kita sebagai masyarakat Indonesia harus memperketat lagi protokol kesehatan. Selain itu, meningkatkan imunitas tubuh juga sangat penting karena imunitas merupakan benteng yang dimiliki oleh tubuh kita. Ketika imun tubuh menurun, virus dan penyakit akan lebih mudah masuk ke dalam tubuh karena imun yang lemah tidak mampu melawannya. Oleh sebab itu, kita akan tertular Covid-19 dan akan menularkan ke orang terdekat.

Sistem imunitas adalah sistem perlindungan tubuh manusia yang perannya melindungi tubuh dari serangan bakteri, virus, jamur, maupun parasit. Sistem imun bertugas mengenali, mengingat, dan menghancurkan benda asing yang masuk ke dalam tubuh. Sistem imunitas ini seperti pasukan yang siap memerangi benda asing yang masuk ke dalam tubuh kita. Bentuk dari sistem imunitas ini adalah berupa sel-sel tertentu. Ketika tubuh kita diserang oleh virus, sistem imunitas kita terangsang untuk menghasilkan antibodi yang digunakan untuk menyerang virus tersebut. Sistem imunitas terbagi menjadi dua yaitu, sistem imunitas spesifik dan sistem imunitas nonspesifik.

Apa itu sistem imunitas spesifik dan sistem imunitas nonspesifik?

Kita mulai dari sistem imunitas pertahanan pertama dan kedua, yaitu sistem imunitas nonspesifik. Sistem imunitas nonspesifik atau bisa disebut juga sistem imunitas bawaan ini terdiri dari kulit, sel–sel fagosit, membran mukosa, inflamasi, dan protein antimikroba. Sistem imunitas nonspesifik ini berfungsi mencegah terjadinya peradangan pada tubuh kita.

Loading...

Selanjutnya, sistem imunitas pertahanan ketiga yaitu sistem imunitas spesifik yang terdiri dari limfosit B, limfosit T, makrofag, dan antibodi. Sistem imunitas spesifik ini siap memerangi benda asing yang lolos dari pertahanan pertama dan kedua. Sistem imunitas spesifik juga dapat mengenali kembali benda asing yang pernah masuk ke tubuh sehingga kekebalan tubuh akan tercipta secara alami maupun buatan akibat dari tubuh kita yang terinfeksi lalu sembuh.

Sistem imunitas tubuh sangat penting bagi manusia. Oleh karena itu kita harus meningkatkan imunitas tubuh kita agar dapat memerangi patogen–patogen yang merugikan kala pandemi Covid-19 ini.

Lalu, bagaimana cara meningkatkan imunitas tubuh kita? Berbagai cara yang dapat dilakukan dalam meningkatkan imunitas tubuh kita, yaitu sebagai berikut.

1. Makan makanan yang bergizi.

Kala pandemi seperti ini kita harus mencukupi nutrisi bagi tubuh dengan makan makanan yang bergizi. Jika kekurangan nutrisi maka imun kita akan melemah dan mudah jatuh sakit. Makan makanan yang bergizi di antaranya adalah yang mengandung karbohidrat, protein, lemak, vitamin, dan mineral.

2. Minum air mineral yang cukup.

Minum air mineral yang cukup dapat meningkatkan kerja sistem imun tubuh. Air mineral dapat mengantarkan nutrisi dan oksigen ke seluruh tubuh. Selain itu juga dapat membuang kotoran dan racun ada di dalam tubuh. Dianjurkan untuk minum air mineral sebanyak 2 liter atau 8 gelas per hari agar tubuh tetap sehat dan bugar.

3. Istirahat yang cukup.

Istirahat yang cukup dapat meningkatkan imunitas tubuh. Sebaliknya kurang istirahat akan menurunkan imunitas tubuh. Untuk orang dewasa membutuhkan 7–8 jam untuk tidur. Sedangkan anak–anak hingga remaja membutuhkan 9–10 jam untuk tidur.

4. Hindari stres.

Kita perlu mengelola stres dengan baik. Apabila kita tidak bisa mengelola stres maka akan meningkatkan produksi hormon kortisol. Hormon kortisol ini dapat menurunkan kekebalan tubuh. Oleh karena itu, kita tetap harus tenang dalam menghadapi pandemi ini.

5. Berjemur di bawah sinar matahari dan olahraga yang teratur.

Berjemur di bawah sinar matahari tidak dapat membunuh virus atau bakteri melainkan dapat meningkatkan imunitas tubuh. Berjemur pun tidak perlu berlama–lama, cukup 15–20 menit saja. Sembari berjemur kita juga dapat berolahraga agar tubuh tetap bugar dan tidak mudah lelah.

Dari yang anak–anak hingga dewasa perlu meningkatkan imunitas tubuh saat pandemi ini. Apabila imunitas tubuh melemah, Covid-19 akan lebih mudah masuk ke dalam tubuh dan menginfeksi kita. Selain itu, kita juga harus menerapkan protokol kesehatan secara disiplin agar saling melindungi antara satu dengan yang lain. Mari kita bekerja sama dalam melindungi satu sama lain dari Covid–19 ini.

Source

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Pilih Reaksi Kamu


Tags

sistem imunitas covid-19 lawancovid19
Loading...
Creator Banner

Gak perlu khawatir, tulisan kamu bisa tetap
TERBACA DAN TRENDING di Brilio.net

Learn More Sign In
Tulis Komentar

RECOMMENDED VIDEO

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

ON FIRE

MORE
Back To Top