×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Home >> Creator
Alif |Widhi Pradana

23 Juli 2021 14:00

19 Manfaat madu hitam untuk kesehatan dan kecantikan

Salah satunya bisa meningkatkan imunitas tubuh. .

19 Manfaat madu hitam untuk kesehatan dan kecantikan

0



foto: unsplash.com dan freepik.com

Madu bisa dijadikan sebagai pengganti gula. Cairan kental manis alami ini berasal dari nektar tumbuhan yang diproduksi oleh lebah madu. Di Indonesia terdapat beragam jenis madu yang cukup populer. Masing-masing memiliki karakteristik dan keunggulan tersendiri. Salah satunya ada madu hitam.

Madu hitam berasal dari lebah jenis Apis Mellifera yang menyerap sari bunga mahoni. Hal ini menyebabkan madu hitam memiliki warna lebih hitam dan rasanya agak pahit.

Sumber warna dan rasa tersebut berasal dari senyawa alkaloid dari pohon mahoni. Madu jenis ini juga mengandung gula yang lebih rendah.

Meski rasanya pahit, madu hitam mengandung nutrisi yang lebih banyak dari madu biasa. Madu hitam mengandung beberapa zat yang baik untuk tubuh seperti alkaloid, saponin, dan flavonoid. Sayangnya, belum banyak orang yang memanfaatkan madu hitam ini sebagai ramuan herbal alami.

Lantas, apa saja manfaat madu hitam untuk kesehatan dan kecantikan? Berikut  19 manfaat madu hitam untuk kesehatan dan kecantikan, dihimpun dari berbagai sumber pada Jumat (23/7).

Loading...

1. Meningkatkan imun tubuh.

foto: freepik.com

Secara umum, madu hitam dikenal sebagai bahan alami peningkat imun tubuh. Madu hitam pahit mengandung antioksidan flavanoid yang tinggi. Senyawa tersebut berperan efektif untuk menjaga sistem imun. Madu hitam juga kaya kandungan kalsium, zat besi, magnesium, dan lainnya yang baik agar tidak rentan terkena penyakit.

2. Meningkatkan stamina.

foto: freepik.com

Kandungan asam fenolat dan Vitamin B6 yang tinggi pada madu hitam mampu meningkatkan stamina tubuh. Stamina begitu penting karena menyangkut dengan aktivitas sehari-hari. Mengonsumsi madu hitam secara rutin dipercaya dapat membuat tubuh lebih bertenaga dan lebih produktif.

3. Mengatasi gangguan pencernaan.

foto: freepik.com

Sebagian besar gangguan pencernaan muncul akibat lambung yang bermasalah. Berbagai penyakit yang berkaitan dengan lambung diantaranya grasitis, tukak lambung, dan lain sebagainya. Madu hitam dipercaya mampu menetralkan kadar asam lambung yang menjadi salah satu penyebab penyakit tersebut. Tak hanya itu, madu hitam juga dapat menjaga kesehatan lambung jika rutin mengonsumsinya.

4. Menyembuhkan masalah pernapasan.

foto: freepik.com

Meski rasanya pahit, madu hitam bisa dijadikan obat antibiotik alami karena sifat bakteriostatik. Hal ini dapat dimanfaatkan untuk penyembuhan infeksi pada gangguan saluran pernapasan, seperti asma. Selain itu, sifat anti inflamasi pada madu hitam juga dipercaya dapat mengatasi penyakit radang tenggorokan.

5. Menurunkan kadar kolesterol.

foto: freepik.com

Kadar kolesterol yang tinggi memicu datangnya berbagai penyakit kronis, seperti jantung hingga stoke. Dengan mengonsumsi madu hitam secara rutin dipercaya dapat menurunkan risiko penyakit tersebut dengan menstabilkan tingkat kolesterol dalam darah. Caraya, cukup dengan rutin mengonsumsi 2 sdm madu hitam setiap hari untuk merasakan khasiatnya.

 

6. Meredakan sakit maag.

foto: freepik.com

Sakit maag muncul akibat radang pada pankreas dan usus tersumbat. Kebiasaan buruk seperti minum kopi berlebih atau jadwal makan yang tidak teratur juga bisa mengakibatkan munculnya risiko maag. Jika seseorang mengalami gejala sakit maag, kini dapat diatasi dengan mengonsumsi madu hitam. Caranya campur 1 sdt madu hitam dengan teh atau air hangat. Ramuan herbal ini juga bisa digunakan untuk gangguan pencernaan lain.

7. Menurunkan gula darah.

foto: freepik.com

Selanjutnya, madu hitam bisa dimanfaatkan sebagai obat untuk menurunkan kadar gula darah bagi penderita diabetes. Hal ini disebabkan kandungan gulanya yang lebih sedikit jika dibandingkan dengan madu biasa. Tak heran, jika madu hitam dipercaya sangat bagus untuk menurunkan kadar gula darah karena kandungan gulanya yang rendah.

8. Mempercepat penyembuhan luka.

foto: freepik.com

Kandungan anti bakteri dan asam pH dalam madu hitam dipercaya efektif untuk mempercepat penyembuhan luka. Secara tradisional, madu sering dioleskan pada luka bakar. Selain itu, sifat anti inflamasi pada madu hitam berperan untuk mengurangi peradangan pada kulit yang terinfeksi.

9. Menurunkan kadar asam urat.

foto: freepik.com

Madu hitam juga bermanfaat bagi para penderita radang dan nyeri pada persendian, termasuk penyakit asam urat. Kandungan gula yang rendah, membuat madu hitam mampu menurunkan kadar asam urat yang tinggi. Gunakan madu hitam untuk dikonsumsi secara rutin agar kadar asam urat dapat kembali normal.

10. Menyehatkan lambung.

foto: freepik.com

Salah satu manfaat madu hitam yaitu mampu menyehatkan lambung. Madu hitam memiliki sifat dasar sebagai antibiotik, sehingga dapat mengurangi gejala lambung yang disebabkan oleh infeksi bakteri Helicobacter pylori. Meski jarang menyebabkan komplikasi yang serius, sakit lambung yang tidak segera ditangani dapat menimbulkan luka yang cukup dalam dan melebar di lambung.

11. Meningkatkan fungsi ginjal dan hati.

foto: freepik.com

Terganggunya fungsi ginjal dan hati dapat memberikan dampak buruk bagi kesehatan tubuh. Sebab keduanya memiliki peran penting dalam proses produksi urin. Sampai saat ini madu hitam dipercaya sebagai bahan alami untuk menjaga kesehatan ginjal dan hati. Untuk mendapat khasiatnya secara maksimal, konsumsi madu hitam secara rutin minimal sehari sekali.

12. Mencegah risiko anemia.

foto: freepik.com

Jika seseorang merasa lemas, sering mengantuk, napas pendek, dan pusing, mungkin ia mengalami gejala anemia. Anemia atau kurang darah disebabkan oleh tubuh yang kekurangan zat besi. Madu hitam pahit kaya akan zat besi yang mampu mencegah risiko anemia. Konsumsi madu hitam secara rutin minimal 1 sdm tiap hari bisa membantu mencegah risiko anemia.

13. Meredakan penyakit rematik.

foto: freepik.com

Manfaat madu hitam berikutnya yaitu mampu meredakan penyakit gangguan saraf, termasuk rematik. Sifat anti inflamasi dan antioksidan dalam madu hitam pahit diyakini ampuh meringankan penyakit rematik, serta gangguan saraf lainnya. Tentunya untuk mendapat khasiat ini, madu hitam harus dikonsumsi secara berkala. Baik untuk pengobatan ataupun pencegahan berikutnya.

14. Mencegah kanker.

foto: freepik.com

Tubuh manusia memerlukan zat antioksidan untuk menangkal radikal bebas. Zat tersebut bisa didapatkan dengan mengonsumsi madu hitam. Madu hitam bersifat antioksidan yang mampu menangkal radikal bebas dalam tubuh. Tingginya kandungan antioksidan pada madu hitam membuatnya sering dijadikan bahan alami pencegah kanker.

15. Mengatasi alergi.

foto: freepik.com

Madu hitam bersifat anti oksidan dan mengandung senyawa flavonoid. Keduanya diyakini berkhasiat sebagai obat alami untuk mengatasi gangguan alergi. Diantaranya seperti asma, eksem, atopic, rhinitis, dan lain sebagainya. Selain itu, senyawa flavonoid dalam madu hitam pahit juga dapat melancarkan sirkulasi darah ke otak, sehingga fungsi otak terpelihara dengan baik.

16. Menurunkan berat badan.

foto: freepik.com

Senyawa flavonoid yang terkandung dalam madu hitam juga dipercaya dapat mencegah peradangan. Bahkan mengonsumsi madu hitam sebagai pengganti gula bisa membantu menurunkan berat badan.

Flavonoid dibutuhkan oleh tubuh untuk menekan produksi hormon leptin, yakni hormon yang dihasilkan oleh sel-sel lemak. Sehingga membantu proses metabolisme dan mengontrol nafsu makan.

17. Menyamarkan flek hitam di wajah.

foto: freepik.com

Tak hanya untuk kesehatan, madu hitam juga bermanfaat untuk kecantikan. Sifat anti inflamasi pada madu hitam diklaim mampu mengatasi jerawat, dan menyamarkan flek hitam pada wajah. Khasiat ini bisa didapatkan dengan memakai madu hitam sebagai masker wajah alami.

18. Mengatasi jerawat.

\foto: freepik.com

Manfaat madu hitam pahit sering dipakai untuk meredakan jerawat akibat bakteri. Hal ini disebabkan kandungan asam laktat dalam madu hitam. Senyawa tersebut digunakan sebagai obat alami untuk inflamasi kulit sensitif.

19. Mencerahkan dan melembapkan kulit.

foto: freepik.com

Terakhir, kandungan vitamin dan mineral dalam madu hitam bisa membuat kulit lebih cerah dan lembab. Cara penggunaannya dengan mencampurkan 1 sdt bubuk matcha, 1 sdm madu hitam, dan 1 sdt minyak almond untuk membuat masker wajah. Lakukan perawatan kulit ini secara rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

 

Penulis: Alif |Widhi Pradana dan Desinta Ramadani

Source

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Pilih Reaksi Kamu


Tags

imunitas corona tips sehat manfaat madu jeruk nipis dicampur garam
Loading...
Creator Banner

Gak perlu khawatir, tulisan kamu bisa tetap
TERBACA DAN TRENDING di Brilio.net

Learn More Sign In
Tulis Komentar

RECOMMENDED VIDEO

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

ON FIRE

MORE
Back To Top