×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Home >> Creator
Ni Putu Putri Muliantari

26 Januari 2021 17:40

Daftar istilah dalam Twitter yang wajib kamu ketahui

Pengguna Twitter baru wajib untuk mengetahui kata dan beberapa istilah serta fitur lain dalam Twitter..

Daftar istilah dalam Twitter yang wajib kamu ketahui

0



Foto: Tracy Le Blanc from Pexels

“Mutualan yuk”

Kamu mungkin sering mendengar atau membaca kata di atas, khususnya di media sosial. Untuk pengguna Twitter baru sepertinya wajib untuk mengetahui kata ini dan beberapa istilah serta fitur lainnya. Untuk kamu yang penasaran bisa sekaligus menyimak istilah-istilah di bawah ini karena keseruan Twitter sudah mulai merambah ke platform lain dan kemungkinan kamu akan menjumpai kata-kata ini.

cr pinterest

Mutualan.

Memiliki arti saling follow, Twitter menjadi salah satu dunia maya yang menyenangkan ketika kamu punya teman baru di sana. Istilah ini kadang memiliki arti lebih dari sekadar follow, bahkan sampai berkenalan dan saling berinteraksi di Twitter. Selain Twitter, Instagram juga mengenal istilah mutual ketika akun satu dan lainnya saling follow.

Loading...

Follow, unfollow, follower, following.

Istilah ini mungkin tidak asing, follow berarti mengikuti. Unfollow berarti berhenti mengikuti sebuah akun, follower berarti pengikutmu di Twitter, dan following berarti mereka yang akunnya kamu follow.

Ketika kamu mengikuti sebuah akun maka setiap tweet yang dibuat oleh akun tersebut akan otomatis muncul di timeline kamu. Begitu pula sebaliknya, ketika kamu memutuskan untuk unfollow akun yang sebelumnya kamu follow maka tweet pribadinya tidak akan muncul lagi di timeline kamu.

Tweet.

Dalam media sosial lain lebih dikenal dengan istilah status. Dalam Twitter, ini merujuk pada kicauan berupa kalimat atau gambar yang di-posting pengguna dengan kapasitas karakter yang sudah ditentukan. Tweet ini akan muncul di timeline pengikutnya dan dapat ditanggapi oleh pengguna lain.

Timeline.

Biasa disingkat TL atau sebenarnya beranda. Akun yang mengunggah sesuatu akan muncul di TL pengikutnya. Beranda ini terletak pada halaman muka aplikasi Twitter kamu.

Retweet dan quote tweet.

Timeline tidak hanya memunculkan tweet dari akun yang kamu ikuti. Ketika mutual/following kamu mengambil tindakan retweet atau quote tweet maka unggahan tersebut akan muncul juga di timeline kamu. Tombol retweet atau RT teletak di bawah tiap tweet, bersanding dengan reply dan like. Quote tweet atau qrt serupa dengan retweet, tetapi fitur ini dapat menambah komentar terhadap tweet tadi.

Reply.

Reply adalah fitur untuk membalas tweet seseorang dan balasanmu akan muncul di bawah tweet tersebut juga dapat dibaca pengguna Twitter lainnya.

Tweeps dan jenisnya.

"Hi tweeps!" Pernah mendengar kata itu? Yap, tweeps adalah sebutan untuk warga Twitter. Warga Twitter terdiri dari beragam jenis akun. Beberapa di antaranya akun PA (personal account) adalah akun pribadi seseorang yang umum digunakan. Akun Alter, diambil dari kata alter ego atau biasanya pengguna alter menggunakan akunnya untuk memperlihatkan sisi lain dari dirinya yang tak diketahui orang. RP (role player) adalah akun yang dibuat menyerupai orang lain atau seolah-olah menjadi orang tersebut bukan dirinya sendiri. Buzzer adalah akun yang dibayar atau digunakan untuk mengangkat sebuah topik agar menjadi ramai.

Selebtwit.

Tidak kalah dengan platform lain, di Twitter juga terdapat selebritas yang biasanya ditandai dengan mereka yang akunnya terverifikasi (centang biru) atau memiliki banyak pengikut yang biasanya menghiasi timeline Twitter.

Thread.

Istilah lainnya adalah utas. Terdiri dari kumpulan tweet dalam satu urutan, biasanya dibuat untuk memberikan informasi yang panjang dan tidak dapat dimuat dalam 1 kali unggahan tweet karena keterbatasan karakter.

Fleet.

Ini adalah fitur terbaru yang dikeluarkan Twitter. Fungsinya seperti instastory dan whatsapp story, yaitu dibagikan selama 24 jam dan terletak di bagian atas timeline Twitter.

Base.

Base adalah sebuah akun yang menyajikan unggahan sesuai dengan karakteristik akun tersebut. Biasanya pengikut base adalah mereka dengan hobi atau kesukaan yang sama. Di balik sebuah akun base terdapat admin yang mengendalikan akun tersebut.

Bot.

Akun bot dikendalikan oleh komputer, atau lebih jelasnya akun ini memiliki keunggulan yang tidak perlu dikendalikan oleh manusia. Hampir mirip dengan base, akun bot memungkinkan untuk mengumpulkan orang-orang dengan keperluan yang sama.

Menfess.

Menfess adalah Mention Confess, pesan rahasia yang dikirimkan oleh anonim untuk disampaikan melalui base atau bot otomatis.

Mention.

Fitur ini digunakan dengan cara kamu menandai suatu akun dalam tweet kamu maka otomatis pesan itu akan masuk di mention tab akun tersebut.

Trending topic.

Sering kali kita mendengar kata ini. Trending topic akan muncul pada laman search Twitter kamu. Trending topic dapat berupa kata atau hastag yang ramai diperbincangkan baik dalam negeri maupun dunia.

Hashtag.

Ditandai dengan # dan dilanjutkan dengan kata yang ingin disampaikan. Ketika hashtag ini ramai diperbincangkan maka memungkinkan untuk masuk trending topic.

Ava dan bio.

Fitur ini terletak di profile setiap akun. Ava mendandakan foto profil dan bio serupa status pada profil kamu untuk memperkenalkan siapa kamu.

Direct Message.

DM atau pesan langsung sebagai pesan rahasia yang dapat kamu kirimkan kepada suatu akun tanpa diketahui publik.

Bookmark.

Twitter memberikan fitur ini untuk memudahkan penggunanya menyimpan tweet yang sekiranya penting dan akan dibaca kembali.

Private.

Ketika kamu memutuskan untuk private akun Twitter maka tidak akan ada yang dapat membaca tweet kamu ataupun mengirim DM kecuali follower kamu.

Istilah lain yang sering muncul:

CMIIW: Correct Me If I’m Wrong atau koreksi saya jika saya salah.

Give Away: lebih sering disingkat GA. Pengguna Twitter terkadang memngadakan give away yang ditujukan kepada pengguna Twitter lain yang mampu memenuhi syarat.

IDK: I Don’t Know atau saya tidak mengerti.

IMO: In My Opinion atau menurut pendapat saya.

JBJB: Join bareng atau biasanya ditunjukkan untuk mereka yang saling berinteraksi dalam sebuah topik.

Jfb: Janji followback.

OOT: Out Of Topic atau di luar topik yang sedang dibahas.

PAP: Post a Picture ketika kamu diminta mengunggah foto.

Polling: Istilah ini ada di dalam fitur tweet. Digunakan ketika kamu membutuhkan bantuan orang lain untuk memilih sesuatu.

RL: Real Life atau kehidupan nyata.

SMH: Shaking My Head atau geleng-geleng kepala.

SJW: Sosial Justice Warrior atau pejuang keadilan sosial ditunjukkan untuk mereka yang memperjuangkan keadilan di Twitter. Istilah ini kini kerap dijadikan bahan untuk menyebut sesorang yang aktif dalam membahas sebuah topik, bahkan dijadikan sebutan negatif.

Spam: Biasa ditujukan kepada akun atau tweet yang dianggap mengganggu pengguna Twitter lainnya.

Tbh: To Be Honest atau sejujurnya.

Template: biasanya merupakan kalimat yang sama yang digunakan berkali-kali untuk berkomentar.

Yap, itulah beberapa istilah dan fitur yang terdapat dalam jagat Twitter. Belakangan banyak pengguna Twitter baru yang turut meramaikan platform yang sedang kembali naik daun ini. Tidak dapat dipungkiri, bahkan di sosial media lain Twitter sering diperbincangkan sebagai wadah berkicau terbaik. Jika ada istilah yang kurang silakan tambahkan di kolom komentar.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Pilih Reaksi Kamu


Tags

Loading...
Creator Banner

Gak perlu khawatir, tulisan kamu bisa tetap
TERBACA DAN TRENDING di Brilio.net

Learn More Sign In
Tulis Komentar

RECOMMENDED VIDEO

Astro-Lo-Gue Ep. 7 - Patah Hati Zodiak Libra, Scorpio, Sagitarius, Capricorn, Aquarius & Pisces! Buat Sobat Brilio yang menunggu-nunggu, Astro-Lo-Gue balik lagi nih! Masih bareng Aby Respati yang bakalan ngelanjutin penjelasan mengenai hal-hal apa ...

ON FIRE

MORE
Back To Top