×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Home >> Creator
DwiS

21 April 2021 10:15

Ingin kulit sehat? 6 Manfaat air mawar ini bisa wujudkan keinginanmu

Air mawar murni bisa bikin kulit wajahmu sehat, segar, dan berseri..

Ingin kulit sehat? 6 Manfaat air mawar ini bisa wujudkan keinginanmu

0



foto: Pexels/Charlotte May

Apa manfaat bunga mawar selain sebagai simbol cinta bagi pasangan kekasih? Ternyata, bunga mawar bisa kamu gunakan untuk mendapatkan kulit sehat terawat. Caranya, gunakan cairan dari ekstrak bunga mawar.

Mengandung antiseptik, antibakteri, dan antiradang, air mawar murni bisa kamu andalkan sebagai produk perawatan wajah alami. Tidak hanya itu, ternyata air mawar murni bisa sebagai tambahan dalam berbagai menu makanan dan minuman, lho. Juga sebagai wewangian. Ini sudah jadi kebiasaan masyarakat Timur Tengah, terutama di Iran sejak beribu-ribu tahun lalu. Tentu saja, kini kamu bisa menikmati khasiat air mawar dengan membeli produknya di toko-toko kosmetik atau secara online.

Air mawar berasal dari kelopak bunga mawar hasil penyulingan. Para pembuatnya merebus kelopak bunga mawar kemudian mengumpulkan hasil uapnya. Tentu, butuh banyak sekali bunga mawar untuk menghasilkan produk ini. Ada sekitar 10% hingga 50% kandungan minyak mawar di dalamnya. Tak heran, harga produk akan semakin mahal jika lebih banyak kandungan minyak mawarnya.

Nah, khusus untuk perawatan kulit, sebenarnya apa saja sih manfaat air mawar? Yuk, simak daftarnya di bawah ini.

1. Membuat kulit lembap.

Ingin kulit wajah dan tubuhmu tetap lembap? Kamu bisa gunakan air mawar sebagai pengganti produk kosmetik sebelumnya. Kandungan antioksidan dan pelembap alami dalam air mawar mampu memberikan kelembapan pada semua jenis kulit, lho. Kulitmu pun akan selalu terhidrasi berkat khasiat air mawar ini.

Loading...

2. Mengurangi peradangan.

Selain berkhasiat melembapkan, mengoleskan air mawar pada kulit juga mampu meredakan peradangan seperti eksim. Seperti sudah kita sebutkan tadi, air mawar mengandung antiradang, antioksidan (polifenol dan flavonoid) yang berperan dalam hal ini. Kulit wajahmu pun akan jauh dari kusam dan tampak lebih sehat jika rutin mengusapkan air mawar.

3. Mengurangi kerutan.

Saat beraktivitas, sadar atau tidak, sering kali kamu terpapar sinar matahari, debu, polusi, atau asap rokok di sekitarmu. Ini bisa menyebabkan kulit mengalami penuaan dini sehingga muncul kerutan-kerutan halus di wajah. Kebanyakan stres juga memengaruhi kondisi kulit, apalagi tidak menjalankan pola hidup sehat. Masih muda tapi kulit tampak lebih tua, pastinya tidak mau, kan?

Nah, coba gunakan air mawar dengan rutin. Berkat kandungan antioksidan dan pelembapnya, air mawar bantu mengurangi kerutan halus yang tampak di wajah. Oleskan pada pagi dan malam hari yang sekaligus berfungsi sebagai pembersih wajah alami. Pori-pori tersumbat dan kotoran di wajah pun bisa kamu musnahkan hanya dengan mengoleskan air mawar secara rutin.

4. Menyegarkan mata lelah.

Kebiasaan menatap layar smartphone atau laptop bisa menyebabkan mata lelah. Tentunya, kamu perlu mengistirahatkan mata untuk mengembalikan kesegarannya. Nah, kamu bisa mengompres mata lelah menggunakan air mawar. Tuangkan air mawar secukupnya pada kapas, kompres area mata selama beberapa menit sambil beristirahat. Hasilnya? Mata yang lelah akan terasa segar kembali.

5. Mengatasi jerawat.

Memang menyebalkan kalau jerawat mulai tumbuh "subur" di wajah. Apalagi kalau kamu memang sering malas membersihkan wajah sepulang beraktivitas. Rasanya ingin langsung tidur saja karena lelah tak tertahan, betul?

Nah, mulai sekarang cobalah rutin membersihkan wajah berjerawat menggunakan air mawar. Kandungan antiseptik, antibakteri, dan antiradang pada air mawar berkhasiat untuk mengurangi gangguan kulit seperti jerawatmu yang membandel itu. Selain itu, air mawar juga menjaga keseimbangan pH kulit, tidak kalah dengan produk-produk perawatan kulit lainnya.

6. Mempercepat penyembuhan luka.

Jika kulitmu mengalami luka bakar akibat sengatan matahari ataupun luka ringan, coba oleskan air mawar di area tersebut. Kandungan antiseptik dalam bunga mawar mampu meredakan luka akibat infeksi. Kamu bisa menyimpan air mawar di kulkas sebelumnya supaya terasa adem saat mengoleskan ke area luka.

Sekarang sudah tahu, kan, manfaat air mawar bagi perawatan kulitmu? Tapi, untuk menghindari alergi, kamu bisa mencoba mengoleskan sedikit air mawar ke kulit lengan. Lakukan itu sehari sebelumnya. Jika memang tidak ada reaksi seperti gatal atau kulit iritasi, kamu bisa melanjutkan penggunaan air mawar ini untuk perawatan kulitmu. Bahan alami tentunya akan lebih bersahabat dengan kulitmu, kan?

Source

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Pilih Reaksi Kamu


Tags

Air mawar murni Perawatan wajah alami Bunga mawar Kulit sehat Kecantikan
Loading...
Creator Banner

Gak perlu khawatir, tulisan kamu bisa tetap
TERBACA DAN TRENDING di Brilio.net

Learn More Sign In
Tulis Komentar

RECOMMENDED VIDEO

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

ON FIRE

MORE
Back To Top