×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Home >> Creator
Dian K

17 Januari 2020 12:23

Inilah 7 trik rahasia pewawancara yang jarang diketahui

Pewawancara menjatuhkan pulpen ke lantai? Tanpa disadari ternyata itu adalah trik yang mereka lakukan untuk mengetes kepribadianmu..

Inilah 7 trik rahasia pewawancara yang jarang diketahui

0



Di zaman yang serba cepat ini, interview pekerjaan tidak bisa dilakukan dengan cara yang standar. Itulah mengapa cara yang tidak biasa kadang dilakukan pewawancara untuk lebih mengenal kandidat yang akan dipekerjakannya.

Bersiaplah jika pewawancara melakukan tes yang bahkan tidak kamu sadari. Berikut ini adalah beberapa trik yang mungkin akan mereka lakukan.

1. Kamu ditawari secangkir kopi dengan satu alasan.

Photo by Nao Triponez from Pexels

Foto: Pexels.com

Loading...

Jangan terlalu heran jika pewawancara menawarimu secangkir kopi. Teknik ini menjadi sebuah tren belakangan sejak kepala akunting pengembangan perangkat lunak di perusahaan “Xero Australia”, Trent Innes, mengatakan bahwa trik ini dapat memperlihatkan karakter dan sikap seseorang.

Mereka akan memperhatikan dengan seksama apa yang akan kamu lakukan saat menggunakan cangkir tersebut. Apakah kamu akan bertanya di mana harus meletakkannya, apakah kamu akan meninggalkannya di meja, atau justru kamu akan mencucinya sendiri di dapur? Cara paling direkomendasikan adalah dengan membawanya ke dapur dan mencucinya sendiri setelah interview selesai.

2. Mereka akan membuatmu menunggu.

Photo by Killian O'Neill from Pexels

Foto: Pexels.com

Kamu akan merasa heran saat wawancara telah dijadwalkan pukul 10.00, namun kamu diminta menunggu 10 menit, ditambah 10 menit lagi, dan akhirnya lebih dari satu jam. 

Trik ini dapat menunjukkan bagaimana kamu dapat bertahan secara emosional dalam keadaan tertekan dan seberapa kamu menginginkan pekerjaan ini.

3. Pewawancara akan mulai berbicara lantang.

Photo by Craig Adderley from Pexels

Foto: Pexels.com

Menaikkan intonasi, berteriak, dan bahkan menggunakan kata-kata yang pedas adalah salah satu cara menimbulkan situasi tertekan. Hal ini dilakukan untuk melihat kemampuan kandidat untuk dapat mengendalikan tekanan. Para ahli berpendapat bahwa cara yang paling tepat adalah menjawab pertanyaan dengan setenang mungkin yang kamu bisa.

4. Pewawancara akan membuat permintaan aneh seperti memintamu untuk melompati jendela.

Photo by Fernanda Latronico from Pexels

Foto: Pexels.com

Permintaan aneh lain yang mungkin akan kamu hadapi adalah melompati jendela. Dalam hal ini, Pewawancara ingin melihat pemikiranmu yang out of the box.

Gunakan cara ini untuk menghadapi situasi tersebut: Naik ke jendela lalu turun kembali ke ruangan interview. Tidak ada yang bilang kamu harus keluar dari jendela itu. Atau kamu dapat menanyakan kembali "Apa yang perusahaan ini untungkan jika saya melompat?"

5. Saat kamu mulai keluar jalur.

Photo by Christina Morillo from Pexels.com

Foto: Pexels.com

Trik lain mungkin akan dilakukan pewawancara ketika kamu sudah mulai keluar jalur adalah kamu mungkin mulai diabaikan oleh pewawancara. Mereka akan mulai melihat layar laptop, berbicara di telepon, dan meninggalkan ruangan di tengah wawancara.

Trik ini dapat memperlihatkan bagaimana kandidat harus mengambil fokus pewawancara kembali atau cara apa yang dapat dilakukan untuk memperbaiki situasi ini. Salah satu cara yang paling efektif adalah meminta pewawancara untuk menjadwalkan ulang wawancara kerja di lain hari. 

6. Kamu akan dikenalkan dengan seluruh tim.

Photo by fauxels from Pexels

Foto: Pexels.com

Bos mungkin akan memberikan kesempatan kandidat untuk bertemu dengan tim yang akan bekerja bersama nantinya. Hati-hati, ini bukan trik biasa, inilah cara pegawai lain memberikan pendapat mereka tentangmu. 

7. Bos akan menjatuhkan pulpen ke lantai.

Photo by picjumbo.com from Pexels

Foto: Pexels.com

Tes lain yang dapat membantu pewawancara untuk melihat responsivitas dan kerendahan hati adalah dengan menjatuhkan pulpen ke lantai dan melihat respon kandidat. Jika kamu dengan inisiatif mengambil pulpen itu, biasanya kamu akan diterima bekerja. Namun jika kandidat membiarkan pewawancara yang mengambil pulpen itu, lebih besar kemungkinan kamu ditolak.

Jadi, pernahkah kamu mengalami beberapa trik yang dilancarkan pewawancara ini? Jika kamu akan melakukan interview pekerjaan, semoga trik di atas dapat membantu ya!

Source

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Pilih Reaksi Kamu


Tags

wawancara kerja trik menghadapi wawancara HRD interview kerja
Loading...
Creator Banner

YUK GABUNG SEKARANG UNTUK DAPETIN
UANG TUNAI DARI HASIL KARYAMU!

Learn More Sign In
Tulis Komentar

RECOMMENDED VIDEO

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

ON FIRE

MORE
Back To Top