Brilio
×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Home >> Creator
ALINE

12 Agustus 2019 15:20

Dikenal lezat, ketahui kandungan tambahan di balik chicken nuggets

Makanan yang mudah dibuat dan bisa disimpan lama ini punya banyak penggemar. Apa saja ya kandungan yang bikin rasanya nikmat?.

Dikenal lezat, ketahui kandungan tambahan di balik chicken nuggets

0



Dewasa ini setiap ibu rumah tangga di berbagai belahan dunia sudah banyak mengenal bahan makanan satu ini sebagai pelengkap gizi keluarganya. Cara membuatnya gampang dan mudah penyimpanannya. Dan karena termasuk bahan makanan yang tidak mudah rusak, maka makanan ini dapat digunakan untuk beberapa hari, jika disimpan di dalam kulkas.

Bahan makanan ini adalah chicken nugget, potongan daging ayam yang dicincang dan digiling kemudian dibentuk menjadi bongkahan kecil daging ayam berlapis tepung. Pembuatannya sungguh mudah.

Dikenal lezat, ketahui kandungan tambahan di balik chicken nuggets

Jangan meremehkan nugget ya! Makanan yang satu ini mengandung banyak gizi seperti protein, karbohidrat, natrium, kalium, kalori, niacin, dan lemak tak jenuh. Selain itu, di dalam makanan ini juga dilengkapi kandungan nutrisi seperti vitamin A, C, D, B6, B12, kalsium, fosfor, magnesium, selenium, dan zat besi yang semuanya sangat berperan penting untuk menjaga kesehatan tubuh. 

Tapi selentingan di luar tersiar kabar bahwa proses pembuatan chicken nugget ini melanggar aturan dinas kesehatan (AmerikaSerikat). Lalu apa yang menjadikannya bermasalah? Berikut beberapa fakta yang terungkap.

Loading...

1. Ayam yang dipakai untuk McNugget.

Chicken nugget yang pertama kali diperkenalkan oleh jaringan resto Mc Donald’s, menggunakan merek McNugget pada tahun 1980-an. Semua yang menyantapnya hanya mengetahui kudapan itu terbuat dari daging putih.

Setiap gigitannya terasa juicy dengan daging berwarna cerah. Tapi tahukah kamu rahasia di balik warna tersebut? Sebuah sumber menyebutkan bahwa McNuggets original itu terbuat dari ayam yang umurnya sudah tua dan sudah sengaja dipilih yang tidak bisa lagi bertelur. Tentunya para peternak ayam menyuplai ayam seperti ini untuk Mc Donald’s dengan senang hati daripada membuang ayam tuanya.

2. Dibuat dari semua bagian ayam yang bisa digiling.

Dikenal lezat, ketahui kandungan tambahan di balik chicken nuggets

Sekitar tahun 2003, Mc Donald mulai menggunakan ayam berumur muda, dan McNugget menjadi satu-satunya yang masih menggunakan daging putih. Tetapi sebenarnya tidak ada yang berubah banyak dari cara pengolahannya. Walaupun menggunakan ayam muda, daging ayam segar itu diolah dengan cara digiling hingga menyerupai bubur agar mudah dibentuk seperti yang kita kenal saat ini. Tapi jangan bayangkan hanya dagingnya saja yang digiling karena paruhnya pun termasuk.

3. Bumbu campurannya.

Penelitian yang dilakukan The American Journal of Medicine menyatakan, hanya setengah saja kandungan daging ayam yang ada dari sepotong chicken nugget. Disebutkan juga bahwa chicken nugget menggunakan campuran dari 40 bahan lain selain daging ayam.

Sebagian bahan campuran itu bisa kamu temui di toko makanan sepeti paprika, tepung jagung, minyak, dan baking soda. Tapi beberapa bahan tidak akan kamu temukan di lemari dapur. Ini merupakan rahasia pabrik.

 

Dikenal lezat, ketahui kandungan tambahan di balik chicken nuggets

4. Adanya bahan kimia yang tidak terduga.

Selain lemak dan rempah-rempah, chicken nugget mengandung bahan-bahan yang tidak akn pernah kamu bayangkan. Beberapa bahan memang bagian dari hewan tersebut yang digiling halus menjadi bubur daging. Tapi tidak hanya itu, pada bagian bumbu dan ramuan campurannya juga ditemukan bahan yang tidak terduga, dan bahan tersebut biasanya hanya ditemukan di laboratorium kimia. Di antaranya monocalcium fosfat, dextrose, dan hidrogenasi minyak kedelai semua dimasukkan untuk membuat chicken nuggets. Bahan-bahan itu juga sebenarnya bisa ditemukan dalam kandungan minuman soda atau sebungkus keripik kentang.

 Sodium Fosfat.

Dikenal lezat, ketahui kandungan tambahan di balik chicken nuggets

Nama zat ini juga umum dipakai oleh 20 jenis bahan kimia. Menurut New York Academy of Science, penggunaan fosfat populer dalam indsustri makanan karena berfungsi mirip ragi untuk mengembangkan makanan dan membantu mengontrol tingkat keasaman makanan. Selain itu juga bisa digunakan untuk pengobatan sembelit. Kabar buruknya, menurut US National Library of Medicine, zat kimia ini dalam jumlah besar akan berbahaya karena dapat merusak ginjal hingga menyebabkan kematian.

Karet Xanthin.

Kegunaan dari karet Xanthin ini sebagai agen untuk menebalkan dan emulsi pada bahan olahan makanan. Tapi bahan ini juga sering digunakan di industri pengeboran minyak sebagai pelumas. Karet Xanthin digunakan dalam makanan dalam jumlah kecil, 0,1 persen dari seluruh bahan makanan. Tapi menurut FDA, bahan ini dalam jumlah besar bisa meyebabkan perut kembung, diare, dan infeksi perut.

Dimethylpolysiloxane.

Meskipun hanya ditemukan sedikit saja, zat ini mungkin penggunannya paling tidak direkomendasikan. Menurut para ahli, zat ini digunakan untuk membasmi kutu rambut. Mengutip dari Ullmann's Encyclopedia of Industrial Chemistry, zat ini paling sering dipergunakan sebagai agen anti-busa pada deterjen.

Jadi jangan cuma asal makan, pertimbangkan juga bahwa kandungan gizi dalam sebuah chicken nugget itu tidak semuanya bahan alami.

Source

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Pilih Reaksi Kamu


Tags

chicken nugget naget ayam mc nuggets processed food mc donald's
Loading...
Creator Banner

YUK GABUNG SEKARANG UNTUK DAPETIN
UANG TUNAI DARI HASIL KARYAMU!

Learn More Sign In
Tulis Komentar

RECOMMENDED VIDEO

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

ON FIRE

MORE
Back To Top