×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Home >> Creator
Ridho Ananda

29 Januari 2019 15:29

Ini dia bentuk tembok laut anti badai bahkan tsunami

Salah satu tembok laut anti tsunami adalah flared/ curved seawall..

Ini dia bentuk tembok laut anti badai bahkan tsunami

0



Ombak tinggi yang dihasilkan oleh badai bahkan tsunami merupakan sesuatu momok bagi kehidupan manusia yang terkadang dapat menelan banyak korban jiwa. Seiring perkembangan teknologi, manusia terus berusaha untuk menemukan solusi dari terjangan ombak dahsyat yang dihasilkan oleh kedua fenomena alam tersebut, yaitu dengan tembok laut. 

Negara Jepang yang berpotensi terdampak tsunami telah terus mengembangkan tembok laut melengkung (flared/ curved sea wall) yang mampu menahan terjangan ombak dahsyat yang dihasilkan oleh badai bahkan tsunami, berikut ulasannya.

http://www.kobelco.co.jp/english/about_kobelco/csr/environment/2012/03.html

source: http://www.kobelco.co.jp/english/about_kobelco/csr/environment/2012/03.html

Seperti melansir dari www.kobelco.co.jp, ombak tinggi dapat ditahan bahkan dialihkan oleh tembok laut dengan permukaan yang melengkung buatan mereka yang terinspirasi dari pembuatan badan kapal yang mampu mencegah ombak untuk mengantam dinding kapal itu sendiri.

Loading...

http://www.kobelco.co.jp/english/about_kobelco/csr/environment/2012/03.html

source: http://www.kobelco.co.jp/english/about_kobelco/csr/environment/2012/03.html

Ombak tinggi yang datang menghantam tembok laut konvensional dengan permukaan datar akan terdorong secara vertikal sehingga ombak akan mampu melewati tembok dan air laut dan memasuki daerah pemukiman penduduk. Namun, akan berbeda apabila menggunakan tembok laut dengan permukaan yang melengkung karena ombak akan diarahkan kembali ke arah laut.

http://www.architectureweek.com/2011/0316/news_1-3.html

source: http://www.architectureweek.com/2011/0316/news_1-3.html

Mereka juga mengatakan bahwa tembok ini dapat melemahkan momentum ombak dahsyat yang dihasilkan oleh badai topan, bahkan tsunami. Untuk menambah tingkat efektivitas dari tembok laut ini, ketinggian tembok dapat dimaksimalkan untuk menahan gelombang tsunami yang dihasilkan oleh gempa berkekuatan dahsyat. Hal ini juga didukung oleh JBA trust dalam video di kanal Youtube mereka, berikut link videonya.

https://www.youtube.com/watch?v=3yNoy4H2Z-o

So, jangan takut lagi sama ombak tinggi selama tembok laut ini ada di sekitar kalian.

Source

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Pilih Reaksi Kamu


Tags

jepang tsunami gempa dan tsunami penemuan teknologi penelitian
Loading...
Creator Banner

Gak perlu khawatir, tulisan kamu bisa tetap
TERBACA DAN TRENDING di Brilio.net

Learn More Sign In
Tulis Komentar

RECOMMENDED VIDEO

Astro-Lo-Gue Ep. 7 - Patah Hati Zodiak Libra, Scorpio, Sagitarius, Capricorn, Aquarius & Pisces! Buat Sobat Brilio yang menunggu-nunggu, Astro-Lo-Gue balik lagi nih! Masih bareng Aby Respati yang bakalan ngelanjutin penjelasan mengenai hal-hal apa ...

ON FIRE

MORE
Back To Top