×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Home >> Creator
Andi Adianto

18 Juni 2019 11:37

Dibuat untuk kebaikan, 5 mitos Jawa ini ternyata masuk akal

Mitos yang tumbuh dan berkembang di Jawa, terutama di pedesaan yang masih sarat akan tradisi, masih ditakuti bahkan pantang dilakukan..

Dibuat untuk kebaikan, 5 mitos Jawa ini ternyata masuk akal

0



Masyarakat Indonesia memang sangat kaya akan budaya dan tradisi, terutama di Pulau Jawa. Bukan hanya budaya dan tradisi, tetapi masyarakat Jawa masih pecaya akan mitos yang telah ada sejak dahulu. Mitos-mitos tersebut memang sangat dekat dengan kehidupan sehari-hari dan sering diucapkan nenek kita saat kita melanggar mitos tersebut.

Mitos-mitos yang disebar dan sering diucapkan nenek kakek kita bertujuan untuk hal yang baik dan tidak menyesatkan. Lantas apa apa saja sih mitos-mitos itu? Dihimpun penulis dari berbagai sumber (15/6), berikut mitos-mitos yang ternyata masuk akal.

1. Kalau nyapu tidak bersih, suaminya akan brewokan.

Dibuat untuk kebaikan, 5 mitos Jawa ini ternyata masuk akal

Dikutip dari laman wowasiknya.com (9/3/2018), orang-orang zaman dahulu, khusunya perempuan, menyukai pria yang tidak brewokan. Brewok pada masa lalu melambangkan hal-hal yang kurang bersih dan terkesan jorok. Maka dari itu, mitos ini dibuat untuk menaku-nakuti prempuan agar menyapu dengan sungguh-sungguh dan tak ada kotoran atau debu yang tersisa.

Loading...

 

2. Duduk di atas bantal nanti bisulan.

Dibuat untuk kebaikan, 5 mitos Jawa ini ternyata masuk akal

Dikutip dari laman phinemo.com (2/9/2018), mitos ini berkembang guna mengembalikan fungsi barang ke fungsi yang sesungguhnya. Bantal mulanya digunakan di kepala, bukan untuk bagian tubuh yang lain, terutama bukan untuk bokong. Kalau bantal diduduki, hal itu dianggap melanggar asas kesopanan karena bantal sejatinya digunakan di kepala, bukan bokong.

 

3. Bersiul di malam hari berarti memanggil setan.

Dibuat untuk kebaikan, 5 mitos Jawa ini ternyata masuk akal

Orang pada dasarnya memang takut terhadap setan. Karenanya, mitos ini dibuat agar orang tak bersiul di malam hari. Apalagi di desa yang suasananya notabene cukup sepi, sehingga kalau bersiul di malam hari akan mengganggu istirahat seseorang.

 

4. Keluar saat Magrib bisa diculik wewe gombel.

Dibuat untuk kebaikan, 5 mitos Jawa ini ternyata masuk akal

Dikutip dari laman kompasiana.com (28/6/2018), mitos pada zaman dahulu bahwa anak-anak wajib pulang sebelum Magrib tiba. Kalau tidak, anak-anak akan diculik oleh wewe gombel. Mitos ini dibuat agar anak-anak tak keluar saat Magrib tiba. Sebab, Magrib merupakan waktu untuk ibadah, istirahat, hingga berkumpul dengan keluarga.

 

5. Makan sambil tiduran bisa jadi ular.

Dibuat untuk kebaikan, 5 mitos Jawa ini ternyata masuk akal

Orang zaman dahulu percaya kalau makan sambil tiduran bisa jadi ular. Alasan logisnya tentu tak baik kalau makan sambil tiduran. Selain sulit untuk memasukkan makanan ke mulut, juga tak baik untuk pencernaan. Selain itu, tak sopan kalau makan sambil tiduran.

Jadi, kamu nggak perlu takut sama mitos-mitos tersebut. Mitos tersebut dibuat untuk kebaikan kalian sendiri.

Source

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Pilih Reaksi Kamu


Tags

mitos jawa #mitosturuntemurun mitos keperawanan mitos supermoon #mitosgula
Loading...
Creator Banner

YUK GABUNG SEKARANG UNTUK DAPETIN
UANG TUNAI DARI HASIL KARYAMU!

Learn More Sign In
Tulis Komentar

RECOMMENDED VIDEO

Astro-Lo-Gue Ep. 7 - Patah Hati Zodiak Libra, Scorpio, Sagitarius, Capricorn, Aquarius & Pisces! Buat Sobat Brilio yang menunggu-nunggu, Astro-Lo-Gue balik lagi nih! Masih bareng Aby Respati yang bakalan ngelanjutin penjelasan mengenai hal-hal apa ...

ON FIRE

MORE
Back To Top