Seperti tahun-tahun sebelumnya, ketika memasuki bulan yang suci ini banyak perusahaan berlomba-lomba untuk membuat iklan bertema Ramadhan. Belumlama puasa, sudah banyak iklan-iklan unik yang bertebaran di televisi dan Youtube. Mulai dari iklan minuman bersoda, sirup, diskon dan voucher dari marketplace toko online besar di Indonesia, hingga promo tiket perjalanan.

Nah, belakangan ini ada satu iklan salah satu department store yang menjadi viral di kalangan warganet.Apalagi kalau bukan iklan sekelompok ibu-ibu Qasidah menyanyikan lagu bertema Ramadhan yang sekarang mengundang perhatian warganet karena kekocakannya. Bagaimana tidak, iklan ini sukses menyuguhkan kelucuan sekelompok ibu-ibu Qasidah berseragam ungu dan kuning yang sedang bernyanyi diiringi dengan Rabbana di tempat-tempat yang bikin banyak orang ngakak terpingkal-pingkal.

Iklan ini berdurasi lebih lama dari iklan pada umumya. Serta ada salah satu scenepaling kocak, yaitu adegan seorang ibu yang kepalanya muncul dari dalam rice cooker.

Tahukah kamu bagaimana awal mula adegan kocak tersebut? Ternyata, iklan kocak ini merupakan hasil karya sutradara kenamaan Dimas Djay yang salah satu karyanya juga sempatviralbeberapa waktu lalu, yaitu iklan Indoeskrim versi kolosal.

Dimas menjelaskan kalau ia memang sengaja memasukkan konsep ibu-ibu Qasidah pada iklan Ramayana untuk tema Ramadhan tahun ini.Adegan ibu-ibu yang kepalanya muncul dari dalam rice cooker dan menjadi viral sekarang ini merupakan ide yang tanpa sengaja tercetus.

"Itu enggak sengaja, orang lagi cek lokasi, terus saya lihat ada magic jar," ucap Dimas seperti dikutip Grid.ID dari Kompas.

"Ceritanya kasidah ini kan kayak narator gitu."

"Kalau di klip-klip gitu kan narator atau penyanyinya suka enggak kelihatan sama pemain adegannya."

"Masalahnya, karena kelompok kasidahnya orangnya kan banyak," ucap Dimas.

Alhasil ketika scene di kamar kos sempit yang fokus pada seorang pemuda, Dimas harus berpikir kreatif agar delapan ibu-ibu kelompok Qasidah dan satu pemeran pemuda rantau itu muat di situ.

"Pas (adegan) di kantor agak gede (ruangannya) bisa, begitu masuk kos-kosan, saya mau ngasih tahu rumah kos-kosannya kecil," kata Dimas.

"Berarti harus naro di mana-mana kan. Jadi (ibu-ibu kasidah) ada di dalam keranjang pakaian, di dalam rice cooker," ucapnya lagi.

Dimas juga mengaku untuk adegan yang kocak ini diatidak menggunakan teknik editing atau apapun. Saking viral dan kocaknya adegan ini, sudah mulai banyak meme yang bertebaran di sosial media.Ini salah satunya.

Kisah unik di balik adegan Ibu Qasidah yang muncul dari Rice Cooker

Akun lucu-lucuan di Instagram seperti @awreceh.id sampai ikut menyebarkan meme bagaimana kepala ibu Qasidah itu bisa muat masuk ke dalam rice cookeritu ada di tangan anggota JKT 45.

"badannya mana toh, siluman apa lagi ini?', tutur akun @vlmnd_

"ibu kenapa di delem mejikom :D weh mak nya sape ni?", komentar akun @oktarasi7358

Bahkan kini postingan tersebut sudah di like hingga lebih dari 78.500 kali dan terakhir kali sudah 2.000 lebih komentar masuk.

Buat yang masih penasaran bagaimana iklan Ramayana ini, berikut video lengkapnya.