×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Home >> Creator
Kartika Kurniasari

07 Juni 2021 09:46

Digital marketing: Cara tepat meningkatkan penjualan di era pandemi

Penjualan di era pandemi pun dapat meningkat melalui penggunaan digital marketing pada usaha kuliner..

Digital marketing: Cara tepat meningkatkan penjualan di era pandemi

0



Adanya pandemi Covid-19 di Indonesia telah memberikan perubahan yang besar, terutama dalam hal berbisnis. Di mana dalam menjalankan bisnis atau sebagai wirausaha tentunya membutuhkan kepekaan terhadap setiap perubahan dan kondisi yang ada agar usaha yang dijalankan tetap mampu bertahan.

Inovasi dan kreativitas juga sangat diperlukan untuk terus dapat memperbaiki semua aspek, seperti aspek produksi, aspek promosi, dan aspek pemasaran. Dan untuk saat ini semua para pelaku usaha mulai berinovasi dalam aspek pemasarannya mengingat adanya pemberlakuan social distancing akibat Covid-19. Kini para pelaku usaha sudah mulai beralih melakukan pemasaran dari konvensional ke pemasaran online atau yang kerap disebut digital marketing. 

Seperti yang dilakukan oleh salah satu usaha kuliner pempek di Banguntapan, Bantul, Yogyakarta yang bernama "Pempek FIDA". Pempek merupakan salah satu makanan khas Palembang yang terbuat dari ikan tengiri dan dicampur dengan tepung kanji.

Usaha pempek ini dirintis oleh Nanik Sudiarti kelahiran Palembang, Sumatra Selatan, pada tahun 2016, di mana pada saat itu ia hanya berjualan di pondok pesantren Piyungan, Bantul hingga berjualan saat ada acara bazar dan Sunmor UGM. Namun sejak pandemi ia sudah tidak dapat lagi berjualan secara offline karena tempat umum sempat ditutup akibat adanya anjuran social distancing.

Dari situ ia mulai memanfaatkan digital marketing untuk dapat terus berjualan dan memasarkan produknya. Mengingat saat ini teknologi berkembang sangat pesat dan para pengguna media sosial pun sekarang semakin meningkat.

Loading...

Ia mulai mempromosikan usaha pempek ini dengan memanfaatkan akun media sosial seperti WhatsApp, Instagram, Facebook, hingga jasa layanan antar makanan seperti Go-Food. Melalui penggunaan digital marketing untuk promosi, kini usahanya mampu menghasilkan penjualan paling banyak selama pandemi. 

Berkat adanya digital marketing ini pula usaha yang ia rintis berhasil meraih piagam penghargaan sebagai peserta Si Bakul Markethub dengan penjualan terbanyak 2020 yang diselenggarakan oleh Dinas Koperasi dan UKM Daerah Istimewa Yogyakarta pada 11 Desember 2020. Di mana hal ini menjadi salah satu bukti berpengaruhnya pemasaran digital terhadap meningkatnya volume penjualan di tengah masa pandemi sepanjang tahun 2020 hingga sekarang.

Dari usaha ini kita dapat belajar bahwa dalam situasi apa pun seorang wirausaha harus dapat beradaptasi serta mampu berinovasi agar usaha yang dirintis tetap mampu bertahan dan bersaing.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Pilih Reaksi Kamu


Tags

pandemi covid-19 digital marketing peningkatan penjualan
Loading...
Creator Banner

Gak perlu khawatir, tulisan kamu bisa tetap
TERBACA DAN TRENDING di Brilio.net

Learn More Sign In
Tulis Komentar

RECOMMENDED VIDEO

Astro-Lo-Gue Ep. 7 - Patah Hati Zodiak Libra, Scorpio, Sagitarius, Capricorn, Aquarius & Pisces! Buat Sobat Brilio yang menunggu-nunggu, Astro-Lo-Gue balik lagi nih! Masih bareng Aby Respati yang bakalan ngelanjutin penjelasan mengenai hal-hal apa ...

ON FIRE

MORE
Back To Top