Apa sih MOBA itu gengs? MOBA itu adalah singkatan dari Multiplayer Online Battle Arena. Game yang lagi hits ini biasanya dimainin oleh 10 atau 6 orang yang berarti 5v5 atau 3v3 (terkadang ada yang ingin membuktikan kemampuannya di 1v1).

Nah kali ini akan dibahas moba versi mobile yang biasa kalian mainin seperti Arena of Valor, Heroes Evolved, Mobile Legends dan Vainglory. Itu adalah 4 game MOBA yang paling menguasai pasar menurut gue hehe. Masing-masing game tersebut juga punya keunikannya tersendiri, dari gameplay, user interface, grafik atau hero.

Contohnya, Arena of Valor yg gencar bgt ngepromosiin gamenya bareng sama hero khasnya yaitu Batman, sama kaya Arena of Valor, Mobile Legends juga kenceng banget ngepromosiin gamenya dengan hero yang berasal dari Indonesia yaitu Gatot Kaca. Beda dengan Heroes Evolved sama Vainglory yang mempunyai ciri khas di masing-masing gameplaynya.

Nah meskipun game-game tersebut punya gameplay, user interface, grafik dan hero yang berbeda-beda dasar-dasarnya ga jauh beda kok gengs.

1.Pemilihan Hero

Pemilihan hero sebelum maen itu penting banget loh gengs. Kalian mesti tau role, keunikan, kelebihan serta kelemahan hero yang mau kalian pakai karena setiap hero itu berbeda-beda. Nah setelah kita tau heronya kita kembangin lagi gengs, apakah hero yang kalian pake itu sesuai dengan yang teman kalian pakai? Kan ga mungkin kalian main satu tim yang isinya tank semua, yang ada musuhnya ga mati-mati karna ga ada yang bisa ngehasilin damage besar gengs wkwkwk.

2. Pemilihan Item

Item itu salah satu hal yang paling penting di game MOBA gengs. Usahain item yang kalian beli ketika main itu sesuai dengan hero yang kalian pakai. Salah milih item nanti susah lagi nyari duitnya, masa carry itemnya tank? Gada rasanya dong wkwkwk.

3. Role

Nah di setiap game role itu biasanya punya 3 main role. Tank, Carry sama Jungler. Dari 3 role tersebut carry dan jungler adalah 2 role yang wajib diisi. Carry bertugas sebagai damage dealer. Biasanya hero carry adalah hero-hero dengan damage-damage besar seperti archer, mage, dsb. Jungler bertugas sebagai ganker yang berarti dia adalah musuh utama dari carry.

Dalam beberapa game jungler mempunyai role-role yang berbeda. Seperti misalnya Vainglory, jungler disini dapat menjadi warrior yang berarti mereka dapat menjadi semi-tank sehingga dapat bertahan meskipun terpojok dalam kondisi 2 atau bahkan 3 lawan satu.

4. Mapping

Di setiap game MOBA kalian pasti melihat map kecil entah itu posisinya dipojok kanan atas ataupun pojok kiri atas. Dari situlah kalian dapat mengetahui posisi teman satu team ataupun musuh. Dalam setiap game-game tersebut pasti terdapat semak-semak untuk bersembunyi yang dapat membuat kalian tidak terlihat dalam mini map.

Namun tidak seperti Vainglory ataupun Heroes Evolved yang memiliki item untuk melihat keberadaan musuh, Mobile Legends serta Arena of Valor harus mencari sendiri dimana posisi musuh tersebut. Jadi bagi para pengguna hero tipis sangat dilarang memasuki semak-semak tersebut sendiri. Kita tak tahu apa yang ada dibalik rumput bergoyang tersebut wkwkwk.

5. Mekanik Bermain

Mekanik disini bukan kang bengkel ya wkwkwk. Mekanik itu adalah gaya bermain. Masi bingung pasti ya? Saya kasih contoh. Misalnya kalian menggunakan carry dengan tipe hero range, mekaniknya kalian harus melawan musuh dengan tetap menjaga jarak dengan hero musuh tersebut.

Terlebih lagi hero musuh tersebut mempunyai skill charge atau skil yang bisa nyamperin plus ngehabisin kalian dengan cepat. Jika menggunakan hero tersebut artinya kalian harus memposisikan diri kalian ditempat dimana kalian bisa memberikan damage kepada musuh sembari menjaga jarak dengan hero-hero musuh.

6. Positioning

Nah ini yang paling dasar dan penting banget dalam bermain game MOBA nih gengs. Positioning itu bagaimana cara kalian memposisikan diri kalian dalam situasi apapun. Positioning yang bagus tidak hanya berlaku pada hero-hero tipe carry dan jarak jauh gengs, itu berlaku ke semua role termasuk para tanker serta support.

Positioning juga berlaku kapanpun gengs. Kalian harus selalu dalam posisi dimana kalian bisa kabur atau membantu teman jika sewaktu-waktu kalian terkena gank ataupun teman kalian yang sedang digank oleh musuh.

Nah itu adalah beberapa tips-tips bagi kalian para pemain game-game MOBA versi HP atau tablet. Moga-moga itu bisa ngenambah wawasan kalian jadi bisa ngenaikin ranking kalian lebih tinggi lagi. Cheers! xD