×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Home >> Creator
Bunda Iffa

01 Mei 2019 10:17

Inilah bahan dan cara membuat sate taichan di rumah, mudah & nikmat

Kamu bisa membuat sate taichan ala restoran di rumah..

Inilah bahan dan cara membuat sate taichan di rumah, mudah & nikmat

0



Sate taichan saat ini menjadi makanan populer yang banyak diminati oleh ibu rumah tangga. Berbeda dengan sate pada umumnya, sate taichan memiliki warna putih karena tidak menggunakan kecap dan rempah lainnya ketika membakarnya. Bumbu sate ini juga bukan berasal dari bumbu kacang, melainkan sambal.

Menggunakan bahan cabe yang melimpah, sate taichan memiliki rasa pedas yang tidak perlu diragukan. Dengan tekstur yang lembut dan paduan sambal yang menggoda, sate taichan banyak disajikan di berbagai restoran dan menjadi incaran pencinta sate di Indonesia. Selain sudah hits di Jakarta, sate taichan juga populer di Kota Bandung dengan berbagai macam variasi.

Sate taichan sendiri merupakan sate ayam fillet yang dibakar atau digoreng tanpa bumbu kacang atau kecap dan disajikan pake sambal dengan jeruk nipis. Inilah yang membuat rasa satenya asin, asem, dan pedas. Cara memasak sate taichan ini pada umumnya dibakar dahulu tapi kamu bisa membuat sate taichan dengan cara digoreng. Asal usul sate taichan sampai kini juga masih menjadi misteri antara negara Thailand atau China.

Uniknya, sate taichan tidak mengalami proses panggang lama seperti sate pada umumnya. Untuk mengempukkan, biasanya daging yang digunakan sate taichan dipanggang sebentar lalu digoreng. Selain daging ayam, kamu juga bisa mengkreasikannya dengan telur puyuh, ceker, atau usus ayam. Dengan kreasi tersebut, sate taichan bisa digunakan sebagai makanan diet sehat karena tidak selalu menggunakan daging ayam. Sate taichan biasanya dijual dengan harga 20 ribu untuk 1 porsinya di beberapa restoran.

Selain bisa beli di warung maupun restoran, kamu juga bisa membuat sate taichan dengan resep sederhana dengan bahan rempah-rempah yang tersedia di daerahmu. Dengan membuat sendiri, kamu bisa berhemat dan tidak perlu mengeluarkan banyak uang untuk menikmati sate taichan di restoran mahal. Sate taichan juga sangat cocok disajikan ketika acara kumpul keluarga.

Loading...

Lalu bagaimana cara membuat sate taichan? Berikut ini resep sate taichan dan cara membuat sate taichan ala restoran yang bisa kamu coba di rumah.

Bahan sate taichan.

1. 250 gram dada ayam fillet tanpa kulit

2. Cabe rawit sesuaikan dengan selera pedas

3. 3 siung bawang merah

4. 3 siung bawang Putih

5. 2 buah jeruk nipis

6. Lada bubuk secukupnya

7. Garam secukupnya

8. Gula secukupnya

 

Cara membuat sate taichan.

1. Potong daging berbentuk kotak-kotak kurleb 2cm dada ayam lalu tusuk-tusukan ke tusuk sate kecil, isi 4 buah maksimal.

2. Beri penyedap, jeruk nipis, lalu biarkan selama 15 menit hingga menyerap

3. Untuk membuat sambel sate taichan siapkan bawang putih, bawang merah, cabe rawit, kemudian uleg hingga halus beri penyedap sesuai selera

4. Bakar sate ayam sesuai selera kira-kira sampai berubah warna tapi saya lebih suka setengah matang tidak terlalu kering

5. Ayam dan bumbu uleg siap disediakan.

6. Sajikan dengan perasan jeruk nipis diatas sate ayam taichan

7. Selesai, sate taichan siap disajikan dan dinikmati bersama keluarga

 

Tambahan 

Rasa sate taichan yang umumnya pedas bisa disesuaikan dengan selera keluarga. Kamu bisa mengurangi cabe dalam resep, atau menambahkan kecap agar mengurangi sensasi rasa pedasnya.

Itulah resep sate taichan dan cara membuat sate taichan ala restoran yang bisa kamu coba dirumah. Kamu juga dapat berinovasi dengan menyajikan sate taichan bersama acar timun, sambal matah, atau lelehan keju mozzarella nan lembut. Selamat mencoba!

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Pilih Reaksi Kamu


Tags

Loading...
Creator Banner

Gak perlu khawatir, tulisan kamu bisa tetap
TERBACA DAN TRENDING di Brilio.net

Learn More Sign In
Tulis Komentar

RECOMMENDED VIDEO

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

ON FIRE

MORE
Back To Top