×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Home >> Creator
Fikri Alfathan

30 Maret 2021 09:36

Ini dia asteroid terbesar yang pernah mendekati Bumi

Asteroid adalah benda langit yang bisa kapan saja melewati atau bahkan menghantam Bumi, baik berukuran kecil maupun besar. .

Ini dia asteroid terbesar yang pernah mendekati Bumi

0



Asteroid (52768) 1998 OR2 bisa dibilang merupakan asteroid terbesar yang pernah melewati Bumi dan terekam oleh sejarah. Asteroid ini memiliki lebar 4 km dan melesat melewati Bumi dengan kecepatan 31,319 km/jam pada tahun 2020. Asteroid ini melewati Bumi dari jarak 6,3 juta kilometer dari Bumi yang berdasarkan standar astronomi merupakan jarak yang cukup dekat.

Asteroid ini sudah diketahui oleh para ilmuwan sejak Juli 1998. Bongkahan batu raksasa ini membawa bahaya yang sangat besar. Oleh sebab itu juga asteroid ini diberi nama karena ia sering melewati orbit Bumi dan cukup besar untuk menyebabkan kerusakan yang hebat jika jatuh ke Bumi. Jarak terdekat asteroid ini dengan Bumi akan terjadi pada 16 April 2079 mendatang saat bongkahan batu raksasa ini akan terbang pada jarak 1 juta mil dari Bumi. Walaupun terdengar jauh, jarak itu tetap dibilang dekat.

Ini dia asteroid terbesar yang pernah mendekati Bumi

Namun begitu ada banyak asteroid kecil yang telah melewati Bumi dengan jarak yang bahkan lebih dekat dari jarak Bumi ke Bulan. Pada 24 Juli 2019, sebuah asteroid sebesar ukuran satu lapangan sepak bola mendekati Bumi dengan jarak hanya sekitar 65,000 kilometer.

Seperti yang kita ketahui, asteroid atau komet memiliki peran besar dalam musnahnya dinosaurus pada zamannya. Kita tidak akan pernah tahu ketika salah satu dari batu angkasa ini akan datang, seperti Oumuamua contohnya.

Loading...

Ini dia asteroid terbesar yang pernah mendekati Bumi

Oumuamua sempat berkelana di tata surya kita. Ia berasal dari luar tata surya kita lalu setelah itu entah bagaimana batu ini melaju ketika mendekati Bumi. Dikatakan bahwa Oumuamua memiliki warna merah. Sampai sekarang para ilmuwan juga tidak tahu pasti apa Oumuamua ini dan masih bergantung dengan teori-teori serta hipotesis.

Source

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Pilih Reaksi Kamu


Tags

Asteroid Antariksa Astronomi Benda angkasa Luar angkasa
Loading...
Creator Banner

Gak perlu khawatir, tulisan kamu bisa tetap
TERBACA DAN TRENDING di Brilio.net

Learn More Sign In
Tulis Komentar

RECOMMENDED VIDEO

Astro-Lo-Gue Ep. 7 - Patah Hati Zodiak Libra, Scorpio, Sagitarius, Capricorn, Aquarius & Pisces! Buat Sobat Brilio yang menunggu-nunggu, Astro-Lo-Gue balik lagi nih! Masih bareng Aby Respati yang bakalan ngelanjutin penjelasan mengenai hal-hal apa ...

ON FIRE

MORE
Back To Top