Brilio
×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Home >> Creator
Jinita May

24 Juni 2019 15:19

Ini 5 langkah tepat mempersiapkan diri hadapi sidang skripsi

Siapkan dirimu dengan baik sebelum menghadapi sidang skripsi..

Ini 5 langkah tepat mempersiapkan diri hadapi sidang skripsi

0



Tidak bisa dipungkiri lagi bahwa kelulusan adalah masa yang paling ditunggu oleh mahasiswa. Namun sebelum berjumpa dengan hari kelulusan, mahasiswa harus melewati satu tantangan terakhir, yakni sidang skripsi. Bukan hal mudah untuk dapat melalui sidang skripsi. Oleh karena itu perlu beberapa hal yang harus dipersiapkan. Penasaran? Yuk cek!

Ini 5 langkah tepat mempersiapkan diri hadapi sidang skripsi

1. Sisakan 1-2 jam sehari untuk membaca ulang skripsimu.

Eits, jangan pernah malas untuk membaca skripsimu. Namun, membacanya jangan pakai sistem kebut semalam juga, ya. Karena dosen penguji akan menguji seberapa paham kamu tentang skripsimu. Dengan membaca ulang skripsimu, hal ini akan membantu kamu untuk memahami dan mendalami isi dari skripsimu. Membaca berulang kali juga akan membantu kamu untuk berpikiran kritis mengenai pertanyaan yang kemungkinan akan muncul.

2. Luangkan waktu untuk latihan presentasi minimal 3-4 kali.

Loading...

Jika kamu pikir presentasi di depan dosen penguji itu adalah hal mudah, kamu salah besar. Meskipun dalam keseharian kamu adalah orang yang jago banget ngomong, kamu pasti akan gugup saat memasuki ruang sidang. Tidak jarang rasa gugup itu akan membuat kamu tiba-tiba diam seribu bahasa dan lupa semua materinya.

Oleh karena itu, jangan sekali-kali meremehkan latihan karena itu berguna banget. Mulailah berlatih presentasi beberapa hari sebelum sidang. Jangan lupa untuk merekam video kamu saat latihan dan lihat apakah ada yang kurang dari caramu presentasi.

3. Catat pertanyaan yang kemungkinan muncul.

Dengan membaca ulang skripsi dan latihan presentasi, kamu akan menemukan hal-hal yang kemungkinan menjadi bahan pertanyaan bagi dosen pembimbing. Maka dari itu catatlah pertanyaan-pertanyaan tersebut dan carilah jawaban yang tepat untuk menjawab pertanyaan tersebut apabila benar-benar muncul saat sidang nanti.

4. Istirahat yang cukup.

Begadang untuk belajar sebelum sidang bukanlah hal yang tepat untuk dilakukan. Karena saat sidang kamu harus dalam kondisi yang fresh dan prima. Maka dari itu, tidurlah yang cukup dan jagalah kesehatan agar kamu tetap sehat saat sidang nanti.

5. Mintalah doa kedua orang tua.

Sebelum berangkat untuk sidang skripsi, jangan lupa mintalah doa restu kepada orang tuamu. Mintalah doa agar sidang skripsimu lancar dan sukses. Karena doa orang tua mampu mempermudah segalanya.

Semoga sukses!

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Pilih Reaksi Kamu


Tags

#mahasiswa #mahasiswi #skripsi #sidangskripsi #tugasakhir
Loading...
Creator Banner

YUK GABUNG SEKARANG UNTUK DAPETIN
UANG TUNAI DARI HASIL KARYAMU!

Learn More Sign In
Tulis Komentar

RECOMMENDED VIDEO

Astro-Lo-Gue Ep. 7 - Patah Hati Zodiak Libra, Scorpio, Sagitarius, Capricorn, Aquarius & Pisces! Buat Sobat Brilio yang menunggu-nunggu, Astro-Lo-Gue balik lagi nih! Masih bareng Aby Respati yang bakalan ngelanjutin penjelasan mengenai hal-hal apa ...

ON FIRE

MORE
Back To Top