Brilio
×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Home >> Creator
Istimrora Raka

13 November 2019 12:10

Inilah 7 gua terpanjang di dunia, berani menjelajahinya?

Saking panjangnya sampai ada yang bisa menampung gedung pencakar langit..

Inilah 7 gua terpanjang di dunia, berani menjelajahinya?

0



Gua adalah sebuah lubang alami yang terbentuk di tanah di mana ukurannya besar dan juga dalam. Beberapa ilmuwan menjelaskan bahwa gua ini cukup besar sampai-sampai cahaya matahari dari luar pun tidak bisa masuk ke beberapa bagiannya.

Pada umumnya gua-gua di dunia ini memang berukuran besar dan dapat dijelajahi manusia. Namun di antara gua-gua tersebut ada yang berukuran raksasa dibanding yang lainnya. Bahkan ada yang sampai diperkirakan bisa menampung gedung pencakar langit di dalamnya.

Berikut ini merupakan 7 gua paling besar yang ada di dunia. Penasaran? Yuk simak terus artikel berikut ini. 

1. Han Son Doong, Vietnam.

Han Son Doong

Loading...

Dengan ukuran gua yang sangat besar cukup untuk menampung gedung pencakar langit 40 lantai. Gua Han Son Doong yang ditemukan di Vietnam akan memaksa pengunjung turun 260 kaki atau sekitar 80 meter hanya untuk memasuki batas guanya saja.

Han Son Doong ditemukan pada tahun 1991 oleh seorang pria bernama Ho Khanh yang tinggal di hutan terdekat. Ekspedisi pertama ke gua itu dipimpin oleh Asosiasi Riset Gua Inggris pada tahun 2009. Mereka menemukan bahwa Han Son Doong sudah berusia sekitar tiga juta tahun. Bagi yang ingin berkunjung, Oxalis Adventures adalah satu-satunya perusahaan yang menyediakan tur ke dalam gua ini.

2. Mammoth Cave, Kentucky, Amerika Serikat.

Mammoth Cave

Tidak diketahui seberapa jauh Gua Mammoth sebenarnya terbentang. Tetapi sampai saat ini telah dicatat bahwa sistem bawah tanah tersebut membentang setidaknya sampai sejauh 365 mil (588 km). Gua-gua baru di jaringan ini terus-menerus ditemukan, jadi tidak ada yang tahu seberapa luas sistem itu sebenarnya.

Manusia telah menjelajahi Gua Mammoth selama lebih dari 4.000 tahun dan hari ini gua itu masih menjadi daya tarik wisata utama di Kentucky. Gua yang sangat memukau ini menampung berbagai formasi stalaktit. Stalaktit ini tercipta melalui air yang bocor melalui langit-langit batu kapur gua selama ribuan tahun.

3. Sistema Dos Ojos, Meksiko.

Sistema Dos Ojos

Terletak di Tulum, Quintana Roo, Meksiko, Sistema Dos Ojos ditemukan pada tahun 1987 dan sejak itu sudah menarik minat para penjelajah. Terbentang lebih dari 200 mil (322 km), gua batu kapur ini terhubung ke gua bawah laut Sistema Sac Atun.

Menurut largest.org, Sistema Dos Ojos dianggap sebagai situs arkeologi utama. Para arkeolog telah menemukan informasi dalam sistem gua ini yang telah menyebabkan banyak penemuan tentang sejumlah budaya. Setelah saluran yang menghubungkan Sistema Dos Ojos dengan Sistema Sac Atun ditemukan, sistem gua ini dikenal sebagai gua bawah air terbesar yang ada.

4. Jewel Cave, South Dakota, Amerika Serikat.

Jewel Cave

Untuk gua yang memiliki kelebihan secara estetika, Gua Jewel di South Dakota tidak boleh dilewatkan. Terletak di Hutan Nasional Black Hills, gua ini menawarkan pemandangan indah di bawah tanah.

Nama Gua “Jewel” yang berarti permata ini berasal dari kristal berwarna-warni yang dapat ditemukan menghiasi sudut dalam gua. Ada sejumlah wisata yang dapat kamu lakukan untuk benar-benar menikmati gua ini dengan segala keindahannya.

5. Sistema Ox Bel Ha, Meksiko.

Sistema Ox Bel Ha

Sistema Ox Bel Ha di Mexico terletak dalam radius 30 mil (48 km) dari sistem gua terbesar di negara itu, Sistema Dos Ojos. Ditemukan pada tahun 1996 dan membentang sepanjang 167 mil (267 km), Ox Bel Ha diperkirakan mulai terbentuk sekitar 18.000 tahun yang lalu.

Nama Ox Bel Ha berasal dari bahasa Yucatec Maya dan diterjemahkan menjadi "Tiga Jalur Air" dalam bahasa Inggris. Sejak pembentukannya, Ox Bel Ha telah terjadi banjir karena paling penting di wilayah tersebut.

6. Optymistychna Cave, Ukraina.

Optymistychna Cave

Gua Optymistychna di Ukraina memanjang lebih dari 161 mil (259 km) dan dibagi menjadi 10 wilayah berbeda. Pembagian ini didasarkan pada berbagai struktur bagian dan varietas gipsum yang ditemukan di dalamnya.

Gua Otymistychna yang terletak di Korolivka, Ukraina, secara luas dikenal sebagai gua labirin karena fakta gua ini sangat rumit untuk dijelajahi. Tapi hal itu ternyata tidak menyurutkan keinginan para pengunjung untuk mendatangi gua ini. Kalau ke sini, para pengunjung harus bersiap untuk kotor karena banyaknya lumpur, terutama di kedalaman gua.

7. Shuanghedong Cave Network, China.

Shuanghedong Cave Network

Jaringan Gua Shuanghedong adalah gua terpanjang di Cina, terletak di Guizhou. Membentang lebih dari 150 mil (241 km), jaringan itu ditemukan pada tahun 1987.

Menurut largest.org, gua ini merupakan contoh yang baik dari ekosistem bawah tanah. Setidaknya ada tiga sungai di tingkat bawah gua, serta sejumlah air terjun. Di dalam badan-badan air ini ada makhluk hidup seperti ikan dan salamander. Sejak ditemukan pada akhir 1980-an, berbagai ekspedisi telah dilakukan dalam upaya untuk memetakan bagian-bagian dan menemukan rahasia dari gua ini.

Source

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Pilih Reaksi Kamu


Tags

gua goa besar dunia wisata
Loading...
Creator Banner

YUK GABUNG SEKARANG UNTUK DAPETIN
UANG TUNAI DARI HASIL KARYAMU!

Learn More Sign In
Tulis Komentar

RECOMMENDED VIDEO

Astro-Lo-Gue Ep. 7 - Patah Hati Zodiak Libra, Scorpio, Sagitarius, Capricorn, Aquarius & Pisces! Buat Sobat Brilio yang menunggu-nunggu, Astro-Lo-Gue balik lagi nih! Masih bareng Aby Respati yang bakalan ngelanjutin penjelasan mengenai hal-hal apa ...

ON FIRE

MORE
Back To Top