Brilio
×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Home >> Creator
dinas iriandana

25 Juni 2019 11:18

Ini keunikan CHEt(AR), buku pendamping pembelajaran karya mahasiswa UM

Chetar: Creative Herbarium Book Based on Augmented Reality. Buku pendamping pembelajaran ini memadukan Teknologi AR dan Herbarium..

Ini keunikan CHEt(AR), buku pendamping pembelajaran karya mahasiswa UM

0



Dunia pendidikan selalu membutuhkan inovasi pada setiap masanya. Untuk menjawab tantangan permasalahan tersebut, sekelompok mahasiswa yang berasal dari Universitas Negeri Malang (UM) menyiapkan karya terbaiknya berupa buku pendamping pembelajaran siswa SMP kelas VIII berbasis Augmented Reality dan hiasan herbarium di dalam buku tersebut.

Kelompok Pembuat Karya

Amalia Rahmadani, selaku ketua tim pembuatan karya ini menyampaikan bahwa karya yang dibuatnya ini baru pertama kali digunakan di Indonesia. Maka dari itu tidak sedikit siswa-siswa SMP yang menyukai konten buku ini karena dipadukan dengan teknologi terbaru pada gadget android milik siswa.

“Buku ini kami desain semenarik mungkin dan sesuai dengan kebutuhan siswa pada hari ini. Materi yang kami pilih juga sesuai dengan kurikulum yang digunakan siswa yakni membahas tentang Struktur dan Jaringan Tumbuhan untuk siswa SMP kelas VIII,” ungkap ketua tim CHEt(AR) tersebut.

Selain keunggulan-keunggulan produk yang telah diutarakan di atas, ternyata teknologi Augmented Reality di Indonesia ini baru digunakan pada buku cerita, novel, fiksi, dongeng, dan lain-lain. CHEt(AR) adalah produk pertama kali dalam konten buku pendamping pembelajaran siswa yang memanfaatkan teknologi Augmented Reality.

Loading...

“Berdasarkan wawancara dengan Halimah, salah satu siswi kelas VIII SMPN 2 Sumberasih Kabupaten Probolinggo, dia mengungkapkan bahwa pembelajarannya selama ini hanya menggunakan buku pelajaran yang konvensional, lebih banyak teks bacaannya jadi membosankan. Halimah juga menambahkan bahwa buku ini sangat menarik, harusnya kalau buku pembelajaran di sekolah seperti ini semua aku jadi semangat belajar karena ketika kamera handphone diarahkan ke buku jadi keluar gambar-gambarnya, kan seru.” Ungkap Amalia, Ketua tim CHEt(AR) usai berbincang-bincang dengan salah satu siswa di SMPN 2 Sumberasih.

Permasalahan-permasalahan seperti yang telah disebutkan di atas akhirnya menjadi peluang dan bisa dimanfaatkan oleh sekelompok mahasiswa dalam berwirausaha menciptakan karya berupa produk buku CHEt(AR) untuk siswa SMP Kelas VIII.

“Dalam menunjang keberhasilan pemasaran produk, kami melakukannya dengan 2 sistem penjualan, yakni sistem online dan offline. Untuk sistem online kami sudah menyiapkan website penjualannya dan bisa dikunjungi pada laman www.chetar.id, kemudian media sosial instagram @chetar__, twitter @chetar___, dan untuk penjualan offline kami melayani sistem Cash On Delivery sekitar Kota Malang.” Ungkap Safira selaku Marketing Manager CHEt(AR).

 

*Penulis: Dinas Iriandana

Source

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Pilih Reaksi Kamu


Tags

Chetar AR Book Education SMP
Loading...
Creator Banner

YUK GABUNG SEKARANG UNTUK DAPETIN
UANG TUNAI DARI HASIL KARYAMU!

Learn More Sign In
Tulis Komentar

RECOMMENDED VIDEO

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

ON FIRE

MORE
Back To Top