×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Home >> Creator
Dadang Supena

09 Juli 2019 17:51

Ini 6 penyebab rambut beruban di usia muda

JIka tak ingin terkena uban di usia muda maka sebaiknya hindari merokok dan stres sebab kedua kebiasan ini dapat memicu uban di usia muda..

Ini 6 penyebab rambut beruban di usia muda

0



Apa yang terjadi jika kamu meendapati ada uban muncul, padahal kamu masih muda? Pastinya malu, sebab kamu bisa dibilang sudah tua atau bisa menjadi bahan candaan oleh teman-temanmu.

Ini 6 penyebab rambut beruban di usia muda

Sumber : https://rheumapas.com

Ya itu memang benar, munculnya uban adalah suatu proses alami yang umumnya dialami oleh orang yang umurnya sudah tua. Tapi tidak menutup kemungkinan, uban pun dapat muncul ketika umur masih muda. Berikut beberapa penyebab munculnya uban.

1. Kelenjar tiroid.

Loading...

Adanya kelainan pada kelenjar tiroid juga bisa berpengaruh pada kesehatan rambut. Produksi kelenjar tiroid harus selalu stabil, tidak boleh kurang ataupun lebih. Jika ada kelainan maka efeknya bisa memengaruhi produksi melamin pada rambut, seperti memicu ramut beruban di usia muda.

2. Penyakit autoimun.

Penyakit ini juga bisa menyebabkan uban muncul di usia muda. Pada penderita auto imun akan memiliki sistem imun di mana sistem imun tersebut akan menyerang sel-sel tubuh yang normal seperti sel rambut sehingga menyebabkan rambut kehilangan pigmen hitamnya.

3. Kekurangan vitamin B12 dan asam folat.

Kekurangan vitamin B12 dapat mengganggu proses pembentukan sel darah merah yang bertugas membawa oksigen ke organ tubuh, termasuk juga rambut. Sehingga akan melemahkan rambut dan menurunkan produksi melamin yang merupakan pigmen hitam pada rambut. Sedangkan jika rambut kekurangan asam folat, ini akan membuat pertumbuhan rambut terhambat, serta uban juga lebih mudah muncul.

4. Merokok.

Merokok dalam jangka panjang daoat membuat pembuluh darah menyempit. Selain memengaruhi aliran darah pada jantung dan paru-paru, juga berpengaruh pada aliran darah di folikel rambut sehingga menyebabkan rambut rontok dan memicu uban.

5. Stres.

Mungkin kamu pernah mendengar kata orang tua, “jangan suka stres, nanti bisa keluar uban / nanti cepet tua”. Itu mungkin benar, menurut sebuah penelitian stres dapat memicu munculnya uban di usia muda.

6. Faktor genetik.

Ini merupakan faktor turunan, mungkin dari orang tua, kakek, atau buyut kamu memiliki riwayat yang sama. Dan ini sudah bawaan dari lahir, untuk mengetahuinya, ya kamu cari tahu sendiri informasinya di keluarga kamu.

Untuk penyebab lainnya, bisa disebabkan akibat perawatan rambut yang salah. Seperti, terlalu sering menggunakan hair dryer, catok rambut, dan jarang keramas (rambut kotor).

Lalu bagaimana cara mencegah atau mengatasi rambut beruban di usia muda? Setelah mengetahui beberapa penyebab di atas, sangat gampang sekali bagi kalian untuk mencegah munculnya uban di usia muda.

1. Jika itu akibat faktor genetik.

Ini sangat susah untuk mencegahnya, paling kamu melakukan perawatan untuk mengembalikan pigmen yang hilang, atau bisa gunakan cat untuk menutupi uban tersebut.

2. Hindari rokok dan stres.

3. Perbanyak asupan vitamin B12 dan asam folat.

Kamu dapat mengonsumsi ikan salmon, tuna, kerang, telur, ayam, sayuran, kacang-kacangan, dan buah-buahan. Intinya kamu konsumsi saja makanan yang tinggi kandungan vitamin B12 dan asam folat.

4. Akibat penyakit.

Jika kamu mengetahui uban muncul akibat penyakit seperti auto imun dan kelenjar tiroid, ya kamu harus segera mengobati penyakit tersebut. Diperlukan penanganan medis untuk mengetahui nya lebih pasti. Secara garis besar, untuk mencegah kedua penyakit ini kamu hanya perlu menjalani pola hidup sehat, mulai dari olahraga dan mengonsumsi makanan yang sehat.

Demikian pembahasan tentang penyebab rambut beruban di usia muda dan pencegahannya. Semoga artikel ini bermanfaat bagi pembaca.

Source

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Pilih Reaksi Kamu


Tags

uban penyebab uban di usia muda rambut tanda uban faktor genetik
Loading...
Creator Banner

YUK GABUNG SEKARANG UNTUK DAPETIN
UANG TUNAI DARI HASIL KARYAMU!

Learn More Sign In
Tulis Komentar

RECOMMENDED VIDEO

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

ON FIRE

MORE
Back To Top