×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Home >> Creator
Fiky Nur Fadli

29 Juli 2018 14:29

Tak hanya mengasyikkan, bersepeda juga punya 6 manfaat sehat

Karena untuk menjadi sehat gak harus mahal..

Tak hanya mengasyikkan, bersepeda juga punya 6 manfaat sehat

0



Berbagai macam olahraga yang murah namun memiliki segudang manfaat bisa kita nikmati, di antaranya seperti jogging, berenang, bersepeda, dan lain sebagainya. Kali ini saya akan memaparkan bagaimana manfaat bersepeda bagi tubuh, karena olahraga ini tak perlu modal yang menguras kantong. Cukup dengan sebuah sepeda dan niat secara konsisten, kamu bisa mendapatkan hasil yang maksimal.

Bersepeda adalah sebuah kegiatan yang dilakukan dengan menaiki sepeda. Kegiatan ini sangat digemari di dunia barat sebab masyarakat di sana sudah membudayakan bike to work karena mungkin kemacetan di sana lebih kecil daripada di sini dan juga udara yang tak begitu menyengat. Selain mengasyikkan, terdapat berbagai macam manfaat lain yang dapat diperoleh dari bersepeda seperti berikut ini. 

1. Menurunkan berat badan.

Bagi kamu yang ingin menurunkan berat badan atau mengendalikan berat badanmu ke berat proporsional. makan bersepeda dapat menjadi pilihan. Olahraga ini mampu membakar kalori dalam tubuhmu karena bersepeda dapat membantu kamu mengeluarkan energi lebih besar daripada asupan energi yang dikonsumsi. Menurut ahli, bersepeda setiap hari selama 30 menit dapat membakar kalori hampir 5 kilogram lebih dari setahun. Tentunya hal ini harus diimbangi dengan pola hidup yang sehat dan benar.

2. Mengurangi risiko penyakit kardiovaskular.

Loading...

Bersepeda secara rutin akan mengurangi risiko penyakit seperti penyakit jantung, paru-paru, sirkulasi darah dan kardiovaskular. Bersepeda dapat memperkuat otot jantung dan mengurangi lemak di darah. Oleh karena itulah kita sering merasakan jantung berdegup kencang ketika bersepeda dan terasa ringan sesudahnya. Hal ini sejalan dengan studi yang dilakukan di Denmark bahwa orang yang bersepeda secara rutin akan terpelihara kesehatan jantungnya di masa tua.

3. Mengurangi risiko penyakit kanker.

Sebuah studi yang diterbitkan dalam sebuah Journal Of American Medical Association, orang yang memiliki tubuh bugar bahkan di usia senja, punya risiko terkena kanker paru-paru dan koloretal yang lebih rendah dibandingkan yang lainnya. Semua itu bisa didapatkan dengan berolahraga bersepeda secara rutin dan menjaga pola hidup yang sehat. Studi lain juga menunjukkan bahwa bersepeda secara rutin mampu mengurangi risiko orang terkena penyakit kanker usus dan payudara.

4. Mengurangi risiko diabetes.

Penyakit diabetes sering menjadi momok yang menakutkan bagi orang-orang karena jika sudah terkena penyakit ini, hidup sudah tak nikmat lagi karena berbagai makanan yang mengandung gula pantang untuk dikonsumsi. Dilansir data WHO, penderita penyakit diabetes mellitus tipe 2 akan meningkat menjadi 21,3 juta jiwa pada 2030 secara signifikan. Kurangnya aktivitas fisik menjadi salah satu penyebab penyakit gula ini. Bersepeda mampu mengurangi risiko terkena diabetes karena olahraga ini membuat tubuh kita harus bergerak terus-menerus. Menurut studi di Finlandia, bersepeda selama 30 menit dapat mengurangi risiko terkena penyakit diabetes.

5. Meningkatkan keseimbangan, kekuatan, dan koordinasi otot tubuh.

Gerakan bersepeda yang mengharuskan tubuh bergerak dapat melatih tubuh untuk meningkatkan keseimbangan, kekuatan, dan koordinasi otot tubuh dan bersepeda mampu mengurangi risiko patah tulang ketika jatuh. Meskipun tidak bisa membantu secara spesifik mengurangi penyaki osteoporosis karena olahraga ini termasuk olahraga ringan untuk melatih sendi, tetapi menurut penelitian, pasien yang terkena osteoporosis akan membaik ketika melakukan olahraga bersepeda secara terus-menerus.

6. Menghilangkan stress.

Berbagai cara untuk menghilangkan stress sangat bervariasi, ada yang mempunyai cara merawat burung kicauan untuk penghilang stress, berenang, dan lain sebagainya. Bersepeda juga dapat menghilangkan stress karena setelah bersepeda, tubuh kita pasti akan merasakan rileks dan tenang.

Olahraga apapun, termasuk bersepeda, dapat mengurangi stress dan depresi pada seseorang. Namun semua itu akan sia-sia jika tidak dilakukan secara rutin dan mempunyai pola hidup sehat dan benar, seperti berpikir positif, meningkatkan sisi religius masing-masing, dan selalu tersenyum. Mari bersepeda!

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Pilih Reaksi Kamu


Tags

Loading...
Creator Banner

YUK GABUNG SEKARANG UNTUK DAPETIN
UANG TUNAI DARI HASIL KARYAMU!

Learn More Sign In
Tulis Komentar

RECOMMENDED VIDEO

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

ON FIRE

MORE
Back To Top