Brilio
×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Home >> Creator
Dadang Supena

12 November 2019 17:55

Inilah penyebab, gejala, dan cara mencegah penyakit anemia

Anemia banyak terjadi pada wanita. Kondisi ini kerap menyebabkan tubuh penderita terasa lemas dan lesu akibat kekurangan darah..

Inilah penyebab, gejala, dan cara mencegah penyakit anemia

0



 

Anemia merupakan suatu kondisi di mana tubuh kekurangan sel darah mengandung hemoglobin yang berguna untuk mengedarkan oksigen ke seluruh organ tubuh. Penyakit ini dapat menyebabkan tubuh penderita merasa lemah dan lesu sehingga tidak dapat melakukan aktivitas secara maksimal.

Anemia dapat terjadi dalam jangka waktu pendek ataupun panjang, mulai dari tingkat keparahan yang ringan hingga serius. Kondisi ini dapat diatasi dengan mudah apabila diketahui penyebabnya. Pasalnya, anemia dapat disebabkan akibat kekurangan zat besi, akibat menstruasi, atau anemia yang terjadi selama masa kehamilan. Maka dari itu, penting bagimu untuk mengetahui penyebab, gejala, dan cara mencegah anemia.

Penyebab anemia.

Anemia pada dasarnya terjadi akibat tiga kondisi, yakni kurangnya produksi sel darah merah, hancurnya sel darah merah yang terlalu cepat, dan kehilangan darah secara berlebihan. Dengan begitu sel-sel di dalam tubuh tidak mendapat jumlah oksigen yang cukup sehingga tidak dapat berfungsi dengan normal.

Loading...

Gejala anemia.

Gejala umum yang dapat dirasakan penderita anemia antara lain adalah tubuh lemas dan mudah lelah, pusing dan sakit kepala, nyeri dada, tangan dan kaki terasa dingin, kulit tampak pucat atau kekuningan, napas pendek, dan detak jantung tidak beraturan.

Pencegahan anemia.

Berikut ini beberapa hal yang dapat dilakukan untuk mencegah terjadinya anemia:

1. Penuhi kebutuhan zat besi.

Untuk mencegah anemia, hal pertama yang harus kamu lakukan adalah memastikan bahwa asupan zat besi terpenuhi melalui makanan yang dikonsumsi. Kamu dapat mengonsumsi makanan kaya akan zat besi seperti daging merah, hati sapi, udang, kerang-kerangan, dan lain sebagainya. Selain itu, asupan zat besi juga dapat kamu peroleh dari kacang-kacangan dan sayuran hijau, seperti bayam.

2. Mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin B12.

Selain zat besi, kamu juga harus mendapatkan asupan vitamin B12 agar terhindar dari anemia. Vitamin B12 juga dapat membantu memaksimalkan penyerapan zat besi. Kamu dapat memperoleh asupan vitamin B12 dari beberapa makanan, seperti ikan salmon, ikan tuna, telur, dan juga produk olahan susu seperti keju dan yogurt.

3. Konsumsi obat penambah darah.

Dalam beberapa kasus, mengonsumsi makanan penambah darah saja tidak cukup untuk meningkatkan produksi sel darah merah. Maka dari itu, kamu juga perlu mengonsumsi obat penambah darah untuk mencegah anemia.

Source

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Pilih Reaksi Kamu


Tags

Pengertian anemia penyebab anemia gejala anemia mencegah anemia
Loading...
Creator Banner

YUK GABUNG SEKARANG UNTUK DAPETIN
UANG TUNAI DARI HASIL KARYAMU!

Learn More Sign In
Tulis Komentar

RECOMMENDED VIDEO

Astro-Lo-Gue Ep. 7 - Patah Hati Zodiak Libra, Scorpio, Sagitarius, Capricorn, Aquarius & Pisces! Buat Sobat Brilio yang menunggu-nunggu, Astro-Lo-Gue balik lagi nih! Masih bareng Aby Respati yang bakalan ngelanjutin penjelasan mengenai hal-hal apa ...

ON FIRE

MORE
Back To Top