×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Home >> Creator
Saiht Namron

11 November 2019 10:10

Kembali ke 1985: Musik bermutu tak kenal waktu

Musik bermutu memang tak kenal waktu. Musik berkualitas tak kenal batas..

Kembali ke 1985: Musik bermutu tak kenal waktu

0



Bagi pencinta musik, tahun 1985 sangat berkesan karena begitu banyak album berkualitas yang dirilis di tahun itu oleh banyak band legendaris dari berbagai genre musik. Sebut saja misalnya album Meat is Murder yg dirilis di tahun 1985 oleh band indie rock asal Manchester yang digawangi oleh Morrissey yaitu The Smiths yang menelurkan sebuah hits berjudul The Boy with a Thorn in His Side yang ternyata juga merupakan video klip pertama mereka. Track lainnya yang juga ngehits adalah How Soon is Now. Selain The Smiths, band titisan Joy Division yaitu New Order juga merilis album yang sangat keren yaitu Low Life. Lagu hits dari album ini adalah The Perfect Kiss.

Band yang dimotori oleh Robert Smith, The Cure juga merilis album yang sangat keren yaitu The Head on The Door yang di dalamnya terdapat lagu Inbetween Days yang ngehits hingga saat ini. Band legendaris lainnya yaitu Nick Cave and the Bad Seeds, di tahun 1985 juga merilis album keduanya yang diberi judul The First Born is Dead yang sangat terpengaruh dark blues dengan single andalannya yaitu Tupelo.

Tahun 1985 begitu spesial karena banyak band punk legendaris merilis album dengan nuansa yang berbeda dari album mereka sebelumnya. Seperti album Horror Epics dari the Exploited dengan cover album dengan image horror karena ada sesosok drakula yang berdiri di belakang Watie Buchan. Walaupun demikian, sound yang diusungnya masih sama dengan sebelumnya, keras, cepat, dan penuh kritik sosial seperti yang dapat kita simak dari lagu berjudul Maggie dan Dont Forget the Chaos.

Tidak seperti the Exploited yang bertahan dengan sound yang sama, banyak band punk rock legendaris yang mulai bereksplorasi dengan mengubah image dan juga sound-nya seperti The Clash yang menjadi bernuansa new wave pada album Cut the Crap dan album Night Time dari Killing Joke. Talking Heads semakin ngepop dan easy listening dengan albumnya Little Creatures yang membawa mereka masuk ke Top 10 untuk pertama kalinya dengan lagu Road to Knowhere. Sedangkan image dan sound dari The Damned menjadi bernuansa gothic rock dengan albumnya yang diberi judul Phantasmagoria. Tidak ketinggalan band beraliran gothic rock seperti the Sisters of Mercy merilis album keren mereka di tahun 1985 yaitu First and Last and Always. So dark allover Europe.... what a lovely year.

Masih banyak album keren dirilis pada tahun 1985 dari band-band bermutu seperti:

Loading...

1. This Nation's Saving Grace dari The Fall;

2. What Does Anything Mean? Basically  dari The Chameleons;

3. Rum, Sodomy, and the Lash dari The Pogues;

4. Our Favorite shop dari the Style Council;

5. Aikea Guinea dari Cocteau Twins;

6. Crush dari Orchestral Maneouvres in the Dark;

7. Misplaced Childhood dari Marillion;

8. Here's to futures day dari Thompson Twins;

9. Psychocandy dari the Jesus and Mary Chain;

10. Frankenchrist dari Dead Kennedys; dan

11. Big Lizard in my Backyard dari The Dead Milkmen

Tidak seperti zaman dulu ketika untuk menikmati musik-musik tersebut para pencinta musik harus rela merogoh kocek cukup dalam untuk mendapatkan rilisan fisik berupa kaset, CD, atau piringan hitam di berbagai toko musik andalan seperti Duta Suara, Aquarius, dan bahkan berburu ke Pasar Puring atau Jalan Surabaya, di era internet seperti sekarang ini tentunya para pencinta musik semakin dimanjakan dengan kemudahan mendapatkan album-album tersebut secara online baik dengan membeli versi digitalnya ataupun hanya menikmatinya dengan cara streaming melalui Joox atau Spotify. So, bagi para pencinta musik silakan berpetualang dengan cara apa pun untuk menikmati berbagai jenis musik berkualitas yang dirilis tahun 1985 tersebut. Selamat menikmati.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Pilih Reaksi Kamu


Tags

Musik Indie Punk New wave The Smiths The Cure
Loading...
Creator Banner

YUK GABUNG SEKARANG UNTUK DAPETIN
UANG TUNAI DARI HASIL KARYAMU!

Learn More Sign In
Tulis Komentar

RECOMMENDED VIDEO

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

ON FIRE

MORE
Back To Top