Brilio
×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Home >> Creator
Agustinus Felix Nugraha Hutagalung

20 September 2019 12:59

Dongkrak ranking universitas dengan merekrut rektor asing, bisakah?

Apakah rektor asing dapat memberikan dampak bagi Indonesia?.

Dongkrak ranking universitas dengan merekrut rektor asing, bisakah?

0



Kementrian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi melalui menterinya, Muhammad Nasir mengeluarkan kebijakan yang menuai polemik di kalangan Pendidikan Tinggi. Kebijakan yang dikeluarkan oleh Kemenristekdikti yaitu merekrut rektor asing untuk memimpin Perguruan Tinggi baik swasta maupun negeri. Hal ini menimbulkan pro dan kontra di masyarakat.

Sebenarnya, apakah perlu Perguruan Tinggi di Indonesia dipimpin rektor asing? Muhammad Nasir berniat untuk memajukan Pendidikan Tinggi di Indonesia dengan membawa universitas di Indonesia masuk ke dalam ranking 100 besar dunia. Seperti yang kita ketahui, belum ada universitas di Indonesia yang berhasil menembus 100 ranking dunia.

Dilansir dari QS World University Ranking, Universitas Indonesia (UI) hanya menempati posisi 292 ranking dunia. Muhammad Nasir berpendapat bahwa Indonesia perlu belajar dari Singapura, Taiwan, dan Tiongkok yang berhasil karena menggunakan rektor asing. Para calon rektor asing akan ditantang meningkatkan kualitas pendidikan tinggi dengan keberhasilan yang diukur secara kuantitatif. Untuk syarat dari calon rektor asing, Muhammad Nasir telah menyiapkan 3 kualifikasi utama, yaitu experience, manajerial di bidang riset, dan networking. Di sisi lain banyak orang berpendapat bahwa dengan adanya rektor asing merupakan pengakuan kegagalan pemerintah di bidang Pendidikan Tinggi.

Rendahnya kualitas Pendidikan Tinggi di Indonesia tidak hanya dari faktor kepemimpinan. Permasalahan yang sebenarnya ada pada sistem dan budaya akademik. Perbaikan pada sistem akademik perlu dilakukan mulai dari kualitas dosen, perbaikan infrastruktur, bantuan anggaran kepada Perguruan Tinggi, hingga kurikulum.

Menarik untuk kita tunggu, apakah nantinya rektor asing tersebut dapat memberikan dampak besar terhadap Pendidikan Tinggi di Indonesia? Atau justru sebaliknya.

Loading...

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Pilih Reaksi Kamu


Tags

mahasiswa kuliah kampus #universitas opini
Loading...
Creator Banner

YUK GABUNG SEKARANG UNTUK DAPETIN
UANG TUNAI DARI HASIL KARYAMU!

Learn More Sign In
Tulis Komentar

RECOMMENDED VIDEO

Astro-Lo-Gue Ep. 7 - Patah Hati Zodiak Libra, Scorpio, Sagitarius, Capricorn, Aquarius & Pisces! Buat Sobat Brilio yang menunggu-nunggu, Astro-Lo-Gue balik lagi nih! Masih bareng Aby Respati yang bakalan ngelanjutin penjelasan mengenai hal-hal apa ...

ON FIRE

MORE
Back To Top