Brilio
×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Home >> Creator
Wihadi Suseno

24 Januari 2020 11:20

Ingin ngemil sehat? 6 camilan ala Jepang ini patut kamu coba

Dengan mengadopsi konsep 'kudapan sehat', ngemil yang tadinya merupakan kebiasaan buruk bisa menjadi kegiatan sehat..

Ingin ngemil sehat? 6 camilan ala Jepang ini patut kamu coba

0



Konsep 'ngemil sehat' adalah dengan mengonsumsi kudapan yang kaya serat dan protein sebelum menyantap makanan besar dengan maksud menambah asupan nutrisi secara keseluruhan. Dengan 'ngemil sehat' pun kamu bisa menghindari kebiasaan makan terlalu banyak saat perut keroncongan. Tujuannya agar kamu dapat makan makanan dengan jumlah kalori yang jelas.

Nah, enam camilan tradisional khas Jepang ini bisa dijadikan pilihan kala ingin ngemil namun tetap bisa sehat. Apa saja? Mari simak daftarnya berikut ini.

1. Ikan sarden kacang almond.

Ingin ngemil sehat? 6 camilan ala Jepang ini patut kamu coba

Ingin mencicipi kacang almond dengan cita rasa rasa lokal dan tambahan kalsium? Cobalah Almond Kozakana. Camilan ini merupakan kombinasi renyah antara potongan kacang almond dan ikan-ikan sarden kecil yang dikeringkan dan berasa agak manis. Dalam camilan ini juga tersedia paket yang hanya berisi ikan sarden kering kecil saja yang mengandung lebih sedikit kalori.

Loading...

2. Kedelai.

Ingin ngemil sehat? 6 camilan ala Jepang ini patut kamu coba

Kedelai merupakan sumber protein nabati terbaik yang kaya serat tapi rendah karbohidrat. Kedelai juga dikenal sebagai bahan baku pembuatan tahu (tofu).

Kedelai panggang/iri-daizu adalah camilan renyah yang sedap dengan rasa kacang yang memanjakan lidah. Kedelai panggang ini juga tersedia dalam rasa manis ataupun rumput laut.

3. Rumput laut.

Ingin ngemil sehat? 6 camilan ala Jepang ini patut kamu coba

Lembaran rumput laut kering adalah kudapan dengan rasa sedap dan istimewa yang khas. Rumput laut kaya akan glutamat, asam amino yang menyebabkan rasa gurih dan umami pada rumput laut. Rumput laut juga memiliki kandungan serat tinggi sehingga membuat cepat kenyang tanpa harus mengonsumsi kalori tinggi. Selain itu, rumput laut juga kaya akan antioksidan dan beraneka vitamin serta mineral.

Rumput laut hadir dalam beberapa bentuk dan tekstur. Nori adalah lembaran rumput laut kering yang biasa digunakan untuk membungkus sushi dengan rasa manis dan asin. Oshaburi Konbu adalah rumput laut tebal yang digunakan untuk membuat kaldu karena kaya akan rasa umami. Wakame adalah rumput laut tipis nan empuk yang biasa ditemukan di sup miso dan selada. Kuki wakame adalah produk wakame yang lebih tebal dengan tekstur alot dan dibumbui dengan cuka serta dimaniskan.

4. Ubi.

Ingin ngemil sehat? 6 camilan ala Jepang ini patut kamu coba

Ubi kaya akan serat, oleh karenanya baik dikonsumsi untuk mengatasi sembelit. Ubi mengandung karbohidrat kompleks. Bersama dengan serat, komponen ini mengisi perut lebih lama dan memberikan sensasi tahan lapar lebih panjang. Kandungannya yang kaya akan antioksidan, vitamin C, mineral, serta vitamin A pun bagus untuk mata.

Ubi bakar adalah yang terbaik untuk dikonsumsi. Selain itu, keripik ubi juga lazim ditemui. Perhatikan daftar bahan pada kemasan keripik ubi karena sering kali ditambahkan gula ke dalamnya.

5. Jeli konnyaku.

Ingin ngemil sehat? 6 camilan ala Jepang ini patut kamu coba

Jeli konnyaku mengandung air hingga 97 persen. Jeli ini terbuat dari umbi tanaman konyak (sering disebut devil’s tongue). Kandungan lainnya adalah serat. Umumnya konyaku berwarna abu-abu dan bertekstur agak padat. Jeli konnyaku biasanya disajikan dalam hidangan gurih sebagai rebusan agar teksturnya lebih empuk.

Seiring waktu, jeli ini hadir dalam berbagai variasi warna dan bentuk. Jeli konnyaku juga merambah produk manisan jeli. Tak seperti jeli biasanya, konnyaku tidak meleleh di mulut dan harus benar-benar dikunyah. Konnyaku juga telah dibuat menjadi keripik. Dengan konsistensi seperti daging asap, beberapa taman kanak-kanak Jepang memberikannya kepada anak-anak untuk melatih gigitan dan kekuatan rahang mereka.

6. Miino.

 Ingin ngemil sehat? 6 camilan ala Jepang ini patut kamu coba

Kudapan ini adalah sejenis kacang yang dikeringkan (dipanggang atau digoreng) dengan cita rasa asli atau dengan tambahan perasa (asin, manis dan gurih). Di Indonesia, miino mirip dengan kacang Bogor. Jadi, jangan berkecil hati bila tidak mampu menemukan miino di pasaran.

Source

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Pilih Reaksi Kamu


Tags

#ngemil makanan kecil sehat makanan sehat ngemil sehat
Loading...
Creator Banner

YUK GABUNG SEKARANG UNTUK DAPETIN
UANG TUNAI DARI HASIL KARYAMU!

Learn More Sign In
Tulis Komentar

RECOMMENDED VIDEO

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

ON FIRE

MORE
Back To Top