Buat sebagian besar penggemar film dan atau novel bertema jagoan solo yang mampu memorak-porandakan satu batalyon militer, nama yang langsung kepikiran mungkin adalah James Bond. Hal ini normal karena memang karakter agen rahasia Inggris (British Secret Service MI6) itu lahir lebih dulu (pertama dirilis ke publik tahun 1953 oleh novelis yang juga mantan intel angkatan laut Inggris Ian Fleming) dan memiliki sederet film sukses, sehingga menjadikan nama James Bond sebagai seorang ikon agen rahasia keren.

Saking ikoniknya James Bond, karakter fiksi ini bahkan diikut sertakan di pembukaan Olimpiade London 2012 sebagai pengawal pribadi Yang Mulia Ratu Elizabeth II. Sebuah pencapaian yang tentunya luar biasa untuk karakter fiksi yang diciptakan lebih dari setengah abad lalu.

Jack Ryan, tokoh novel jagoan Tom Clancy yang tak kalah dari Bond

Karakter Jack Ryan mungkin tidak sehebat James Bond. Tapi dia punya reputasi hebatnya sendiri.Jack Ryan adalah karakter novel spionase seperti James Bond-nya Ian Fleming. John Patrick Jack Ryan Sr. merupakan nama lengkap karakter ciptaan Tom Clancy ini. Tom Clancy sendiri merupakan novelis dengan spesialisasi kisah-kisah spionase serta aksi militer yang detil selama dan selepas era Perang Dingin atau Cold War antara Amerika Serikat dengan Uni Soviet (kini Federasi Russia).

Jack Ryan, tokoh novel jagoan Tom Clancy yang tak kalah dari Bond

Jack Ryan (2018 ver)

Penggemar video game mungkin juga pernah mendengar nama Tom Clancy karena nama dia juga digunakan di berbagai franchise game yang memiliki karakteristik seperti novel-novelnya.Ambil contoh game aksi seperti Tom Clancys Rainbow Six, Tom Clancys Ghost Recon atau Tom Clancys Splinter Cell. Game-game tadi kental suasana aksi spionase militer yang melibatkan konflik antar negara. Bahkan salah satu game Splinter Cell pernah mengambil setting lokasi di Indonesia sebagai bagian ceritanya.

Jack Ryan, tokoh novel jagoan Tom Clancy yang tak kalah dari Bond

Karakter Jack Ryan mulai dikenal publik lewat novel pertamanya berjudul The Hunt for Red October yang dirilis Oktober 1984.Judul ini juga merupakan debut Tom Clancy di dunia novel espionage. Novel dengan kisah soal kapal selam nuklir Soviet yang mengancam daratan Amerika Serikat tersebut laris manis dan jadi best seller dimana-mana. Bahkan Presiden Amerika Serikat saat itu, Ronald Reagen, sempat menyatakan kalau dia sangat menikmati novel The Hunt for Red October.

Jack Ryan di novel digambarkan sebagai seorang analis dari Central Intelligence Agency alias CIA Amerika Serikat. Dulunya Jack Ryan adalah anggota Marinir Amerika Serikat sebelum kemudian menjadi dosen sejarah di Akademi Maritim dan akhirnya ditarik masuk ke dalam CIA. Secara struktur Jack bukanlah agen lapangan, namun dia harus keluar dari balik meja kantor dan ikut dalam operasi CIA.

Jack Ryan, tokoh novel jagoan Tom Clancy yang tak kalah dari Bond

Novel perdana Tom Clancy dan kemunculan perdana Jack Ryan

Sukses novel The Hunt for Red October melahirkan sekuel-sekuel petualangan Jack Ryan selanjutnya.Patriot Games (1987), Clear and Present Danger (1989) serta The Sums of All Fears (1991) merupakan judul-judul novel di mana petualangan Jack Ryan berlanjut pasca insiden kapal selam nuklir Red October. Di kisah-kisah tersebut Jack Ryan tidak lagi hanya seorang analis biasa, namun terus berubah posisi. Sebagai Deputi Direktur CIA, sebagai Penasehat Presiden untuk Keamanan Nasional, hingga bahkan menjadi Wakil Presiden dan akhirnya Presiden Amerika Serikat.

Jack Ryan, tokoh novel jagoan Tom Clancy yang tak kalah dari Bond

Ki-ka: Alec Baldwin, Harrison Ford, Ben Affleck & Chris Pine

Kisah petualangan Jack Ryan sudah pernah difilmkan oleh Hollywood dengan aktor yang berbeda-beda.Di film adaptasi novel The Hunt for Red October tahun 1990, Jack Ryan diperankan oleh aktor Alec Baldwin. Harrison Ford memerankan Jack Ryan di film Patriot Games (1992) dan Clear and Present Danger (1994). Dan Ben Affleck kebagian peran sebagai Jack Ryan untuk film The Sums of All Fears di tahun 2002.

Di tahun 2014 kisah Jack Ryan kembali di filmkan, namun dalam konsep reboot di mana diceritakan awal mula karir Ryan saat berhenti dari Marinir dan menjadi anggota CIA. Film tersebut dibintangi oleh Chris Pine dan berjudul Jack Ryan: Shadow Recruit.

Film ini dirilis sekitar satu tahun pasca meninggalnya Tom Clancy akibat penyakit yang tidak disebutkan (walau salah satu kolega Clancy bernama John D. Gresham meng-klaim kalau penyebabnya adalah sakit jantung yang sudah lama di derita Clancy).Sepeninggalan Tom Clancy di tahun 2013, kisah-kisah Jack Ryan diteruskan oleh novelis yang diberikan izin oleh keluarga Tom Clancy. Mereka adalah Mark Greaney, Mike Maden dan Marc Cameron. Jika dihitung dengan karya ketiga nama tadi, hingga kini ada 21 judul novel di mana Jack Ryan menjadi tokoh utama maupun bagian penting dalam cerita.

Entah karena merasa kalau Jack Ryan: Shadow Recruit tidak memuaskan sebagai prekuel kisah Jack Ryan, pihak pemegang lisensi Jack Ryan menciptakan serial Web TV yang kembali berfungsi sebagai kisah awal mula seorang Jack Ryan.

Diberi judul simple Tom Clancys Jack Ryan, serial Web TV ini direncanakan sejak 2016. Aktor yang berperan sebagai Jack Ryan adalah John Krasinski, yang dikenal lewat peran komedi di serial The Office. Tema kali ini seputar terorisme yang memanfaatkan jaringan keuangan perbankan. Jack Ryan sendiri diceritakan sebagai analis keuangan CIA yang bergerak di bagian pelacakan pendanaan terorisme dan persenjataan ilegal.Serial ini diputar lewat saluran Web TV Amazon Prime, yang juga bakal merilis serial TV The Lord of the Rings.

Jack Ryan, tokoh novel jagoan Tom Clancy yang tak kalah dari Bond

Secara umum, Jack Ryan ciptaan Tom Clancy ini memang tidak se-mainstream atau flamboyan seperti James Bond ciptaan Ian Fleming.Jack Ryan bukan agen lapangan asli. Tidak terlatih untuk jadi agen lapangan CIA. Dia juga bukan playboy yang suka berganti-ganti pasangan seperti Bond karena diceritakan kalau Jack ada menikah. Jack juga punya phobia bepergian dengan pesawat terbang pasca kecelakaan udara yang menyebabkan kematian kedua orangtuanya. Jack juga meraih karir politik dan bahkan sampai menjadi Presiden Amerika Serikat. Jauh berbeda dengan karakteristik James Bond.

Jack Ryan, tokoh novel jagoan Tom Clancy yang tak kalah dari Bond

Salah satu scene Tom Clancys Jack Ryan di Amazon Prime

Jack Ryan terasa lebih masuk akal ketimbang James Bond.Untuk yang ingin lebih mengenal Jack Ryan bisa memulainya dari membaca novel The Hunt for Red October. Atau langsung melihat filmnya juga bisa, walau kisah di film tidak 100% sama seperti di novelnya. Bisa juga menonton serial Web TV Tom Clancys Jack Ryan di saluran berbayar Amazon Prime untuk melihat kisah masa muda Jack Ryan saat baru berkarir di CIA.

Apapun yang dipilih, silakan menikmati aksi seru dan analisa berbobot dari seorang analis agensi mata-mata penting Amerika Serikat, Jack Ryan!