×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Home >> Creator
Ahmad Wahyudi

03 September 2021 13:41

Jenis-jenis wirausaha dan kiat untuk mencapai kesuksesan

Kenali berbagai bidang usaha dan strategi bisnis kewirausahaan untuk kesuksesanmu..

Jenis-jenis wirausaha dan kiat untuk mencapai kesuksesan

0



Foto: Tima Miroshnichenko from Pexels

Kewirausahaan merupakan hal yang sering dilakukan pelaku bisnis. Untuk meraih kesuksesan dalam hal bisnis, yang harus dilakukan adalah kenali bidang usaha dan strategi bisnis kewirausahaan untuk kesuksesan kamu. Tidak ada jaminan kamu akan 100% sukses, namun hal ini akan bisa menginspirasi dan memotivasimu.

Wirausaha

Wirausaha merupakan kegiatan seseorang atau kelompok yang berani mengerahkan segala kemampuan untuk bisa mengembangkan sesuatu yang disertai dengan kemampuan dalam mengatur permodalan dan memasarkannya. Tujuan berwirausaha yaitu membuat atau menciptakan sesuatu yang baru dan berbeda. Modal berwirausaha di antaranya inovatif, kreatif, dan mampu mewujudkan kreativitasnya guna meningkatkan kesejahteraan diri di lingkungan dan masyarakat.

Ada beberapa contoh wirausaha yang bisa kamu lakoni. Di antaranya sebagai berikut.

Contoh wirausaha dagang yang bisa laku setiap: Berjualan makanan dan minuman khas daerah, berjualan warkop dengan wi-fi, jualan pulsa, bisnis fashion, jualan gadget, jualan elektronik, jualan sembako, serta menjual tanaman hias.

Loading...

Contoh wirausaha di bidang pertanian: Menjual bibit tanaman, budidaya sayuran hidroponik, budidaya tanaman hias, budidaya rempah-rempah, jasa konsultan pertanian, budidaya tanaman obat, menjual pupuk organik, serta memasarkan mesin dan peralatan pertanian.

Contoh wirausaha di bidang perternakan: Peternak ayam pedaging, peternakan ayam KUB, ternak itik, ternak domba, ternak sapi perah, ternak ikan kakap, ternak ikan lele, ternak lebah madu, ternak ikan mujair, serta ternak udang dan bandeng.

Contoh wirausaha di bidang jasa: Jasa perbaikan komputer, jasa perbaikan kendaraan bermotor, jasa kursus keterampilan, bisnis jasa event organizer, bisnis jasa fotografi, serta jasa sound system.

Sedangkan contoh kecil berwirausaha di zaman digital di antaranya: Membuat bisnis online, membuka jasa kursus online, membuka jasa pembuatan website dan aplikasi, membuka jasa desain grafis, membuat toko online, affiliate marketing, menjadi dropshipper, menjadi translator, serta menjadi content writer.

Dari sekian banyak bidang kewirausaan, baik di bidang jasa maupun barang perlu ada berbagai pertimbangan, di antaranya adalah modal usaha, skill atau kemampuan, volume dan permintaan pasar, dan juga strategi untuk menguasai bidang usaha yang kamu tekuni. Semuanya membutuhkan riset dan pembelajaran serta mencari pengalaman untuk mendukung kewirausahaan kamu. Hal ini berguna untuk kamu yang baru mulai merintis atau sedang dalam proses pengembangan usaha.

Berikut ini merupakan kiat untuk menjadi seorang pengusaha sukses: Kerja keras dan tekun, berani membuat gagasan baru, percaya diri, serta berani mengambil risiko.

Dengan semua itu, diharapkan kewirausahaan kamu akan berlangsung secara konsisten dan berkelanjutan sehingga menjadikanmu sukses yang berkelanjutan dan tidak mengalami pasang surut yang signifikan. Jadi dengan mendalami strategi bisnis, kamu akan mampu bangkit menjalankan usahamu walaupun diterjang berbagai rintangan. Semoga apa yang penulis tuliskan ini dapat menjadikan inspirasi dan motivasi kamu untuk berwirausaha. Semoga sukses!

 

Source

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Pilih Reaksi Kamu


Tags

Bisnis Kewirausahaan News Karir Strategi
Loading...
Creator Banner

Gak perlu khawatir, tulisan kamu bisa tetap
TERBACA DAN TRENDING di Brilio.net

Learn More Sign In
Tulis Komentar

RECOMMENDED VIDEO

Astro-Lo-Gue Ep. 7 - Patah Hati Zodiak Libra, Scorpio, Sagitarius, Capricorn, Aquarius & Pisces! Buat Sobat Brilio yang menunggu-nunggu, Astro-Lo-Gue balik lagi nih! Masih bareng Aby Respati yang bakalan ngelanjutin penjelasan mengenai hal-hal apa ...

ON FIRE

MORE
Back To Top