×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Home >> Creator
Pelapis Antivirus UNS

15 September 2021 10:45

Ide inovatif cegah penularan Covid-19 lewat limbah tandan kosong sawit

Mahasiswa UNS berinovasi membuat pelapis antivirus dengan memanfaatkan limbah tandan kosong kelapa sawit..

Ide inovatif cegah penularan Covid-19 lewat limbah tandan kosong sawit

0



Melalui skema hibah pendanaan PKM (Program Kreativitas Mahasiswa) 2021, tim yang beranggotakan tiga mahasiswa yaitu Nurani Alawiyah, Jeesica Hermayanti Pratama, dan Achmad Nurul Yaqin, memberikan ide mengenai pencegahan penularan Covid-19 dengan produk pelapis antivirus. Pelapis yang dibuat dengan bahan dasar selulosa diperoleh dari pemanfaatan limbah tandan kosong kelapa sawit (TKKS) yang sangat minim pemanfaatan, padahal tiap tahunnya lebih dari 10 juta ton TKKS dihasilkan dari 46 juta ton produksi kelapa sawit segar di Indonesia.

Berlandaskan bidang ilmu kimia dan medis, mahasiswa UNS tersebut menganalisis potensi selulosa tersebut dengan penambahan kitosan dan ion perak sehingga dapat menjadi material pelapis antivirus. Studi yang mereka lakukan berbasis riset laboratorium dan komputasi. Tak lupa, peran dari pendampingan Dr. rer. nat. Maulidan Firdaus, M.Si., menjadikan tim ini mampu penghasilkan material pelapis. Aplikasinya sangat mudah, hanya dengan disemprotkan pada permukaan benda, khususnya benda yang umum disentuh banyak orang.

Selulosa yang diisolasi dari TKKS mereka ubah menjadi nanokristalin selulosa (NKS), sehingga memiliki sifat mekanik yang baik, stabilitas termal, hidrofilisitas, dan kemudahan dalam fungsionalisasi secara kimia, serta kemampuannya sebagai penghalang air, larutan gas, bahkan minyak. Hal ini menjadikan NKS menjadi material pelapis yang menjanjikan.

Tentunya pengembangan dan support dari berbagai pihak akan dibutuhkan dalam mengeksplorasi lebih lanjut pengaplikasian pelapis antivirus ini.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Pilih Reaksi Kamu


Tags

antivirus covid-19 inovasi mahasiswa
Loading...
Creator Banner

Gak perlu khawatir, tulisan kamu bisa tetap
TERBACA DAN TRENDING di Brilio.net

Learn More Sign In
Tulis Komentar

RECOMMENDED VIDEO

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

ON FIRE

MORE
Back To Top