Indonesia terpilih sebagai tuan rumah penyelenggara Asian Games 2018. Ini kali keduanya Indonesia terpilih sebagai tuan rumah. Tahun 1962 untuk pertama kalinya Asian Games berlangsung di Jakarta. Di tahun 2018 nanti pertandingan Asian Games akan berlangsung di Jakarta dan Palembang, namun dibantu oleh beberapa kota pendukung lainnya seperti Lampung, Banten dan Jawa Barat.

Mengapa Indonesia terpilih sebagai tuan rumah Asian Games 2018? Dikutip dari berbagai sumber, ternyata 5 faktor ini yang bikin Indonesia layak jadi penyelenggara Asian Games 2018.

1. Mundurnya Vietnam sebagai tuan rumah Asian Games

5 Faktor Indonesia terpilih jadi tuan rumah Asian Games 2018

Pada Maret 2014, kekhawatiran atas kesiapanVietnammulai muncul. Penolakan masyarakat Vietnam untuk menyelenggarakan Asian Games berangkat dari kondisi ekonomi yang buruk dan kurangnya fasilitas olahraga yang memadai. Bagaimana tidak,Estimasi biaya juga membengkak, dari awalnya sekitar 150 jutaDollar Amerikamenjadi 5,47 triliunDong Vietnam(240 juta Dollar Amerika).

Alhasil sebagai Runner-Up favorit, Indonesia terpilih sebagai tuan rumah Asian Games, seharusnya Asian Games berlangsung tahun 2019. Namun,kemudian dimajukan menjadi tahun 2018 untuk menghindaripemilihan legislatifdanpemilihan presidenIndonesia yang juga akan diselenggarakan pada tahun tersebut.

2. Negara Benua Asia yang paling aman

5 Faktor Indonesia terpilih jadi tuan rumah Asian Games 2018

Indonesia merupakan negara yang paling aman diantara negara Asia lainnya, tindak kejahatan terorisme pun terbilang kecil bahkan tidak ada. Tidak seperti negara Asia lainnya yang terbilang rawan dan terjadi konflik.

Untuk mengamankan jalannya kompetisi olahraga se-asia ini, Indonesia akan menurunkan personel gabungan dari TNI, Polri hingga Dishub. Yang notabenenya akan memberikan kelancaran dan keamanan bagi para atlet dan penonton.

3. Antusias penonton yang sangat tinggi

5 Faktor Indonesia terpilih jadi tuan rumah Asian Games 2018

Para penonton olahraga di Indonesia terbilang sangat antusias, dari data yang diambil Olimpic Council Asia atau OCA, jumlah penonton Indonesia sangat luar biasa.

Data ini diambil ketika ada pertandingan seperti sepakbola, badaminton, volly hingga yang lainnya. Menurut eksekutif OCA, Indonesia sangat layak menjadi tuan rumah dibandingkan kota Dubai UEA.

4. Memiliki ekonomi stabil

5 Faktor Indonesia terpilih jadi tuan rumah Asian Games 2018

Banyak negara di Asia Tenggara yang ekonominya saat ini melemah, seperti Vietnam, Myanmar dan Thailand. Indonesia memiliki ekonomi yang sangat stabil, bahkan keuntungan yang didapat menjadi tuan rumah Asian Games ini diperkirakan akan besar devisanya.

Besarnya anggaran yang dikeluarkan Indonesia ini sebesar Rp 30 Triliun menurut data dari INASGOC, ini mencakup perbaikan insfratuktur dari arena pertandingan hingga transportasi untuk kedua kota yaitu Jakarta dan Palembang. Ada yang lain pun seperti kota Bogor sedang dalam perbaikan stadion Pakansari untuk menyambut Asian Games.

5. Memiliki arena olahraga standar Internasional

5 Faktor Indonesia terpilih jadi tuan rumah Asian Games 2018

Alasan inilah yang paling kuat Indonesia terpilih sebagai tuan rumah Asian Games, banyak arena olahraga di Indonesia bertaraf internasional seperti stadion Gelora Bung Karno, Jakabaring, hingga Pakansari. Untuk olahraga penyumbang emas terbanyak yaitu bulutangkis, lapangannya sangat standar Internasional.