Brilio
×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Home >> Creator
Putra Marenda

11 Januari 2019 16:04

Gamers sejati, ini 7 komponen smartphone yang bikin nyaman main game

Jangan sampai salah pilih smartphone gaming, perhatikan lebih detail komponennya!.

Gamers sejati, ini 7 komponen smartphone yang bikin nyaman main game

0



Sudah gak diragukan lagi kalau gaming sekarang sedang banyak digemari oleh banyak kalangan. Selain untuk refreshing, nyatanya gaming juga bisa membuat penghasilan melalui penjualan aset-aset yang terdapat dalam game tersebut. Untuk menunjang hal itu, tentu perlu smartphone berkualitas untuk gaming.

Nah, oleh sebab itu sudah terangkum 7 komponen smartphone yang bisa bikin kamu makin nyaman bermain game. Apa saja 7 komponen tersebut? Simak ulasannya.

1. Smartphone harus punya chipset yang apik.

Chipset

Chipset (credit photo: mixotekno.com)

Komponen utama yang harus kalian ketahui fungsinya agar kegiatan gaming nyaman ialah chipset. Apa itu chipset? Chipset ialah komponen yang terintegrasi dengan berbagai komponen, seperti processor, graphical procesing unit, celular modem dan pengontrol manajemen perangkat. Dengan chipset yang apik, gaming kalian juga makin asyik.

Lalu, apa yang dibutuhkan di chipset yang bagus? Yang dibutuhkan ialah graphical procesing unit-nya harus bisa mengolah grafik yang baik supaya game berjalan lancar saat dimainkan. Dan salah satu graphical processing unit yang apik ialah qualcom snapdragon 845. Jadi sebelum membeli smartphone, alangkah lebih baiknya kalau mengecek terlebih dahulu apakah smartphone yang kalian incar sudah memiliki grafik qualcom snapdragon 845 apa belum. Soalnya bila sudah, maka siap-siap gaming kalian akan terasa sangat nyaman.

 

2. Pastikan RAM-nya mencukupi standar gaming.

RAM

RAM (credit photo : wccftech.com)

RAM jadi komponen penting selanjutnya dalam gaming. Hal ini dikarenakan bila game yang akan kalian mainkan berukuran besar, maka jika RAM-nya tak memenuhi standar, akan terjadi lag. Tentu lag ini akan terasa sangat mengganggu dalam bermain game. Standar agar kalian nyaman bermain game ialah smartphone harus punya RAM minimal 3 GB.

 

3. Perhatikan memori internal smartphone kalian.

Memori Internal

Memori Internal (credit photo : dailymedianusantara.blogspot.com)

Game biasanya akan tersimpan otomatis di memori internal. Oleh sebab itu memori internal juga memengaruhi tingkat kenyamanan saat gaming. Minimal memori internal yang digunakan untuk gaming ialah 16 GB dan pastikan juga bahwa memori internal yang sudah kamu pakai di smartphone-mu tak tidak lebih dari 50%. Apabila melebihi 50%, maka akan sedikit mengganggu kinerja smartphone dalam gaming.

 

4. Pilih sistem operasi yang sesuai.

Sistem Operasi

Sistem Operasi (credit photo : id.wikipedia.org)

Sistem operasi yang baik ialah yang stabil dan terbaru. Seperti kita ketahui ada 2 sistem operasi, yakni Android dan iOS. Keduanya sama-sama baik untuk gaming, hanya saja untuk sistem operasi iOS lebih direkomendasikan digunakan. Hal ini karena di sistem operasi iOS, ada sistem pembaruan dalam jangka waktu buang lama dan cenderung stabil sehingga jarang terjadi crash. Berbeda dengan android yang jarang mengalami pembaruan sistem operasi.

 

5. Daya tahan baterai harus oke.

Baterai

Baterai (credit photo : breakingnews.co.id)

Baterai ialah komponen penting yang ada di smartphone. Khususnya buat gaming, memang baterai menjadi sangat vital. Daya tahan baterai sendiri dibagi menjadi dua, yakni daya tahan untuk chipset dan daya tahan untuk kapasitas baterai. Disarankan pilihlah baterai dengan kapasitas besar dan pastikan sudah ada fitur fastcharging di smartphone pilihan kalian.

 

6. Resolusi layar lebih baik yang luas.

Layar

Layar (credit photo : informasiteknologi-komunikasi.blogspot.com)

Layar jadi aspek yang sangat menunjang kenyamanan saat gaming. Semakin besar layar smartphone, maka akan terasa sangat asyik game yang kita mainkan. Pilihlah smartphone yang full view display dengan resolusi full HD 1080p dan kerapatannya di atas 400 dpi. Jenis layar yang sangat disarankan ialah jenis super amoled.

 

7. Beli periferal pendukung.

Periferal Pendukung

Periferal Pendukung (credit photo : blog.gamesir.id)

Game akan terasa sangat nyaman digunakan saat smartphone dilengkapi dengan periferal pendukung. Periferal pendukung ini akan menambah keseruan gaming, karena berdasarkan pengalaman, gaming akan terasa sangat seru saat bermain dengan sebuah kontrol fisik, bukan dengan tombol virtual. Karena dengan tambahan periferal, permainan game-mu gak akan terganggu dengan besarnya jempol yang menutupi layar smartphone. Dengan menggunakan periferal tambahan, kamu akan betah deh gaming seharian. Gak percaya? Beli periferal tambahan dan buktikan keasyikannya!

Itulah 7 komponen di smartphone yang wajib kalian tahu agar menunjang kenyamanan dalam bermain game. Jadi silakan memilah dengan hati-hati smartphone gaming yang bakal kalian beli, dan rasakan sensasi nyaman saat gaming. Happy gaming seru guys!

(brl/red)

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Pilih Reaksi Kamu


Tags

smartphone gaming
Creator Banner

YUK GABUNG SEKARANG UNTUK DAPETIN
UANG TUNAI DARI HASIL KARYAMU!

Learn More Sign In
Tulis Komentar

RECOMMENDED VIDEO

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

ON FIRE

MORE
Back To Top