Brilio
×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Home >> Creator
Dadang Supena

15 November 2019 12:28

Inilah 5 fungsi ginjal di dalam tubuh manusia

Ginjal merupakan salah satu organ penting dalam tubuh. Organ ini memiliki berbagai macam fungsi untuk dilakukan..

Inilah 5 fungsi ginjal di dalam tubuh manusia

0



 

Ginjal merupakan organ tubuh yang letaknya berada di bawah tulang rusuk bagian belakang dan dekat dengan bagian tengah punggung pada kedua sisi tulang belakang. Ginjal merupakan salah satu organ inti yang menunjang kehidupan.

Pada dasarnya ginjal terdiri dari dua bagian, yakni bagian kiri dan kanan. Hal ini menunjukkan bahwa ginjal merupakan organ yang sepasang. Organ ini memiliki ukuran sekitar 10 sampai 12 cm atau sebesar kepalan tangan. Organ vital yang satu ini memiliki sekitar satu juta saringan darah yang sangat kecil (nefron). Ginjal merupakan organ yang memiliki berbagai macam fungsi bagi kesehatan tubuh. Berikut ini beberapa fungsi ginjal dalam tubuh manusia.

1. Menyaring dan membersihkan darah.

Salah satu fungsi ginjal adalah untuk menyaring dan membersihkan darah dari zat atau senyawa asing yang masuk ke dalam tubuh melalui makanan dan minuman yang dikonsumsi sehari-hari. Pasalnya, sebelum diedarkan ke seluruh tubuh darah melewati proses penyaringan yang dilakukan oleh ginjal, khususnya di bagian nefron. Zat-zat yang tersisa dari proses penyaringan tersebut akan dibuang bersamaan dengan urin.

Loading...

2. Mengatur sel darah merah.

Fungsi ginjal selanjutnya adalah untuk memproduksi hormon eritropoietin. Hormon ini berfungsi utnuk merangsang produksi sel darah merah lebih banyak yang nantinya digunakan untuk membawa oksigen. Jika jumlah sel darah merah dan oksigen sudah mencukupi atau sudah normal, maka ginjal akan menghentikan produksi hormon eritropoietin.

3. Membentuk urin.

Pada dasarnya ginjal merupakan organ yang erat kaitannya dengan pembentukan urin. Urin sendiri umumnya terdiri dari air, amonia, dan urea yang berisi zat atau senyawa buangan yang sudah tidak dibutuhkan lagi oleh tubuh. Maka dari itu, penting bagi kamu untuk menjaga kesehatan ginjal demi kelancaran sekresi cairan.

4. Menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh.

Air merupakan komponen yang penting di dalam tubuh. Namun, bukan berarti bahwa semakin banyak air yang terkandung di dalam tubuh maka semakin baik. Hal tersebut tentu saja salah karena jumlah air yang terlalu tinggi ternyata dapat memengaruhi konsentrasi darah. Maka dari itu ginjal berfungsi untuk membuang kelebihan air dan mengeluarkannya dalam bentuk urin. Proses ini disebut juga dengan osmoregulasi.

5. Mengatur tekanan darah dan kadar garam.

Fungsi ginjal lainnya adalah mengatur tekanan darah dan kadar garam dalam darah. Untuk menjalan fungsi ini, ginjal akan memproduksi enzim renin. Ketika menyaring darah, ginjal akan membutuhkan aliran dan tekanan darah yang stabil.

Source

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Pilih Reaksi Kamu


Tags

Fungsi ginjal fungsi ginjal normal fungsi ginjal kiri fungsi utama ginjal
Loading...
Creator Banner

YUK GABUNG SEKARANG UNTUK DAPETIN
UANG TUNAI DARI HASIL KARYAMU!

Learn More Sign In
Tulis Komentar

RECOMMENDED VIDEO

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

ON FIRE

MORE
Back To Top