Lidah buayamemiliki banyak manfaat, di antaranya dapat mengobati luka bakar dan mampu mengatasi masalah kulit yang terkena sengatan matahari.Kandungan dari getah dan gel lidah buaya yang tidak memiliki tulang tersebut mempunyai senyawa dan nutrisi yang sangat penting bagi tubuh. Komponen aktif yang terkandung dalam lidah buaya ini adalah Vitamin A, Vitamin C, Vitamin E, Vitamin B12, Asam Folat, Kalsium,Kolin, Tembaga, Kalium, Mangan, Magnesium, Nutrium, danSeng.

Banyak masyarakat yang menggunakan lidah buaya untuk menghadapi beberapa kondisi kesehatan, salah satunya untuk mengatasi gatal atau ruam pada mulut dan kulit.Berkumur dengan air yang mengandung lidah buaya selama 3 kali sehari dapat membantu mengurangi ruam dan rasa gatal pada mulut. Hal tersebut sama berlaku jika mengaplikasikan gel mengandung lidah buaya sebanyak dua kali sehari selama dua bulan pada kulit.

Namun perlu diwaspadai juga dalam efek samping mengonsumsi lidah buaya. Karena bisa saja gel lidah buaya membuat kulit menjadi terbakar walau lidah buaya tersebut sangat aman dipergunakan pada kulit. Tidak semua orang bisa mengonsumsi ini. Kamu perlu berhati-hati dalam memilih produk lidah buaya. Ada beberapa orang yang sebaiknya tidak mengonsumsi lidah buaya, di antaranya ibu hamil dan menyusui, anak di bawah 12 tahun, penderita wasir, menjelang operasi, dan memiliki masalah usus.

Selalu berhati-hati dalam menggunakan produk yang kamu pakai karena ada beberapa efek samping yang mungkin tidak diketahui. Hal tersebut perlu kamuketahui dan pastikan dengan cara berkonsultasi kepada dokter.