Brilio
×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Home >> Creator
SWIETA INGRED HAPSARI

15 November 2019 10:30

Ecobrick, inovasi Kampung Iklim Purwokeling Semarang yang inspiratif

Ecobrick yang diolah Kampung Iklim Purwokeling Semarang sukses menginspirasi..

Ecobrick, inovasi Kampung Iklim Purwokeling Semarang yang inspiratif

0



Warga BPI RW X, Kelurahan Purwoyoso Ngaliyan tengah giat membuat ecobrick untuk mengolah limbah sekaligus membuat lingkungan menjadi lebih asri. Ketua Proklim Purwoyoso, Eko Gustini menjelaskan keuntungan mengolah ecobrick menjadi bernilai ekonomis. “Ecobrick adalah salah satu cara untuk memanfaatkan limbah plastik menjadi kerajinan yang bernilai guna dan mampu membuat lingkungan menjadi lebih baik,” ujarnya. Dengan bangga, Eko juga menuturkan bahwa ecobrick olahan warga BPI RW X menjadi dekorasi yang apik menghiasi Taman Toga yang berada di wilayah Perumahan BPI Ngaliyan.

Mengukir prestasi menjadi kampung iklim yang produktif karena mampu menjaga kesehatan lingkungan menjadikan Perumahan BPI RW X, Kelurahan Purwoyoso, Semarang sebagai kampung percontohan. Berbagai aktivitas lain juga dilakukan untuk menjaga ekosistem, seperti membuat biopori, resapan air, pemanfaatan sampah dan lain-lain. Dalam kompetisi Kampung Proklim 2019 tingkat Kota Semarang, Kampung Purwokeling berhasil mendapatkan peringkat pertama sebagai kampung ramah lingkungan. Berupaya meningkatkan kesadaran warga untuk menjaga lingkungan, maka Kampung Purwokeling kembali ditunjuk mewakili Jawa Tengah di kompetisi tingkat nasional.

Dukungan besar juga diberikan oleh pemangku kepentingan di Kota Semarang untuk menggalakkan kesadaran akan kesehatan lingkungan hidup. Salah satunya pengolahan limbah sampah yang maksimal oleh para warga BPI RW X menjadi ecobrick. Menurut Ketua Proklim Purwoyoso, kegiatan pengolahan limbah lingkungan menjadi bagian dari program kerja RW yang didukung oleh pemerintah Semarang.

Kesuksesan Kampung Iklim Purwokeling menarik Pemerintah Kota untuk datang dan melihat langsung proses pengelolaan limbah sampah. Lebih lanjut, program pengelolaan limbah sampah ke depan akan menjadi penggerak bagi kampung lainnya di Kota Semarang.

Source

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Pilih Reaksi Kamu


Tags

ecobricks kampung iklim lingkungan semarang purwokeling
Loading...
Creator Banner

YUK GABUNG SEKARANG UNTUK DAPETIN
UANG TUNAI DARI HASIL KARYAMU!

Learn More Sign In
Tulis Komentar

RECOMMENDED VIDEO

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

ON FIRE

MORE
Back To Top