×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Home >> Creator
Harry Rezqiano

27 Oktober 2020 17:39

Dirilis tahun 2000, kini Sony PlayStation 2 genap berusia 20 tahun

Melanjutkan kesuksesan PlayStation, Sony melepas PlayStation 2 dengan berbagai fitur keren termasuk kemampuan memutar film DVD pada tahun 2000..

Dirilis tahun 2000, kini Sony PlayStation 2 genap berusia 20 tahun

0



Bulan Oktober adalah bulan penting dalam sejarah keluarga Sony PlayStation karena pada bulan ini 20 tahun yang lalu, tepatnya 26 Oktober 2000, Sony merilis penerus konsol video game populer mereka “PlayStation” di pasar Amerika Serikat.

Dengan mengusung nama sederhana “PlayStation 2”, Sony tidak mengikuti tradisi penamaan konsol game; di mana biasanya konsol baru menggunakan nama benar-benar baru dan bukannya nomer lanjutan konsol sebelumnya. Tapi sepertinya Sony yakin dengan tuah dan keberuntungan nama “PlayStation” sehingga mereka tetap menggunakan nama itu untuk konsol penerusnya. Cukup menambahkan angka “2” dan publik akan mudah membedakan antara PlayStation dengan PlayStation 2.

Dan itu terlihat di mana orang-orang sampai rela antre panjang demi mendapatkan PlayStation 2 saat dirilis ke pasaran.

Dirilis tahun 2000, kini Sony PlayStation 2 genap berusia 20 tahun

Antrian pembelian PS2 / Foto: The Independent

Loading...

PlayStation 2 (PS2) adalah sebuah keniscayaan setelah sukses besarnya PlayStation original (PS1) di pasaran. Setelah secara mengejutkan lahir dan mengalahkan Nintendo (sekaligus membalaskan dendam kepada mereka), PlayStation perlu penerus untuk menyongsong milenium baru. Apalagi saat itu Nintendo bersiap-siap merilis “Nintendo GameCube” sebagai penerus Super Nintendo dan Nintendo 64 yang dikalahkan PlayStation dalam hal teknologi dan penjualan, serta Sega yang perlu menciptakan konsol baru karena Saturn gagal menghadapi PlayStation (walau secara teknis memiliki komponen lebih canggih) sehingga mereka menciptakan “Sega Dreamcast”. GameCube dan Dreamcast merupakan ancaman serius buat PlayStation sehingga akhirnya lahir “PlayStation 2” pada bulan Maret tahun 2000 di Jepang dan Oktober untuk Amerika Serikat. Bersama Microsoft Xbox, konsol-konsol ini merupakan peserta perang konsol generasi ke-6 yang akhirnya memakan korban: Sega tidak lagi merilis konsol gaming setelah era ini.

Dirilis tahun 2000, kini Sony PlayStation 2 genap berusia 20 tahun

Kiri ke kanan: Sega Dreamcast, Sony PlayStation 2, Nintendo GameCube & Microsoft Xbox / Foto: Wikipedia

Sejarah mencatat kalau PS2 merupakan ‘pemenang perang konsol generasi ke-6’ yang ditandai dengan jumlah penjualan tertinggi dibanding para pesaingnya; bahkan hingga hari ini tidak/belum ada yang sanggup terjual melebihi PS2 di pasaran. 155 juta unit tercatat terjual sepanjang hayat PS2 (2000-2013). Sebuah angkah yang belum bisa dikalahkan siapa pun; bahkan oleh PlayStation-PlayStation setelahnya.

Salah satu faktor kenapa PS2 bisa terjual sebanyak itu mungkin karena fitur pemutar DVD yang diusungnya. Awal-awal milenium dulu, film format DVD sedang trending dan pemutar disc DVD masih sangat mahal harganya. Bisa di atas $ 500. Sementara Sony PlayStation 2 hanya seharga $ 299 dan bisa memutar disc DVD film selain DVD game. Tentu saja membeli PS2 adalah pilihan logis untuk sebuah rumah tangga yang memerlukan pemutar disc film DVD; dengan bonus bisa bermain game PlayStation pula. Sehingga cukup banyak orang membeli PS2 awalnya bukan untuk fitur video game tapi malah buat nonton film.

Dirilis tahun 2000, kini Sony PlayStation 2 genap berusia 20 tahun

Nonton DVD lewat PlayStation 2? Bisa banget! / Foto: Engadget

Tapi tentu saja gamers membeli PS2 demi bermain video game dan bukan buat nonton film. Dan di bagian ini PS2 meneruskan apa yang sudah dibangun PS1. Tentu mustahil buat saya menulis ribuan judul games yang pernah dibuat untuk PS2. Yang jelas Sony menjual begitu banyak games PS2; setidaknya 1,5 miliar kopi dari 3,800 judul games PS2 berhasil terjual ke pasaran. Judul apa paling laku? Grand Theft Auto: San Andreas, yang laris lebih dari 17 juta kopi. Luar biasa banget.

Tiap gamers tentu punya memori kenangan sendiri soal “game PS2 paling keren menurut gue”. Terutama buat mereka yang hanya bisa merasakan bermain PS2 lewat rental-rental PS. Mungkin game sepak bola? Atau game GTA? Apa pun genre pilihannya, game itu lahir di PS2. Sehingga buat banyak gamers PS2 punya tempat tersendiri di hati.

Faktor games bisa jadi yang paling memengaruhi kesuksesan PS2 di perang konsol generasi ke-6. Plus tentu saja kemampuan memutar film DVD. Karena kalau mau jujur, grafis Nintendo GameCube dan Microsoft Xbox secara umum terlihat lebih cakep daripada PS2. Lihat saja Resident Evil 4 di GameCube dan bandingkan dengan versi PS2. Atau Dead or Alive. Pasti kamu akan melihat perbedaan cukup signifikan di sana. Tapi PS2 punya sangat banyak judul games bagus yang tidak bisa diimbangi Dreamcast, GameCube, maupun Xbox sehingga pada akhirnya gamers akan lebih memilih konsol dengan games bervariasi seperti di PS2 ketimbang saingannya. Saya sendiri akan memilih game Yakuza sebagai game PS2 berpengaruh karena tampilan grafis bagus dan kompleksitas di dalamnya. Game ini juga terus mengalami evolusi dan selalu tersedia untuk semua PlayStation pasca PS2.

Apa kamu fans PS2? Masih menyimpan PS2 seperti yang saya dan ribuan gamers lain lakukan? Walau sudah berusia dua dekade, PS2 masih sangat layak dimiliki dan dimainkan. Tapi mungkin perlu televisi model klasik / TV tabung karena memainkan PS2 di TV modern (TV LED) sedikit kurang nyaman berhubung teknologi PS2 ditujukan untuk TV era tahun 2000-an. Sayangnya sudah sulit mencari TV jenis ini yang masih bagus dan berharga wajar. Mungkin ke depannya ada solusi memainkan PS2 di TV modern tanpa mengorbankan tampilannya. Mungkin modifikasi HDMI? Sega Dreamcast, Nintendo GameCube, Microsoft Xbox, dan bahkan PS1 sudah memiliki modifikasi HDMI. Kita tinggal menunggu versi PS2-nya saja.

Selamat ulang tahun ke-20, Sony PlayStation 2!

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Pilih Reaksi Kamu


Tags

Sony PlayStation PS2 Video game Sejarah
Loading...
Creator Banner

YUK GABUNG SEKARANG UNTUK DAPETIN
UANG TUNAI DARI HASIL KARYAMU!

Learn More Sign In
Tulis Komentar

RECOMMENDED VIDEO

Astro-Lo-Gue Ep. 7 - Patah Hati Zodiak Libra, Scorpio, Sagitarius, Capricorn, Aquarius & Pisces! Buat Sobat Brilio yang menunggu-nunggu, Astro-Lo-Gue balik lagi nih! Masih bareng Aby Respati yang bakalan ngelanjutin penjelasan mengenai hal-hal apa ...

ON FIRE

MORE
Back To Top