Brilio
×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Home >> Creator
Nu'man Nasif

20 Agustus 2019 13:17

Jauhi 7 gaya hidup ini jika tak ingin kecerdasan menurun

Tips kesehatan seputar cara menjauhi gaya hidup yang dapat menurunkan kemampuan otak dalam berpikir..

Jauhi 7 gaya hidup ini jika tak ingin kecerdasan menurun

0



Siapa yang tak senang jika kita dipanggil si cerdas atau si pintar baik di kelas, di tempat kerja, maupun di kehidupan sehari-hari. Otak yang encer alias cerdas memang kerap diidam-idamkan oleh kita semua. Namun di balik kecerdasan otak kita, taukah kamu bahwa ada banyak berbagai faktor yang menyebabkan kita menjadi kurang cerdas.

Salah satu faktor penting yang menjadi penentu turunnya kecerdasaan seseorang antara lain karena gaya hidup. Gaya hidup sehari-hari tanpa disadari dapat berpengaruh terhadap kecerdasan. Kebiasaan sehari-hari terkadang tanpa kita sadari telah membawa kita pada gaya hidup yang tidak sehat dan nantinya akan berakibat pada kesehatan, termasuk menjadi penyebab yang bisa menurunkan kecerdasan.

Ketidakmampuan otak dalam berpikir menyebabkan kerusakan sel-sel jaringan pada otak hingga kita pun bisa terkena demensia atau alzheimer. Nah, untuk menghindari menurunnya kecerdasan kita, berikut ini kebiasan-kebiasaan buruk yang harus segera kamu jauhi. Simak penjelasan tentang 10 hal yang menyebabkan turunya kecerdasan kita, yuk.

1. Kurang tidur.

Jauhi 7 gaya hidup ini jika tak ingin kecerdasan menurun

Loading...

Apakah kamu termasuk orang yang suka begadang dan hanya mempunyai sedikit waktu untuk tidur? Nah, pada orang yang mengalami gangguan tidur, di dalam tubuhnya terjadi penurunan kadar sel darah putih sehingga sistem imun atau daya tahan tubuh menjadi lemah.

Akibatnya ke tubuh antara lain akan menyebabkan kita jadi mudah sakit, terganggunya pertumbuhan, dan menurunnya kemampuan berkonsentrasi sehingga sulit untuk mengerjakan sesuatu.

Lantas berapa jam idealnya tidur yang tepat? Banyak ahli menyarankan agar tidur setidaknya 6 jam. 6 jam adalah waktu yang sangat ideal untuk tubuh kamu memulihkan (regenerasi) sel-sel yang rusak, sekaligus waktu yang cukup untuk beristirahat menghilangkan lelah selama seharian bekerja. Jadi, hindari kurang tidur jika tidak ingin kecerdasaan kamu turun.

2. Kelebihan tidur.

Selain kurang tidur, kelebihan tidur pun tidak bagus bagi kecerdasan dan tubuh kita. Fakta medis membuktikan bahwa jika kita terlalu banyak tidur maka dapat menyebabkan penyakit seperti diabetes, jantung, sakit kepala sehingga meningkatkan risiko kematian.

3. Mengonsumsi alkhohol.

Jika kamu termasuk rutin mengonsumsi alkohol, kamu perlu kawatir sebab alkhohol jika dikonsumsi berlebihan menyebabkan masalah kesehatan yang berhubungan dengan kognisi dan memori. Sedangkan jika dikonsumsi dalam jangka panjang menyebabkan rusaknya sel-sel otak. Ketika berada dalam aliran darah, alkhohol akhirnya mencapai otak dan mengganggu komunikasi antara sel-sel otak dan sel-sel lain dalam tubuh. Maka sebaiknya minuman-minuman yang mengandung alkohol dalam jumlah sedikit maupun banyak sebisa mungkin dihindari.

4. Merokok.

Jauhi 7 gaya hidup ini jika tak ingin kecerdasan menurun

Kebiasaan buruk merokok selain merugikan kesehatan, terutama paru-paru, ada pula nikotin yang menyebabkan terjadinya kerusakan pada otak sehingga neuron dalam otak yang bertugas menyalurkan semua informasi ke seluruh sistem saraf menjadi terganggu.

Dapat disimpulkan bahwa pencandu rokok yang parah secara tidak langsung akan menurunkan kualitas memori pada otak yang otomatis mengakibatkan penurunan cara berpikir kamu.

5. Memakai narkoba.

Jauhi 7 gaya hidup ini jika tak ingin kecerdasan menurun

Narkoba adalah musuh bersama yang harus diperangi. Jahatnya narkoba antara lain memberikan efek buruk pada otak, yaitu menghambat kerja otak yang disebut depresansia sehingga kesadaran menurun dan timbul kantuk juga halusinasi.

6. Jarang berolahraga.

Kamu termasuk orang yang malas berolah raga? Segudang penelitian sudah menunjukkan manfaat dari olahraga bagi kesehatan tubuh. Sayang sekali jika kita tidak rajin mengerjakan olahraga secara rutin.

Jika kita jarang berolah raga, maka dampaknya bagi kesehatan tubuh kita antara lain akan menyebabkan terhambatnya aliran darah ke otak. Pada akhirnya menyebabkan penurunan fungsi otak.

7. Kurang nutrisi untuk otak.

Sama halnya seperti tubuh, otak juga butuh nutrisi yang cukup sehingga mampu bekerja secara optimal. Kurangnya nutrisi untuk otak sudah pasti akan mengganggu kinerja otak kamu. Sangat disarankan agar kamu rutin mengonsumsi sayur dan buah di mana dua makanan tersebut merupakan sumber nutrisi yang baik untuk otak kita.

Itulah tadi 7 gaya hidup yang menyebabkan turunnya kecerdasan otak kita. Sayangilah tubuh kita dengan memakan makanan yang menyehatkan.

Source

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Pilih Reaksi Kamu


Tags

kesehatan otaku narkoba pertumbuhan otak tips sehat
Loading...
Creator Banner

YUK GABUNG SEKARANG UNTUK DAPETIN
UANG TUNAI DARI HASIL KARYAMU!

Learn More Sign In
Tulis Komentar

RECOMMENDED VIDEO

Astro-Lo-Gue Ep. 7 - Patah Hati Zodiak Libra, Scorpio, Sagitarius, Capricorn, Aquarius & Pisces! Buat Sobat Brilio yang menunggu-nunggu, Astro-Lo-Gue balik lagi nih! Masih bareng Aby Respati yang bakalan ngelanjutin penjelasan mengenai hal-hal apa ...

ON FIRE

MORE
Back To Top