×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Home >> Creator
Mery Setyaningrum

30 Oktober 2020 10:55

Jangan salah sebut, ini 3 perbedaan antara lemper dan arem-arem

Meski terkesan serupa, kedua makanan ini nyatanya tak sama..

Jangan salah sebut, ini 3 perbedaan antara lemper dan arem-arem

0



Negara Indonesia bisa dibilang kaya akan wisata kuliner, termasuk jajanan tradisionalnya yang khas. Dimulai dari yang rasanya manis seperti kue serabi, cucur, hingga yang gurih seperti tahu aci pun ada. Ada lagi satu jajanan tradisional Indonesia yang sangat dikenal oleh masyarakat, yaitu lemper dan arem-arem. Dua jajanan tradisional ini mudah ditemukan di daerah Jawa.

Sebagian orang mungkin terkecoh dengan penampilan dua jajanan tradisional yang hampir serupa ini. Sebab bentuknya sama-sama lonjong dan juga dibungkus dengan daun pisang. Namun, pada dasarnya kedua jajanan tersebut ternyata berbeda.Berikut ini merupakan perbedaan antara lemper dan arem-arem.

1. Bahan baku.

Jangan salah sebut, ini 3 perbedaan antara lemper dan arem-arem

Dari bahan bakunya, kedua makanan ini sudah berbeda. Kalau lemper terbuat dari beras ketan sehingga teksturnya agak lengket jika dipegang. Lemper ternyata punya filosofi, yaitu sebagai simbol pemersatu kekerabatan atau persaudaraan. Oleh karena itu, makanan ini sering disajikan dalam sebuah hajatan pernikahan.

Loading...

Sedangkan arem-arem bahan bakunya adalah beras biasa. Arem-arem cocok dinikmati sebagai sarapan pagi bagi orang yang sibuk dan untuk sekadar sebagai pengganjal perut. Arem-arem sangat nikmat apabila dimakan bersama dengan aneka gorengan seperti bakwan udang, tempe mendoan dan tahu isi.

2. Bungkus.

Jangan salah sebut, ini 3 perbedaan antara lemper dan arem-arem

Apabila diamati dari bagian bungkusnya, lemper dibungkus dengan banyak lapisan daun pisang yang sudah diolesi dengan minyak goreng agar tidak lengket. Lain halnya dengan arem-arem yang dibungkus dengan daun pisang tanpa diolesi minyak goreng dan lebih lembap. Kemudian ujung daunnya diberi tusukan lidi agar tidak lepas.

3. Variasi isian.

Untuk isiannya, baik lemper dan arem-arem juga berbeda. Lemper biasanya diisi dengan potongan daging ayam suwir, abon sapi, atau bisa juga dengan serundeng kelapa. Kalau arem-arem sendiri isinya lebih bervariasi sesuai selera.

Jadi, itulah perbedaan antara jajanan arem-arem dan lemper. Tidak sulit, kan, untuk membedakannya?

Source

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Pilih Reaksi Kamu


Tags

Makanan Khas Kuliner Jajanan pasar Jajanan tradisional Makanan Unik
Loading...
Creator Banner

YUK GABUNG SEKARANG UNTUK DAPETIN
UANG TUNAI DARI HASIL KARYAMU!

Learn More Sign In
Tulis Komentar

RECOMMENDED VIDEO

Astro-Lo-Gue Ep. 7 - Patah Hati Zodiak Libra, Scorpio, Sagitarius, Capricorn, Aquarius & Pisces! Buat Sobat Brilio yang menunggu-nunggu, Astro-Lo-Gue balik lagi nih! Masih bareng Aby Respati yang bakalan ngelanjutin penjelasan mengenai hal-hal apa ...

ON FIRE

MORE
Back To Top