Kanker kelenjar getah bening merupakan jenis kanker yang menyerang sistem limfatik, yang mana merupakan suatu bagian dari sistem kekebalan tubuh yang berfungsi untuk melawan infeksi pada tubuh. Namun, penyebab dari kanker kelenjar getah bening sendiri masih belum diketahui secara pasti. Meski begitu, ada beberapa faktor yang diduga dapat membuat risiko seseorang mengalami penyakit ini lebih tinggi.

Pada dasarnya, sistem limfatik memiliki peran yang sangat penting dalam melawan virus dan bakteri yang dapat menyebabkan tubuh mengalami infeksi. Sama halnya dengan organ-organ lain di dalam tubuh, sistem limfatik juga tak luput dari serangan penyakit. Salah satu penyakit yang dapat menyerang kelenjar getah bening adalah kanker, yang disebut dengan kanker kelenjar getah bening.

Umumnya, kanker kelenjar getah bening muncul akibat jumlah sel-sel di kelenjar getah bening bertambah dengan cepat dan tidak terkendali hingga menjadi ganas. Hal ini membuat sel pada getah bening menumpuk dan pada akhirnya menyebabkan kelenjar getah bening mengalami pembengkakan. Gejala utama limfoma adalah munculnya benjolan pada beberapa bagian tubuh, di antaranya adalah leher, ketiak, atau selangkangan.

Kanker kelenjar getah bening termasuk salah satu jenis kanker yang paling berbahaya dan mematikan. Maka dari itu, penting untuk mencegah terjadinya penyakit ini.

Berikut ini merupakan tips untuk mencegah kanker kelenjar getah bening dengan cara alami.

1.Mengonsumsi buah anggur.

Buah anggur kaya akan kandungan polifenol yang mana memiliki kekuatan antioksidan dan anti-inflamasi. Zat yang terdapat dalam buah anggur tersebut dapat membantu menghambat pertumbuhan kanker dan tumor pada kelenjar getah bening, payudara, hari, dan perut.

2.Mengonsumsi kunyit.

Rempah-rempah yang satu ini memang tidak diragukan lagi khasiatnya dalam memberantas sel kanker. Hal ini disebabkan karena zat kurkumin yang ada pada kunyit yang mampu bekerja mengatasi peradangan serta membantu tubuh mendeteksi serta menghancurkan sel-sel abnormal yang bermutasi.

3.Mengonsumsi sayuran hijau.

Sayuran memang merupakan asupan makanan yang sangat penting dan bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Dari sekian banyak jenis sayuran, sayuran hijau dikenal mampu mencegah munculnya kanker.

Sayuran hijau yang dinilai ampuh dalam mencegah tumbuhnya sel kanker adalah bayam dan kale. Pasalnya, kedua sayuran tersebut memiliki sifat antioksidan dan anti-inflamasi. Selain itu, zat karotenoid yang terdapat pada sayuran tersebut dapat membantu menghambat pertumbuhan sel kanker yang menempel di tubuh.