×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Home >> Creator
Shafira Qonita Khairina

24 Maret 2020 13:15

Ini alasan mengapa kamu selalu teringat masa lalu

Bisa jadi ini alasan kamu sulit move on..

Ini alasan mengapa kamu selalu teringat masa lalu

0



Apakah kamu pernah ketika berada di suatu tempat, entah melihat benda, mendengar lagu, mencium wangi parfum tertentu atau hal sedemikian rupa lainnya yang membuatmu berpikir dan mencoba menelusuri seluruh ingatan akan sesuatu yang berkaitan dengan hal tersebut?

“Wangi parfumnya familiar banget”

“Tempat ini ngingetin sama kejadian waktu itu”

“Boneka ini hadiah saat aku ulang tahun”

Tak menutup kemungkinan juga kamu akan ingat hal detailnya seperti saat itu memakai baju warna apa, duduk di mana, meja nomor berapa, menu pesanannya apa, bahkan lagu yang diputar pada saat itupun bisa teringat secara cepat. Apabila ini terjadi, artinya kamu sedang me-recall memory, tuh.

Loading...

Ini alasan mengapa kamu selalu teringat masa lalu

Recall.

Recall merupakan proses untuk mengambil atau memanggil kembali informasi yang telah tersimpan dalam long-term memory (LTM) atau ingatan jangka panjang untuk digunakan beberapa waktu kemudian (Nuzula, 2018). Kenapa ya proses recall memory ini bisa terjadi?

Recall bisa terjadi karena adanya pemicu / stimulus / clue yang mengakibatkan muculnya ingatan masa lalu. Kamu sendiri yang membuat suatu benda menjadi clue untuk mengingat suatu momen atau kejadian. Setiap hari kamu menerima berbagai macam input yang diproses oleh otak, tentunya kamu bisa menentukan nih input apa yang akan kamu masukkan ke dalam laci ingatan janga panjang. Input yang masuk dalam laci LTM ini biasanya momen yang berkesan.

Long-term memory (LTM).

Long-term memory merupakan mekanisme ingatan yang mampu menyimpan informasi dalam kurun waktu beberapa tahun sampai dekade. Terdapat dua tipe LTM, explicit dan implicit. Personal experience atau momen spesial merupakan bagian dari LTM explicit bagian episodic (Goldstein, 2011).

Ini alasan mengapa kamu selalu teringat masa lalu

Ingat ya, proses recall hanya akan terjadi apabila ada pemicunya. Alasan kamu masih suka teringat masa lalu mungkin masih adanya barang di sekitarmu membuat kamu jadi teringat akan hal tersebut. Kalau kamu pernah disarankan atau ingin membuang pemberian dari seseorang yang kamu sayang, itu merupakan salah satu cara yang tepat untuk memutus stimulus agar kamu nggak keinget lagi sama si dia.

Source

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Pilih Reaksi Kamu


Tags

memory recall memory long-term memory moveon
Loading...
Creator Banner

YUK GABUNG SEKARANG UNTUK DAPETIN
UANG TUNAI DARI HASIL KARYAMU!

Learn More Sign In
Tulis Komentar

RECOMMENDED VIDEO

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

ON FIRE

MORE
Back To Top