Brilio
×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Home >> Creator
Roben Harianja

20 September 2019 14:46

Ini dia 6 fitur canggih dalam smartphone dengan Android 10

Android Q resmi dirilis oleh Google dengan nama Android 10 tanpa nama kudapan seperti versi-versi sebelumnya..

Ini dia 6 fitur canggih dalam smartphone dengan Android 10

0



Google baru saja merilis versi Android terbaru. Android Q dirilis dengan nama Android 10 tanpa nama makanan seperti pada Android versi yang sudah-sudah. Ada beragam peningkatan serta fitur terbaru yang diusung Android 10.

Pertanyaan tentang kapan Android 10 dirilis pun terjawab sudah sejak Google mengumumkannya pada 3 September 2019. Android 10 adalah versi rilis utama kesepuluh sekaligus urutan versi ke-17 dari OS Android sejak pertama kali Android diluncurkan. 

Menurut TeknoPlug, mulai Android Q penamaan Android tidak lagi menggunakan nama kudapan atau manisan seperti Oreo untuk Android 8.0 atau Android Pie untuk versi Android 9.0. Google menyatakan mulai Android Q namanya hanya kode versinya saja, yaitu Android Q atau Android 10 saja. Pemberian nama kode versi Android dengan nama kudapan menurut Google adalah tidak inklusif bagi pengguna internasional. Ini karena kudapan yang disebutkan untuk nama Android bukan makanan yang secara internasional dan terkesan sukar pengejaannya. Penyederhanaan penamaan Android dengan nama kode versinya saja bisa memberikan identitas nama jelas tentang versi Android itu sendiri sekaligus lebih intuitif bagi komunitas Android secara global.

Perbedaan lain yang terdapat dalam Android 10 adalah ikon atau logo di mana logo Android 10 hanya berupa setengah bagian kepala robot Android. Sebelum versi resmi Android 10 dirilis, tercatat ada 6 versi Android Beta dan telah diujicobakan pada sejumlah ponsel antara lain Google Pixel dan Pixel 2 XL.

Dari praktik Android 10 versi Beta diketahui bahwa Android 10 membawa fitur-fitur serta pengalaman-pengalaman baru bagi penggunanya. Apa saja sih fitur dan kelebihan Android 10?

Loading...

1. Fitur Dark Theme, mata lebih sejuk dan baterai lebih hemat.

Fitur Dark Theme sudah lama jadi pertanyaan sekaligus rekomendasi dari para pengguna Android sebelumnya. Ini karena Dark Theme diketahui lebih nyaman untuk mata dan hemat baterai. Pengaturan theme ini juga cukup mudah melalui Quick Setting. Selain itu fitur Dark Theme juga bisa secara otomatis saat mode hemat baterai dilakukan. Tapi jangan khawatir, kamu bisa kok menggunakan theme lain kalau sudah bosan dengan Dark Theme ini.

2. Navigasi terbaru dari sisi ke sisi.

Fitur lainnya di Android 10 adalah New Gesture Navigation. Dengan fitur yang satu ini tombol Back (Back Button) tidak akan ditemukan di ponsel Android 10 karena berganti dengan swipe. Gestur navigasi terbaru ini punya level sensitivitas yang lebih baik daripada tombol Back. Navigasi swipe ini punya empat pilihan yang punya fungsi masing-masing. Ini berbeda dengan ponsel Android Pie yang meskipun sudah memakai fitur swipe untuk navigasinya tapi masih terdapat tombol back di bagian bawah.

3. Bisa balas pesan otomatis pada perpesanan dengan Smart Reply.

Hadirnya fitur Smart Replay di Android 10 bakalan membuat penggunanya dapat membalas pesan secara otomatis. Mulai dari SMS, FB Massanger atau WhatsApp. Fitur ini menggunakan mesin pembelajaran yang akan memberikan sugesti terhadap pesan dengan dengan emoji. Terdapat 65 emoji baru untuk perpesanan di Android 10.

4. Pengaturan notifikasi agar lebih fokus.

Sering kali pengguna gadget merasa terganggu dengan munculnya notifikasi dari sejumlah aplikasi. Hadirnya Focus Mode di Android 10 akan membuat pengguna tetap fokus saat berinteraksi di salah satu aplikasi, dengan Digital Wellbeing yang lebih disempurnakan dari versi sebelumnya memudahkan pengguna memilih mana aplikasi penting yang bisa memunculkan notifikasi.

5. Privacy & security lebih komplit.

Sering merasa terganggu dan tidak nyaman bila Facebook-an di smartphone lalu muncul notifikasi yang minta berbagi lokasi, atau meminta rahasia-rahasia pribadi berupa foto, video, daftar kontak, hingga nomor rekening? Jangan khawatir, hadirnya fitur Security dan new Privacy di Android 10 akan membuat semua aktivitas harus melalui izin pengguna. Canggihnya lagi, fitur terbaru Privacy dan Security ini bisa kamu update lho.

6. Gaming dan vlogging bakalan lebih cepat di Android Q dengan 5G.

Konektivitas Android 10 ini kabarnya memang sengaja didesain agar bisa didukung teknologi 5G. Dengan konektivitas ini bakalan membuat pengguna lebih cepat untuk berinteraksi dan bermain game, hingga menggunggah video langsung ke sosial media. Uniknya lagi pengguna ponsel lain melakukan scan QR code agar bisa terkoneksi dengan internet di HP kamu. Keren, kan.

Tidak pelak lagi dengan kehadiran Android 10 akan memberikan kesempatan besar bagi para developer aplikasi maupun produsen gadget. Khususnya untuk ponsel, kompetisi akan mencapai level tertinggi mengingat sejumlah produsen sudah ngebet banget menanamkan Android 10 sebagai sistem operasinya. Apa saja sih smartphone yang sudah dan bakalan menggunakan Android 10 dalam waktu dekat ini? Coba cek, siapa tahu HP favoritmu berikut ini, seperti Google Pixel XL, Google Pixel 2, Google Pixel 2 XL, Google Pixel 3, Google Pixel 3 XL, Google Pixel 3a, Google Pixel 3a XL, Xiaomi Mi 9, Xiaomi Mi Mix 3 5G, Redmi Note 5 Pro, Redmi Note 6 Pro, Redmi Note 7 Pro, Note 7, Redmi 7, Redmi Y 3, Vivo X27, Vivo Nex S, Vivo Nex A, Asus Zenfone 5Z, LG G8 Android 10, Sony Xperia XZ3, Nokia 8.1, Oppo Reno, Realme 3 Pro, Essential Phone, Techno Spark 3 Pro, dan OnePlus 6T.

Itu dia smartphone keren dengan OS Android 10 yang bakal mewarnai dunia ponsel dalam waktu dekat ini. Karena menggunakan Android 10 yang masih sangat baru, harga HP Android 10 akan dijual di angkat yang masih cukup tinggi. Kamu mesti ngumpulin duit dulu supaya bisa beli salah satu merek HP Android favoritmu.

Source

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Pilih Reaksi Kamu


Tags

android update android smatphone android aplikasi android android 10
Loading...
Creator Banner

YUK GABUNG SEKARANG UNTUK DAPETIN
UANG TUNAI DARI HASIL KARYAMU!

Learn More Sign In
Tulis Komentar

RECOMMENDED VIDEO

Astro-Lo-Gue Ep. 7 - Patah Hati Zodiak Libra, Scorpio, Sagitarius, Capricorn, Aquarius & Pisces! Buat Sobat Brilio yang menunggu-nunggu, Astro-Lo-Gue balik lagi nih! Masih bareng Aby Respati yang bakalan ngelanjutin penjelasan mengenai hal-hal apa ...

ON FIRE

MORE
Back To Top