×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Home >> Creator
Maulana Nurushobry

15 Februari 2020 10:45

Cukup tahan resesi dan krisis, 5 aset ini patut untuk dimiliki

Selalu ada peluang bagimu agar resesi yang terjadi tidak terlalu berimbas buruk dengan cara memiliki aset-aset ini..

Cukup tahan resesi dan krisis, 5 aset ini patut untuk dimiliki

0



Ramai diperbincangkan di kalangan pelaku usaha dan ekonomi mengenai perkembangan ekonomi dan keuangan global saat ini. Sejumlah pengamat memperkirakan akan terjadi resesi yang dimulai dari Amerika Serikat (AS) pada tahun 2020 yang konon ada kaitannya dengan trade-war antara AS dengan Tiongkok. Perkiraan sejumlah pengamat ekonomi tersebut tentu bukan kabar yang baik bagi perekonomian global.

Namun jika resesi yang diramalkan oleh pengamat dan para pelaku ekonomi tersebut terjadi kita, tak perlu khawatir karena selalu ada peluang bagimu agar resesi yang terjadi tidak terlalu berimbas buruk dengan cara memiliki aset-aset sebagai berikut.

1. Emas (logam mulia).

Ilustrasi Emas (Antam)

Sebuah fakta yang tak dapat dipungkiri bahwa salah satu komoditas logam mulia ini salah satu media investasi atau aset yang tahan banting terhadap inflasi dan deflasi. Maka dapat disimpulkan bahwa emas memiliki lindung nilai karena dianggap sebagai safe haven asset atau aset yang memiliki risiko rendah dan stabil.

Loading...

2. Dollar.

Ilustrasi Mata Uang Dollar

Ada sebuah ungkapan yang menyebutkan bahwa mata uang di dunia ini hanya dua, yaitu emas dan dollar. Hal tersebut memang tidak dapat disangkal karena dollar hingga saat ini masih menjadi mata uang yang stabil dan masih dijadikan salah satu komoditas mata uang utama dunia. Meskipun mata uang Yuan Tiongkok beberapa dekade terakhir ini sempat disejajarkan dengan dollar, namun pelemahan yang terjadi dalam kurun waktu 11 tahun terakhir menunjukkan bahwa dollar masih menjadi mata uang yang banyak diminati.

3. Obligasi negara.

Ilustrasi Obligasi Negara

Disebut juga dengan government bond, surat utang (obligasi) yang diterbitkan oleh negara dalam hal ini pemerintah dalam mata uang negara itu sendiri. Namun juga terkadang pemerintah menerbitkan dalam mata uang asing disebut dengan obligasi internasional (sovereign bond) dengan imbal hasil jatuh tempo (kupon). Saat ini negara sudah menyediakan obligasi ritel yang lebih terjangkau hanya dengan modal satu juta rupiah saja.

4. Saham defensif.

Ilustrasi Saham Indonesia (Gedung Bursa Efek Indonesia)

Pasar modal merupakan media investasi bagi masyarakat yang saat ini sangat terjangkau. Hanya dengan modal Rp100.00,- saja sudah bisa berinvestasi. Namun adanya kemudahan tersebut perlu diimbangi dengan pengetahuan dan pemahaman mengenai risiko yang mungkin terjadi.

Memilih saham yang defensif merupakan salah satu langkah aman agar aset yang kamu miliki stabil. Sebab saham dari emiten ini selalu menunjukkan kinerja perusahaan yang stabil dan positif sehingga pergerakan harga sahamnya cenderung stabil.

5. Aset tetap rumah dan tanah.

Ilustrasi Rumah & Tanah

Aset tetap merupakan salah satu aset yang perlu dimiliki, terutama rumah dan tanah. Sudah terbukti jika resesi terjadi dan perekonomian mulai lesu maka akan terjadi deflasi atau penurunan harga, termasuk rumah dan tanah. Namun saat perekonomian mulai pulih maka harga rumah dan tanah akan kembali naik.

Source

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Pilih Reaksi Kamu


Tags

krisis #ekonomi #keuangan keuangan investasi
Loading...
Creator Banner

YUK GABUNG SEKARANG UNTUK DAPETIN
UANG TUNAI DARI HASIL KARYAMU!

Learn More Sign In
Tulis Komentar

RECOMMENDED VIDEO

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

ON FIRE

MORE
Back To Top