×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Home >> Creator
Mirza Wardana

23 September 2021 12:16

Fresh graduates melamar kerja bersyarat pengalaman, mengapa tidak?

Meski baru lulus kuliah, kamu pun bisa coba melamar pekerjaan yang mensyaratkan adanya pengalaman..

Fresh graduates melamar kerja bersyarat pengalaman, mengapa tidak?

0



Baru lulus kuliah, tanpa pengalaman, acap kali merasa enggan melamar pekerjaan dengan persyaratan pengalaman tertentu. Padahal terkadang perusahaan menyukai sosok tidak berpengalaman untuk bisa "diarahkan" dan "dibentuk" sesuai karakter yang diharapkan pada posisi tertentu.

Beragam persyaratan yang disusun oleh sebuah perusahaan adalah "metode saring" tersendiri yang diciptakan untuk menemukan sosok yang tepat. Selain latar belakang keilmuan yang sesuai, karakter utama yang dicari perusahaan adalah "keteguhan" dan "ketangguhan".

Fresh graduates, sering kali mengurungkan niat untuk melamar lowongan dengan syarat pengalaman tertentu, dan justru hanya memilih melamar pada lowongan-lowongan tanpa syarat pengalaman. Tidak ada yang salah pada hal ini. Hanya saja, kalau diterima, angka pendapatan yang ditawarkan biasanya di bawah angka yang berpengalaman. 

Apa yang jadi penyebabnya dalam hal ini?

Insecurity, atau rasa tidak percaya diri. Kurang nekat. 

Loading...

Nekat, bukan selalu kata yang negatif. Dalam hal ini adalah risk-taker, sebuah karakter yang tidak selalu ada pada setiap orang. 

Bagi fresh graduates, idealnya semua lowongan adalah ladang luas yang harus ditembus. Tujuan utamanya adalah mendapatkan pekerjaan dan tergaji di tiap bulannya. 

Coba sisihkan saringan rasa tidak mampu, tidak punya yang dibutuhkan, tidak cocok, dan "tidak-tidak" yang lain yang muncul. Toh, saat ini dalam dunia digital, tidak lagi dibutuhkan lagi biaya prangko, kertas, tinta print, amplop, dan sebagainya untuk melamar pekerjaan. 

Go for it. Lamar saja semua lowongan, luaskan sedikit batas relevan dari syarat yang ada, dan kirim saja. 

Insecurity ada pada setiap orang. Jangankan kamu yang merasa kurang pas pada posisi tertentu, yang merasa cocok pun sering kali mengurungkan niat melamar karena tak percaya diri. 

Punya pengalaman adalah masalah siapa dulu yang mulai. Bukan berarti secara kemampuan, kamu tidak mampu. Kalau persyaratannya hanya 1 tahun misalnya, itu bisa saja ditembus. Sertakan dan tampilkan di resume kamu tentang aktivitas-aktivitas pendukung yang sudah pernah dijalani dalam organisasi, dalam kegiatan sosial, dalam bidang olahraga, atau apa pun yang menunjukkan kamu aktif. 

Singkatnya, jangan batasi diri kamu. Semakin banyak lamaran yang dikirimkan, semakin besar dan cepat juga peluangnya kamu akan mendapatkan kesempatan tahapan berikutnya. Dan dalam perjalanannya, pasti ada lagi proses pembelajaran yang kamu alami. 

Tapi itu semua nggak akan terjadi, kalau kamu nggak berani memulai dulu. Go for it!

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Pilih Reaksi Kamu


Tags

mirzakerja kerja pengalaman insecure justdoit
Loading...
Creator Banner

Gak perlu khawatir, tulisan kamu bisa tetap
TERBACA DAN TRENDING di Brilio.net

Learn More Sign In
Tulis Komentar

RECOMMENDED VIDEO

Astro-Lo-Gue Ep. 7 - Patah Hati Zodiak Libra, Scorpio, Sagitarius, Capricorn, Aquarius & Pisces! Buat Sobat Brilio yang menunggu-nunggu, Astro-Lo-Gue balik lagi nih! Masih bareng Aby Respati yang bakalan ngelanjutin penjelasan mengenai hal-hal apa ...

ON FIRE

MORE
Back To Top