×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Home >> Creator
Dita Atasa

26 Februari 2020 14:15

Jangan panik, lakukan 6 hal ini saat banjir merendam rumahmu

Tetap tenang dan usahakan jangan panik ketika banjir merendam rumahmu..

Jangan panik, lakukan 6 hal ini saat banjir merendam rumahmu

0



Tingginya curah hujan menyebabkan banjir di berbagai daerah. Seperti di Jakarta pada Selasa (25/02/20) terjadi banjir di berbagai tempat baik yang sebelumnya merupakan lokasi langganan banjir maupun tidak. Hal ini mengakibatkan sebagian moda transportasi lumpuh dan banyaknya pemukiman warga yang terendam banjir.

Dalam menyikapi situasi seperti ini banyak orang yang belum mengetahui tindakan apa yang harus dilakukan saat banjir menerjang. Oleh karena itu, sebaiknya kamu melakukan persiapan diri dan beberapa hal saat banjir mulai tinggi, bahkan telah merendam rumahmu. Penting untuk tidak panik dan pastikan kamu tetap tenang untuk melakukan enam hal ini.

1. Jangan panik.

Jangan panik, lakukan 6 hal ini saat banjir merendam rumahmu

Foto: DetikNews

Loading...

Penting banget kamu perhatikan, saat menghadapi masalah segenting apa pun jangan panik. Tetaplah tenang, jika kamu panik, risiko baru bisa saja muncul dan menambah masalah baru, seperti luka fisik, bahkan kematian.

2. Amankan barang berharga.

Jangan panik, lakukan 6 hal ini saat banjir merendam rumahmu

Foto: cermati.com

Ketika air mulai tinggi, segera pindahkan barang-barang berharga dan dokumen penting seperti sertifikat tanah, ijazah, surat kependudukan yang kamu miliki ke tempat yang lebih aman. Misalnya kamu bisa pindahkan ke brankas atau ke dalam almari yang berada di lantai paling tinggi di rumahmu. Pastikan kamu menyimpannya dengan baik ke tempat yang tidak akan dijamah oleh air.

3. Waspada terhadap arus air.

Jangan panik, lakukan 6 hal ini saat banjir merendam rumahmu

Foto: BBC News

Selalu hati-hati dan perhatikan setiap langkah saat berjalan di tengah banjir. Biasanya genangan air akan menutup kubangan dan lubang besar di tanah. Oleh karena itu sebaiknya kamu menghindari berjalan di dekat saluran air agar tidak terseret arus banjir.

4. Matikan saluran listrik di rumahmu.

Jangan panik, lakukan 6 hal ini saat banjir merendam rumahmu

Foto: thespruce.com

Memang PLN sebagai penyedia saluran listrik biasanya mematikan saluran listrik ke daerah yang terdampak banjir. Namun, apa salahnya kamu mematikan listrik rumahmu jika ada peringatan bahaya banjir sebagai upaya persiapan diri untuk menghindari korsleting listrik.

Belajar dari banjir yang terjadi di Jakarta ketika memasuki Tahun Baru, banyak orang meninggal terkena sengatan listrik akibat listrik tidak dipadamkan. Nggak ada salahnya kan kamu siap lebih awal?

5. Pantau informasi melaui televisi dan media sosial.

Jangan panik, lakukan 6 hal ini saat banjir merendam rumahmu

Foto: canva.com

Pantau berita terkait kondisi banjir agar kamu tidak ketinggalan informasi bagaimana kondisi banjir, apakah perlu evakuasi atau tidak, dan untuk mengetahui upaya apa yang harus kamu lakukan. Dapatkan informasi secara up to date melalui media sosial, misalnya melalui tagar Twitter, maupun informasi di Instagram.

Pastikan smartphone dan powerbank kamu terisi penuh untuk menghindari habisnya baterai smartphone saat aliran listrik terputus. Jika listrik di rumahmu belum terputus dan air banjir belum sampai rumahmu, kamu juga bisa mendapatkan berita melalui televisi.

6. Simpan nomor telepon darurat.

Jangan panik, lakukan 6 hal ini saat banjir merendam rumahmu

Foto: indonesia.go.id

Pastikan kamu memiliki nomor telepon darurat di smartphone kamu.

Layanan darurat, mirip 911 di Amerika Serikat (112)

Ambulans (118 atau 119)

Pemadam kebakaran (113)

Polisi (110)

SAR/BASARNAS (115)

Posko bencana alam (129)

PLN (123)

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Pilih Reaksi Kamu


Tags

Banjir Atasi Banjir Jangan panik
Loading...
Creator Banner

YUK GABUNG SEKARANG UNTUK DAPETIN
UANG TUNAI DARI HASIL KARYAMU!

Learn More Sign In
Tulis Komentar

RECOMMENDED VIDEO

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

ON FIRE

MORE
Back To Top