Brilio
×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Home >> Creator
Muhammad Haekal

10 Januari 2019 12:15

Fenomena salah jurusan pada era Revolusi Industri 4.0

Kamu termasuk yang salah jurusan?.

Fenomena salah jurusan pada era Revolusi Industri 4.0

0



Pendidikan Tinggi merupakan ranah yang amat paling penting dalam menyongsong masa depan, bukan hanya sebagai individu, namun juga sebagai generasi penerus bangsa. Gagasan mengenai pendidikan menang tak pernah surut dibahas agar mendapat formula mujarab demi terciptanya solusi kearah yang lebih baik guna menjawab tuntutan zaman.

Di era kemajuan yang menyangkut pertukaran data terkini dalam teknologi, pemerintah, khususnya kemenristerk melakukan rekokonstruksi kebijakan kelembagaan pendidikan tinggi yang adaptif dan responsif terhadap revolusi industri 4.0 dalam mengembangkan transdisiplin ilmu dan program studi yang dibutuhkan dengan mencanagkan program Cyber University menggunakan sistem perkuliahan distance learning, untuk menjawab kegelisahan anak bangsa di pelosok daerah agar dapat menjangkau pendidikan tinggi yang berkualitas.

Ironinya bukannya bersiap menyosngsong industry 4.0, para mahasiswa masih berkutat pada persolan klasik, yakni Jurusan. Berdasarkan penelitian Indonesia Career Center Network (ICCN) tahun 2017, sekurang-kurangnya terdapat 87% mahasiswa Indonesia mengakui bahwa jurusan yang mereka ambil tidak sesuai dengan minatnya atau salah jurusan. Akibatnya, mereka yang salah jurusan melakukan aktivitas akademiknya secara terpaksa dan tidak study secara mendalam.

Masalah seperti ini seharusnya bisa dituntaskan sebelum menginjak pendidikan tinggi, dengan menelusuri keinginan sekaligus memetakan potensi diri dan menargetkan bidang pekerjaan apa yang dinginkan, sehingga dapat berjalan seiringan dengan apa yang dilakukan sekarang. Jika sudah terlanjur dan tak mungkin berpindah jurusan, maka sudah saatnya para mahasiswa tak lagi mempersoalkan salah jurusan dan menerima konsekuensi atas apa yang telah diambil. Keseriusan dan Keyakinan untuk mendalami bidangnya wajib hukumnya untuk mempersiapkan diri di era komputerisasi pabrik ini.

Source

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Pilih Reaksi Kamu


Tags

salah jurusan revolusi industri 4.0 fenomena
Loading...
Creator Banner

YUK GABUNG SEKARANG UNTUK DAPETIN
UANG TUNAI DARI HASIL KARYAMU!

Learn More Sign In
Tulis Komentar

RECOMMENDED VIDEO

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

ON FIRE

MORE
Back To Top