×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Home >> Creator
Vie Pay

24 Maret 2020 20:35

Ini kelebihan santan dan susu oat sebagai pemanis pada kopi

Santan dan susu oat dapat menggantikan gula atau susu sapi untuk menambah cita rasa manis pada kopi. .

Ini kelebihan santan dan susu oat sebagai pemanis pada kopi

0



Mengganti gula sebagai pemanis pada minuman sangat cocok dilakukan jika kamu sedang menjalankan diet saat ini. Sebab kopi dengan tambahan gula mengandung kalori yang cukup tinggi. Biasanya orang yang sedang menjalani diet hanya bisa mengonsumsi kopi jenis Americano, namun tidak semua orang suka kopi hitam dengan rasa yang pahit. Sedangkan penggemar kopi susu selalu ada, maka muncullah alternatif untuk menggantikan susu sapi sebagai tambahan pada kopi.

Dulu susu kedelai adalah alternatif yang paling sering digunakan selain susu almond. Ternyata belakangan ini muncul juga alternatif baru seperti susu oat dan santan sebagai campuran kopi. Tahukah kamu seberapa besarnya manfaat yang diberikan? Nah, mari kita simak artikel ini untuk mengenal lebih lanjut.

1. Santan.

Di Indonesia santan lebih dikenal dalam pembuatan makanan atau dalam minuman biasanya digunakan sebagai campuran dalam cendol. Ada juga kelapa yang dimasukkan ke dalam kopi, tapi dalam bentuk serutan daging kelapa dan bukan santan.

Tren menggunakan santan sebagai campuran susu berasal dari Vietnam dan Thailand. Di Vietnam, biasanya kopi yang diseduh menggunakan Vietnam drip yang dicampur dengan krim kental manis dan santan lalu diberi es batu.

Loading...

Santan bisa diolah dulu menjadi es batu, lalu siap dituang ke kopi kapan saja. Selain santan ada juga yang menambahkan serutan daging kelapa ke dalam kopi dingin. Tergantung kreativitas kedai penjualnya.

Tren ini dibawa oleh wisatawan yang pulang ke negaranya, seperti Korea Selatan dan diterima di sana. Kini di Jakarta pun sudah mulai muncul kopi yang menggunakan coconut milk atau santan sebagai pengganti susu sapi.

Santan memberikan rasa gurih serta menetralkan rasa asam dan pahit. Gurih dan rasanya santan akan terlalu dominan apabila kopi yang digunakan terlalu banyak atau kurang kuat. Jika ingin mencampurnya dengan kopi panas, santan pun harus dalam keadaan panas. Tambahkan gua aren untuk memberikan sedikit cita rasa manis daripada menggunakan krim kental manis.

2. Susu oat.

Susu oat adalah alternatif susu bebas kacang, terbuat dari oat yang disaring. Proses mengubah oat menjadi susu sebenarnya cukup sederhana. Ada yang menggunakan oat steel cut atau rolled oats.

Cukup rendam oat dalam air, campur sampai halus, saring sisanya, dan susu oat siap diminum. Hasilnya bisa disimpan di lemari es dan masih bagus untuk dikonsumsi hingga empat hari. Susu oat tidak mengandung nutrisi dan serat sebanyak oat utuh, tetapi susu oat mengandung serat larut dan beberapa vitamin seperti vitamin B12.

Biasanya susu oat dalam kemasan juga diperkaya dengan vitamin D dan kalsium yang berguna meningkatkan massa tulang. Jika ingin mengonsumsi susu oat disarankan memperhatikan kadar gulanya. Susu oat mengandung citarasa yang cenderung netral sehingga tidak menutupi rasa kopi. Akan tetapi jika terlalu pekat dan gurih, rasa kopi sedikit hilang akan cita rasanya. Sayangnya susu oat ini lebih mahal harganya ketimbang jenis susu lainnya.

Source

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Pilih Reaksi Kamu


Tags

susu alternatif oat santan minuman
Loading...
Creator Banner

YUK GABUNG SEKARANG UNTUK DAPETIN
UANG TUNAI DARI HASIL KARYAMU!

Learn More Sign In
Tulis Komentar

RECOMMENDED VIDEO

Astro-Lo-Gue Ep. 7 - Patah Hati Zodiak Libra, Scorpio, Sagitarius, Capricorn, Aquarius & Pisces! Buat Sobat Brilio yang menunggu-nunggu, Astro-Lo-Gue balik lagi nih! Masih bareng Aby Respati yang bakalan ngelanjutin penjelasan mengenai hal-hal apa ...

ON FIRE

MORE
Back To Top