×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Home >> Creator
Crusita Maharani Samsudin

23 Februari 2021 09:55

Inilah 7 cara menikmati hidup dengan sederhana

Kamu wajib tahu, menikmati hidup bisa dilakukan dengan cara yang sederhana loh. .

Inilah 7 cara menikmati hidup dengan sederhana

0



Semakin dewasa, kamu akan memiliki banyak kesibukan. Namun, banyaknya rutinitas yang dijalani terkadang membuatmu merasa lebih mudah jenuh, bosan, dan menganggap hidup begitu-begitu saja. Kesibukan dan peran sebagai orang dewasa itulah yang membuat kita lupa bagaimana cara menikmati hidup.

Tidak perlu muluk-muluk, sebenarnya ada banyak cara menikmati hidup yang bisa dilakukan dengan sederhana. Berikut ini beberapa di antaranya. 

1. Bersyukur.

Mensyukuri segala hal yang kamu miliki di dalam kehidupan adalah syarat utama untuk membuat hati menjadi lebih tenang. Seperti bersyukur atas nikmat sehat yang diberikan oleh Allah SWT, bersyukur masih bisa bernafas dengan baik, bisa terbangun di pagi hari, bisa berjumpa dengan keluarga dan juga teman-teman. Oleh sebab itu, cobalah untuk memulai hari dengan mengingat hal-hal kecil yang patut kamu syukuri. Jadikan ini sebuah kebiasaan sehingga akan membentuk mental diri yang merasa beruntung di dalam kehidupan.

2. Berjalan kaki.

Loading...

Cobalah untuk menghabiskan waktu dengan berjalan kaki di pagi atau sore hari. Tidak harus jogging, melainkan bisa juga memarkir kendaraan lebih jauh lalu berjalan untuk sampai ke kantor atau kampus. Momen berjalan ini dapat membantu menghilangkan stres serta bisa memunculkan emosi positif.

Dengan berjalan kaki kamu akan memperhatikan lingkungan sekitar, dapat menghirup udara pagi yang segar, dan terkena sinar matahari pagi, atau dapat menikmati sejuknya udara di sore hari. Hal itu bisa membuat kamu lebih menikmati hidup.

3. Berkebun.

Ternyata berkebun memiliki manfaat untuk kesehatan mental. Dengan berkebun, kamu akan merasa telah membantu makhluk lain untuk bertumbuh. Seperti ketika menanam, menyirami bibit, dan melihatnya menjadi tanaman, akan muncul rasa percaya diri sekaligus bahagia.

Bahkan menurut penelitian Trusted Source pada 2007, Mycobacterium vaccae, yakni bakteri sehat yang hidup di pasir dapat membantu meningkatkan produksi serotonin pada otak yang dapat mengusir kecemasan sehingga seseorang bisa merasa lebih bahagia.

4. Hubungi orang terkasih.

Ketika merasa suntuk dan lelah dengan rutinitas yang kamu jalani, kamu bisa menyisihkan waktu untuk sekadar mengobrol dengan orang terkasih. Ajaklah orang tersebut untuk berbicara tentang hobi atau soal apa pun yang disukai. Tidak harus bertemu, bisa juga lewat telepon atau pesan teks. Kamu bisa menghubungi teman atau anggota keluarga.

Berbicara dengan orang terkasih, hanya 10 hingga 15 menit saja misalnya, sudah bisa membuat mood menjadi jauh lebih baik. Terlebih bisa membuat kamu lebih bersyukur dan menikmati kehidupan karena memiliki orang terkasih.

5. Membuat kue.

Tidak hanya kue yang sudah terbentuk yang menyenangkan saat dimakan, ternyata proses membuat kue juga dapat membuat seseorang bisa merasa lebih utuh atau mindfull. Terlebih ada studi yang menemukan bahwa baking dapat meredakan rasa cemas, depresi, stres, atau gejala gangguan kesehatan mental lainnya. Sehingga dengan membuat kue, kamu bisa merasa senang dan lebih menikmati hidup.

6. Membaca buku.

Membaca buku ternyata dapat mengalihkan perhatianmu dari kekhawatiran. Saat membaca, kamu akan tenggelam dalam lembaran buku yang juga bisa menjadi momen rehat sejenak dari segala rutinitas yang ada. Hal itu bisa menjadi cara sederhana untuk menikmati hidup.

Menurut survei tahun 2013 oleh Booktrust, badan amal Inggris yang mempromosikan membaca, telah ditemukan bahwa pembaca reguler cenderung memiliki kepuasan hidup yang lebih besar dan mereka memiliki tingkat kebahagiaan yang lebih tinggi. 

7. Menyendiri.

Bersosialisasi dengan banyak orang memang suatu hal yang bagus. Tetapi, ada kalanya kamu perlu waktu menyendiri untuk menikmati hidup. Dengan menyendiri, kamu akan memiliki rasa empati yang tinggi hingga akhirnya bisa mengenal lebih dalam tentang diri sendiri.

Source

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Pilih Reaksi Kamu


Tags

#cara #menikmatihidup #sederhana
Loading...
Creator Banner

Gak perlu khawatir, tulisan kamu bisa tetap
TERBACA DAN TRENDING di Brilio.net

Learn More Sign In
Tulis Komentar

RECOMMENDED VIDEO

Astro-Lo-Gue Ep. 7 - Patah Hati Zodiak Libra, Scorpio, Sagitarius, Capricorn, Aquarius & Pisces! Buat Sobat Brilio yang menunggu-nunggu, Astro-Lo-Gue balik lagi nih! Masih bareng Aby Respati yang bakalan ngelanjutin penjelasan mengenai hal-hal apa ...

ON FIRE

MORE
Back To Top