Brilio
×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Home >> Creator
Denny Suryadharma

20 September 2019 10:21

Ini 4 tips dasar agar usaha rintisanmu berumur panjang

Selama ada niat kuat, modal buat usaha akan datang dengan sendirinya..

Ini 4 tips dasar agar usaha rintisanmu berumur panjang

0



Kamu sepakat dong, buat memulai suatu usaha bisnis itu harus dilandasi niat yang kuat dan bukan hanya sekadar ikut-ikutan tren saja. Kalau memang sudah siap buat jadi pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM), kamu harus mulai keluar dari zona nyaman.

Nah, menurut Direktur Inkubator Bisnis Thegreaterhub, SBM ITB, Dr. Dina Dellyana mengatakan, masalah klasik buat memulai usaha itu biasanya permodalan. "Tapi kalau kita emang udah niat, modal itu bisa datang dengan sendirinya. Saat mulai usaha mikro, hasil yang didapat bisa diputar lagi jadi modal", ungkap Dina saat ditemui di Kampus SBM ITB Bandung.

Lalu apa sih tipsnya, buat yang lagi merintis dan mengembangkan usahanya biar bisa terus tumbuh? Penasaran, yuk kita simak ulasannya di bawah ini.

1. Yakinkan diri.

Ini 4 tips dasar agar usaha rintisanmu berumur panjang

Loading...

Langkah pertama nih, kamu harus lebih memantapkan hati, visi, dan misi dari usaha kamu. Soalnya kalau masih setengah hati saat mulai membangun suatu usaha, kamu bakal mudah dijatuhin sama keadaan. Karena masalah itu bakal timbul saat kamu mulai membangun usaha. Kalau kamu setengah hati, bukannya jadi sukses usahanya malah berhenti di tengah jalan. Kan sayang yah.

2. Lihat peluang pasar.

Ini 4 tips dasar agar usaha rintisanmu berumur panjang

Nah, setelah niat kamu sudah teguh sekukuh baja, mulai nih masuk langkah selanjutnya yakni mulai melihat ada masalah apa di masyarakat di mana produk yang kamu buat itu bisa menjawab permasalahan tersebut. "Saat ada pasar yang ga diisi sama ukm atau pengusaga lain, maka di situ ada peluang untuk masuk dan mengisi kekosongan", terang Dina yang juga sebagai dosen di SBM ITB.

Nah, kata Dina, kalau berangkat dari peluang ini, kamu bisa lebih fokus sama produk yang mau ditawarkan. Jadi yuk buka mata dan buka telinga ada peluang bisnis apa nih yang ada di sekeliling kamu yang bisa kamu isi.

3. Buka jaringan.

Ini 4 tips dasar agar usaha rintisanmu berumur panjang

Nah, biar wawasan kamu makin luas nih, menurut Dina kamu harus bergaul sama para entrepreneur lainnya. Istilahnya buka jaringan dan bina network dengan sesama pengusaha lainnya. Karena hal ini bakalan jadi sumber ilmu yang paling tepat. Dan satu lagi nih jangan pernah cepat berpuas diri sama hasil yang sudah dicapai, serta teruslah belajar.

4. Berpikir out of the box.

Liputan 6.com

Nah, langkah yang terakhir nih adalah selalu berpikir kreatif buat memenangkan pasar. Jangan jadi pengekor melulu. Biasakan diri kamu untuk mengasah kemampuan berpikir kreatif ini. Caranya bisa dengan membaca buku, membuka jaringan, atau ikut kegiatan yang berhubungan sama usaha kamu. Sekarang banyak peluang pelatihan atau mentoring usaha baik yang diadakan oleh pemerintah, perbankan, BUMN, sampai dunia kampus. Tinggal di diri kita saja, mau gak untuk berubah.

Nah, itu tadi tips buat kamu yang lagi pengen merintis buat ngembangin usaha. Intinya sih jangan patah semangat dan terus mencoba. Karena di mana ada kemauan di situ pasti ada jalan. Semangat yah.

Source

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Pilih Reaksi Kamu


Tags

Loading...
Creator Banner

YUK GABUNG SEKARANG UNTUK DAPETIN
UANG TUNAI DARI HASIL KARYAMU!

Learn More Sign In
Tulis Komentar

RECOMMENDED VIDEO

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

ON FIRE

MORE
Back To Top