Brilio
×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Home >> Creator
Nadhine Syahzan

24 Januari 2020 14:39

Ini kompetensi yang sebenarnya harus dimiliki oleh seorang guru

Tidak semua orang bisa menjadi guru. Untuk menjadi guru yang baik ada beberapa kompetensi yang harus dimiliki..

Ini kompetensi yang sebenarnya harus dimiliki oleh seorang guru

0



Guru merupakan komponen yang sangat penting dalam proses belajar pada anak. Hal ini dikarenakan guru bertindak sebagai pentransfer ilmu pengetahuan ke murid. Namun, tidak sembarang orang bisa menjadi guru. Karena guru memiliki peran penting dalam proses belajar, maka ada beberapa persyaratan atau kriteria untuk menjadi guru yang baik. Selengkapnya simak di bawah ini yuk!

Ini kompetensi yang sebenarnya harus dimiliki oleh seorang guru

Di Indonesia sendiri, kompetensi guru masih relatif rendah. Hal ini dianggap menjadi salah satu permasalahan dalam dunia pendidikan di Indonesia. Hesti Sulastri, Konsultan Relawan Sekolah Literasi Indonesia (Kawan SLI) mengatakan bahwa pada tahun 2017 sebanyak 25 persen dari total 3,9 juta guru di Indonesia masih belum memenuhi syarat kualifikasi akademik dan 52 persen guru lainnya belum memiliki sertifikat profesi (Murdaningsih, 2019). Hal ini tentu saja menjadi persoalan yang besar, karena guru dalam fungsinya di dunia pendidikan perlu memenuhi beberapa kompetensi agar dapat menghasilkan kinerja yang diharapkan dan pada akhirnya bisa mensukseskan tujuan pendidikan (Hasan, 2017).

Menurut  UU  No.14  Tahun  2005, kompetensi adalah seperangkat pengetahuan, keterampilan, dan prilaku yang harus dimiliki dan dikuasai  oleh guru dalam melaksanakan tugas mengajarnya (Darmiatun & Nurhafizah, 2019). Terdapat enam aspek penting yang terkandung dalam kompetensi yaitu pengetahuan (knowledge), pemahaman (understanding), kemampuan (skill), nilai (value), sikap (attitude), dan minat (interest) (Gordon dalam Wulansari, 2019). 

Selain itu, terdapat dua hal yang wajib dimiliki oleh setiap guru untuk menunjang proses mengajarnya yaitu, expert  knowledge dan pedagogical content knowledge (Santrock, 2011). Expert knowledge adalah pemahaman guru mengenai hal-hal yang ingin mereka ajarkan ke muridnya. Misalnya pemahaman guru IPA mengenai materi pelajaran IPA itu sendiri. Expert knowledge ini tentu saja sangat penting dalam proses mengajar. Guru tidak mungkin dapat mengajar mengenai sesuatu yang tidak mereka ketahui, bukan?

Loading...

Meskipun demikian, permasalahan yang biasanya terjadi adalah walaupun guru memiliki pemahaman yang baik mengenai suatu materi, mereka tidak dapat menyampaikan atau men-deliver materinya dengan baik. Oleh karena itu, penting bagi setiap guru untuk memilki pedagogical content knowledge. Pedagogical content knowledge ini sendiri adalah bagaimana guru dapat mengajarkan suatu materi dengan baik kepada murid-muridnya (Santrock, 2011). Di sini, guru diharapkan memiliki kemampuan untuk menyampaikan materi pembelajaran dengan baik agar mudah dimengerti dengan baik pula oleh muridnya. Sesuai dengan apa yang telah dijelaskan pada bagian awal, dua hal di atas berhubungan erat dengan enam aspek kompetensi yang dikemukakan oleh Gordon. 

 

Ini kompetensi yang sebenarnya harus dimiliki oleh seorang guru

Jadi, dapat disimpulakan bahwa guru harus memiliki pemahaman yang baik mengenai expert knowledge dan pedagogical content knowledge dan mampu menerapkannya dalam proses mengajar. Guru yang memiliki expert dan pedagogical content knowledge ini disebut expert teacher. Guru yang baik harus dapat memahami materi sebelum diajarkan ke muridnya, selain itu mereka juga harus dapat melakukan penyampaian materinya dengan baik.

Penyampaian materi ini bisa dilakukan dengan sekreatif mungkin, misalnya melalui pembuatan mind map, poster, maupun melalui berbagai macam games. Tujuannya adalah agar murid tidak merasa bosan saat belajar dan proses pembelajaran juga tidak monoton.

Selain itu, guru juga harus dapat mengoptimalkan teknologi yang tersedia dengan baik dalam proses pembelajaran. Contohnya, guru dapat menyampaikan materi menggunakan powerpoint dan ditayangkan melalui proyektor. Slide powerpoint yang menarik misalnya berwarna-warni dan memuat berbagai gambar tentu saja akan membuat anak semangat dan lebih tertarik memperhatikan materi yang diajarkan.

Source

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Pilih Reaksi Kamu


Tags

guru expert teacher pedagogical content knowledge expert knowledge kompetensi guru
Loading...
Creator Banner

YUK GABUNG SEKARANG UNTUK DAPETIN
UANG TUNAI DARI HASIL KARYAMU!

Learn More Sign In
Tulis Komentar

RECOMMENDED VIDEO

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

ON FIRE

MORE
Back To Top