Siapa sih yang ga tahu bulan terakhir atau bulan penutup tiap tahunnya ini. Ya betul, bulan Desember. Kalian tahu gak sih, ternyata banyak banget loh hal menarik yang bisa kita telusuri dari bulan Desember itu sendiri.Bulan ke-12 dari sistem penanggalan Julian dan Gregorian ini menyimpan begitu banyak fakta unik dan menarik. Di sini akan dijabarkan beberapa hal menarik mengenai bulan Desember yang dikutip dari beberapa sumber, check it out!

1. Bulan Desember awalnya ternyata bukan bulan ke-12.

Desember, bulan penutup tahun yang punya banyak hal menarik

Yap, benar sekali. Di awal perumusan sistem kalender, bangsa Romawi hanya membuat 10 hitungan bulan saja loh. Ke-10 bulan itu antara lain,Martius (31 hari),Aprilis (30 hari),Maius (31 hari),Junius (30 hari),Quintilis (31 hari),Sextilis (30 hari),Septalis (31 hari),Octolis (31 hari),Novelis (30 hari),Decemberis (31 hari).

Perhitungan awal tahun pada saat itu ternyata dimulai pada bulan Martius atau Maret seperti yang kita kenal sekarang ini.Dari bahasa latin sendiri, Decem artinya sepuluh. So, ternyata di awal pembentukan perhitungan kalender, bulan Desember ternyata bukan bulan ke-12, melainkan bulan ke-10.

2. Simbol-simbol terkait bulan Desember.

Seperti bulan-bulan yang lain, bulan Desember juga memiliki simbol yang mewakili bulan tersebut. Tidak hanya 1 simbol saja, ternyata bulan Desember memiliki beberapa simbol yang memiliki maksud atau maknanya sendiri-sendiri loh. Apa aja ya? Yuk disimak.

Simbol air.

Desember, bulan penutup tahun yang punya banyak hal menarik

Seperti dikutip dari The Minds Journal, orang yang lahir di bulan Desember adalah orang yang memiliki sifat seperti air, bisa mengubah sifat mereka menyesuaikan situasi dan kondisi. Ia bisa menjadi seorang yang tenang seperti air di danau, atau bahkan meluapkan amarahnya seperti gelombang besar di lautan. Tapi, kalian yang terlahir di bulan ini juga biasanya adalah orang yang paling memahami diri atau kemauannya sendiri.

Simbol Bunga Kastuba.

Desember, bulan penutup tahun yang punya banyak hal menarik

Bunga Kastuba (Euphorbia pulcherrima) atau Poinsettia dalam sebutan internasionalnya ini berasal dari Negara Meksiko. Karena identik dengan warna merah menyala dan bertepatan dengan bulan Desember, bunga ini juga sering disebut dengan julukan Bunga Natal. Hal ini tidak terlepas dari perayaan Hari Natal yang jatuh pada tanggal 25 Desember tiap tahunnya.

Pas banget kan, ketika menjelang perayaan Natal pun kita pastinya bakal sering nemuin ornamen-ornamen atau bunga yang berwarna merah sebelum dan sesudah perayaan itu berlangsung.

Bunga Kastuba ini pun memiliki makna tersendiri bagi mereka yang terlahir pada bulan Desember, antara lain melambangkan kesucian, kebahagiaan, kesuksesan, harapan dan perayaan. Wah, ternyata dalam banget ya makna dari bunga Kastuba ini.

Simbol Batu Turqouise dan Tanzanite.

Desember, bulan penutup tahun yang punya banyak hal menarik

Simbol batu untuk mereka yang lahir di bulan Desember adalah batu Turqouise atau Pirus dan Tanzanite.Batu Turqouise adalah batu semi-mulia yang memiliki ciri khas berwarna biru dan hijau. Batu ini melambangkan keberhasilan dan cinta, juga dipercaya membawa keberuntungan dan membuat pemilik batu tersebut bahagia. Katanya sih, kalau seseorang memberikan batu ini ke pasangannya, itu menandakan kalau dia cinta banget sama si doi.

Sedangkan batu Tanzanite adalah batu permata yang memiliki warna biru keungu-unguan. Batu Tanzanite berasal dari perbukitan Northern, Tanzania. Uniknya, batu ini tidak ditemukan di bagian bumi lainnya, jadi batu Tanzanite ini terkesan sangat eksklusif banget bagi yang memilikinya.

Batu ini sangat cocok untuk dicarikan perhiasan seperti cincin, mata kalung, dan perhiasan lainnya. Meski begitu, batu ini cukup ringkih dan perlu kehati-hatian dalam proses perawatannya.

3. Bulannya pemilik zodiak Sagitarius dan Capricorn.

Desember, bulan penutup tahun yang punya banyak hal menarik

Bagi kalian yang terlahir di bulan Desember, pastinya kalian akan memiliki zodiak Sagitarius atau Capricorn.Periode zodiak Sagitarius dimulai dari tanggal 23 November-20 Desember, sedangkan zodiak Capricorn dimulai dari tanggal 21 Desember-21 Januari.

Zodiak Sagitarius dilambangkan dengan gambar manusia berbadan kuda sambil menarik busur panah. Orang yang memiliki zodiak ini biasanya memiliki minat belajar yang besar, optimistis, religius, memiliki sifat yang menyenangkan, bijaksana, dan gemar mengeksplorasi ide-ide.

Tapi di balik itu, pemilik zodiak ini juga memiliki sifat yang terkadang merugikan dirinya sendiri maupun orang lain. Semisal suka lalai, suka melanggar hukum, tidak bertanggung jawab dan juga tidak jujur. Hmm kalo yang jelek-jeleknya kalau bisa jangan dilakuin ya.

Desember, bulan penutup tahun yang punya banyak hal menarik

Sedangkan bagi pemilik zodiak Capricorn, mereka biasanya adalah orang yang mengutamakan kesuksesan, memiliki loyalitas tinggi, bersikap bijaksana, dan bertanggung jawab. Tapi sifat negatif pemilik zodiak yang dilambangkan dengan simbol kambing ini juga ada nih, antara lain suka tergesa-gesa, kurang memiliki simpati terhadap sekitar, memiliki kekhawatiran yang berlebihan dan dalam beberapa kesempatan terlalu memandang pesimis terhadap suatu hal.

Nah, itu dia beberapa hal menarik yang berkaitan dengan bulan Desember. Semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan kita semua ya.(agz)