Komunitas Generasi Baru Indonesia (GenBI) Jember yang merupakan gabungan mahasiswa Institute Agama Islam Negeri (IAIN) Jember dan Universitas Jember, kali ini mengadakan pelatihan Capacity Building di Hotel Aston Banyuwangi, Sabtu (19/10/2019).

Pelatihan yang digelar oleh para mahasiswa penerima Beasiswa Bank Indonesia ini merupakan salah satu program kerja dari GenBI Personal Development (GPD).

Nur Rifa, ketua umum GenBI Jember menerangkan, GPD sendiri merupakan salah satu program kerja yang bergerak dalam pengembangan potensi di internal GenBI."Kegiatan ini bertujuan untuk mengembangkan skill keanggotaan, yang nantinya setelah lulus kuliah bisa menjadi sosok sociopreneur yang selalu memberikan energi positifnya untuk masyarakat luas," katanya.

Kegiatan tersebut dihadiri langsung oleh dua pemateri tingkat nasional. Masing-masing adalah Dessy Aliandrina selaku Founder & Executive Director Of Sociopreneur Indonesia dan Samsun Hadi selaku Deputi Direktur Departemen Sumberdaya Manusia (DSDM) Bank Indonesia Pusat.

Kegiatan yang mengangkat tema "Mewujudkan Daya Saing Melalui Peningkatan Kualitas dan Potensi Diri" itu mampu memberikan kesan positif untuk GenBI.Mereka diajarkan bagaimana menjadi pribadi yang nantinya mampu mengembangkan diri melalui Design Thinking.

Dessy menjelaskan, "Design Thinking merupakan metode penyelesaian masalah dengan fokus pada pengguna. Agar menjadi pribadi yang baik di masa yang akan datang," katanya ketika menyampaikan materi.

Di sisi lainSamsun Hadi juga menerangkan, ketika mengembangkan karier harus cetak prestasi seluas mungkin dan berorganisasi."Karir akan didapat ketika diimbangkan dengan pengalaman organisasi, karena perusahaan menerima orang yang berpengalaman bukan dilihat dari Indeks Prestasi Komulatif (IPK) saja," tuturnya saat pemateri kedua berlangsung.

Rifa menekankan, dari 100 anggota GenBI Jember yang ikut dalam pelatihan tersebut, nantinya mampu bersaing ketika di ranah pekerjaan.

"Adanya pelatihan ini guna memberikan wawasan lebih untuk anggota GenBI Jember, juga mampu bersaing ketika sudah lulus dari bangku perkuliahan menuju dunia pekerjaan," harapnya.

Oleh: Muhammad Nurul Yaqin (Mahasiswa IAIN Jember)