×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Home >> Creator
DwiS

26 Februari 2020 15:15

Kenali 10 jenis makanan dan minuman yang dapat memicu dehidrasi

Minuman dan makanan jenis tertentu bisa memicu dehidrasi..

Kenali 10 jenis makanan dan minuman yang dapat memicu dehidrasi

0



Foto: Pexels/Harry Cunningham

Dehidrasi terjadi ketika tubuh kehilangan dan kekurangan cairan. Akibatnya, tubuh bisa merasakan lemas, gampang haus, bahkan pusing. Kondisi seperti itu menuntut kita harus minum lebih banyak air putih, termasuk mengonsumsi minuman dan makanan yang bantu memulihkan. Tapi, tak sedikit orang bermaksud menghilangkan rasa haus dengan mengonsumsi makanan dan minuman tertentu yang ternyata justru membuat tubuhnya semakin dehidrasi. Oleh karenanya kadang tanpa disadari tubuh akan terasa semakin kehausan setelah mengonsumsinya.

Beberapa jenis makanan sehat pun ternyata bisa memicu dehidrasi, lho. Penasaran? Apa saja jenis makanan dan minuman yang justru membuat kita semakin mengalami dehidrasi? Berikut daftarnya.

1. Kopi dan teh.

Dua jenis minuman ini mengandung kafein yang bisa membuat tubuh mengalami dehidrasi setelah mengonsumsinya. Terutama jika kita sering minum kopi dan teh dalam jumlah banyak. Apalagi biasa meminumnya dengan tambahan gula yang banyak.

2. Alkohol.

Loading...

Jika kamu sering mengonsumsi minuman mengandung alkohol, intensitas untuk buang air kecil meningkat. Akibatnya tubuh kita kehilangan banyak cairan. Jenis minuman beralkohol yang bisa membuat semakin dehidrasi seperti bir, anggur, liquor.

3. Keju.

Ternyata, hobi mengonsumsi keju bisa memperparah kondisi tubuh yang sedang mengalami dehidrasi. Makan keju memicu tubuh untuk sering buang air kecil. Hal ini akibat kontraksi aktif dari kandung kemih dalam tubuh. Selain keju, mengonsumsi krim asam juga mempunyai efek yang sama, membuat tubuh gampang kehilangan cairan alias dehidrasi.

4. Buah dan sayuran.

Mengonsumsi buah dan sayuran memang sangat dianjurkan untuk mendapatkan tubuh yang sehat. Tapi, ada beberapa jenis sayuran dan buah-buahan yang justru berpotensi menyebabkan dehidrasi. Mengonsumsinya membuatmu sering mengeluarkan cairan dalam tubuh. Apa saja yang termasuk di dalamnya?

Jenis buah-buahan seperti lemon, jeruk, anggur, nanas, pisang dan apel dapat memicu dehidrasi. Sedangkan untuk sayuran, contohnya seperti cabai, bawang bombai mentah, tomat, asparagus yang bersifat diuretik.

5. Cokelat.

Kalau kamu suka makan cokelat, pastikan mengonsumsi banyak air putih setelahnya, khususnya dark chocolate. Kandungan kokoa dalam cokelat mendorongmu untuk buang air kecil lebih sering. Kamu pun jadi gampang merasa kehausan. Batasi mengonsumsi cokelat sekitar 50–70 gram atau 1–2 porsi dalam seminggu.

6. Popcorn.

Sodium dalam popcorn dan natrium pada bumbu tambahannya bisa memicu dehidrasi. Tak heran, kamu pun sering merasa kehausan setelah mengonsumsi makanan tersebut.

7. Gorengan dan keripik.

Selain popcorn, kamu juga sering merasa kehausan setelah mengonsumsi gorengan dan keripik berbumbu. Ternyata, kandungan garam yang tinggi di dalamnya sebagai pemicu tubuh terkena dehidrasi. Cukupi cairan tubuh dengan rajin minum air putih. Batasi juga mengonsumsi makanan yang mengandung MSG yang dijual di pasaran.

8. Minuman bersoda.

Jika kamu sering mengonsumsi minuman bersoda maka dinding kandung kemih mudah teriritasi. Kondisi itu membuatmu jadi sering buang air kecil.

Mengonsumsi minuman bersoda dengan kandungan gula bisa menyebabkan hipernatremia dimana kita kehilangan cairan tubuh. Hal ini berdasarkan hasil penelitian World Health Organization (WHO) seperti dilansir dari halodoc.com.

9. Jus buah kemasan.

Saat merasakan haus, sebaiknya pilih minum air putih dibandingkan dengan mengonsumsi jus buah dalam kemasan. Minuman jus buah kemasan tersebut mengandung karbohidrat tinggi yang justru membuatmu mudah terkena dehidrasi.

10. Makanan berprotein.

Beberapa jenis makanan mengandung protein seperti ayam, ikan, telur yang tentunya baik untuk kesehatan. Tapi tubuh membutuhkan cukup cairan untuk memproses makanan tersebut. Tak jarang, dehidrasi muncul kalau kamu tidak meminum cukup air putih setelah mengonsumsinya.

 

Source

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Pilih Reaksi Kamu


Tags

Penyebab dehidrasi Air putih Diuretik Kekurangan cairan
Loading...
Creator Banner

YUK GABUNG SEKARANG UNTUK DAPETIN
UANG TUNAI DARI HASIL KARYAMU!

Learn More Sign In
Tulis Komentar

RECOMMENDED VIDEO

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya


ON FIRE

MORE
Back To Top