Brilio
×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Home >> Creator
Yeni Endah

10 Januari 2019 11:15

Ini 5 alternatif pemanis sehat sebagai pengganti gula

Ganti gula pasir dengan yang lebih sehat..

Ini 5 alternatif pemanis sehat sebagai pengganti gula

0



Kamu pernah merasa berat dan mengantuk setelah makan atau minum manis? Hal itu terjadi karena gula darah dalam tubuhmu meningkat. Konsumsi gula yang tinggi bisa memicu berbagai masalah, terutama diabetes dan obesitas. Lalu bagaimana jika membutuhkan pemanis dalam makanan atau minumanmu? Tak perlu khawatir, ganti saja dengan 5 alternatif pemanis sehat yang dapat kamu pilih sebagai pengganti gula. Bukan cuma untuk penderita diabetes dan yang sedang diet saja, semua orang juga bisa mulai mengganti gula pasir dengan yang lebih sehat.

1. Stevia.

Ini 5 alternatif pemanis sehat sebagai pengganti gula

Foto: Walmart

Pemanis terbaik untuk pengganti gula adalah stevia. Penggunaan gula stevia sebagai pemanis banyak ditemukan di Jepang. Keunggulan gula stevia adalah tidak mengandung kalori dan bersifat 200 kali lebih manis daripada gula dalam takaran yang sama. Karena 0% kalori, stevia baik untuk diet dan tidak menyebabkan kenaikan gula darah.

Loading...

Stevia baik untuk penderita diabetes, obesitas, dan untuk orang yang sedang membatasi kalori atau diet. Meski begitu, gula stevia juga sangat baik untuk dikonsumsi oleh semua orang sebagai pengganti gula tebu.

 

2. Madu.

Ini 5 alternatif pemanis sehat sebagai pengganti gula

Foto: Hello sehat

Madu memiliki sekitar 40% fruktosa dan 30% glukosa. Sedangkan gula mengandung 50% fruktosa dan 50% glukosa. Hal ini menandakan jika keduanya sama-sama dapat meningkatkan kadar gula darah.

Namun bedanya, madu tak meningkatkan gula darah dalam waktu cepat. Madu juga mengandung magnesium, kalium, antioksidan, dan beberapa jenis vitamin. Telitilah saat memilih madu. Pastikan kamu memilih madu murni.

 

3. Gula Kelapa.

Ini 5 alternatif pemanis sehat sebagai pengganti gula

Gula kelapa terbuat dari getah pohon kelapa, karena asal usulnya itu seringkali disebut gula aren. Gula kelapa mengandung nutrisi penting seperti zinc, zat besi, kalsium, dan potasium.

Fruktosa gula kelapa juga jauh lebih sedikit dari gula pasir putih. Fruktosa yang rendah akan meminimalisir timbunan lemak dalam tubuh.

 

4. Sirup Maple.

Ini 5 alternatif pemanis sehat sebagai pengganti gula

Foto: Satumedia.com

Sirup Maple merupakan ekstrak getah pohon maple. Jumlah sukrosa sirup maple bahkan lebih sedikit dibanding madu. Selain itu, sirup maple juga mengandung zinc, magnesium, dan zat besi yang baik untuk ketahanan tubuh.

Sirup maple cocok digunakan sebagai pengganti gula pada kopi, topping untuk pancake, waffle, roti bakar, pastry, dan bubur oat.

 

5. Sirup Agave.

Ini 5 alternatif pemanis sehat sebagai pengganti gula

Foto: Fodia.com

Sirup Agave dihasilkan dari tanaman yang sama dengan tequila, dan melalui serangkaian proses supaya karbohidrat bisa dipecah menjadi gula. Sirup agave memiliki banyak kelebihan dibanding gula, seperti indeks glikemik dan tidak meningkatkan gula darah secara cepat. Jumlah kalorinya hampir sama dengan madu, bedanya sirup agave tidak mengandung antioksidan.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Pilih Reaksi Kamu


Tags

#alternatifpemanissehat #alternatifpenggantigula #pemanissehat
Loading...
Creator Banner

YUK GABUNG SEKARANG UNTUK DAPETIN
UANG TUNAI DARI HASIL KARYAMU!

Learn More Sign In
Tulis Komentar

RECOMMENDED VIDEO

Astro-Lo-Gue Ep. 7 - Patah Hati Zodiak Libra, Scorpio, Sagitarius, Capricorn, Aquarius & Pisces! Buat Sobat Brilio yang menunggu-nunggu, Astro-Lo-Gue balik lagi nih! Masih bareng Aby Respati yang bakalan ngelanjutin penjelasan mengenai hal-hal apa ...

ON FIRE

MORE
Back To Top