Brilio
×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Home >> Creator
ahmad dimisa

21 Oktober 2019 10:54

Cascara, sejuta manfaat dari kulit kopi yang terbuang

Meski cascara sudah menyebar ke seluruh dunia, masih banyak yang belum tahu mengenai manfaatnya..

Cascara, sejuta manfaat dari kulit kopi yang terbuang

0



Siapa nih yang sudah tahu tentang cascara? Bahan minuman yang satu ini sering kali dibuang dan dianggap tidak memiliki manfaat. Cascara secara bahasa berasal dari bahasa Spanyol yang berarti “kulit”. Cascara bukanlah sesuatu hal yang baru. Cascara sudah lama dikenal di Bolivia, Yaman, dan juga Ethiopia. Namun di Indonesia sendiri belum banyak yang tahu mengenai cascara ini loh.

Sebagaimana namanya, cascara merupakan kulit kopi yang dimanfaatkan untuk bahan minuman. Biasanya diseduh seperti teh. Ternyata cascara yang dianggap sebagai limbah ini memiliki sejuta manfaat bagi kesehatan tubuh. Saya akan berbagi sedikit mengenai beberapa manfaat dari limbah kulit kopi ini.

Sebelum menuju manfaat cascara, simak dulu proses pembuatan cascara berikut:

1. Kopi yang masih berupa ceri atau buah yang basah atau baru dipetik, dijemur hingga kering (untuk natural process).

2. Tidak semua jenis kulit kopi bisa dijadikan cascara, hanya kulit yang matang dan berwarna merah saja.

Loading...

3. Kopi yang dijemur hingga kering dipisahkan kulit dari bijinya.

4. Setelah itu kulit kopi dijemur kembali hingga benar-benar kering.

5. Untuk membuat minuman, cascara yang sudah kering diseduh saja seperti menyeduh teh.

6. Takaran penyeduhan yang enak berkisar pada 70 gr cascara untuk 300 gr air.

Sebagaimana yang saya janjika di atas, berikut adalah beberapa manfaat yang diperoleh dari cascara yang saya rangkum dari beberapa sumber.

1. Mengatasi sembelit.

Sembelit merupakan hal yang kita resahkan. Bagaimana tidak, sistem pencernaan kita membutuhkan BAB (Buang Air Besar). Terganggunya sistem pencernaan menimbulkan keresahan, salah satunya adalah sembelit. Namun tak perlu khawatir lagi, cascara mengandung zat kimia yang memicu efek laksatif. Efek tersebut merangsang usus halus untuk berkontraksi sehingga memperlancar sembelit.

2. Mencegah kanker.

Kanker merupakan penyakit yang mematikan. Sebelum tubuh manusia terserang kanker lebih baik dilakukan pencegahan, salah satunya dengan megonsumsi casacara. Cascara mengandung antioksidan yang dapat melawan radikal bebas. Dengan terbebasnya tubuh dari radikal bebas, kita dapat terhindar dari kanker.

3. Mengencangkan kulit.

Siapa yang tidak mendambakan wajah cantik? Semua orang, utamanya perempuan pasti mendambakan wajah yang cantik dan terbebas dari kerutan. Nah, manfaat lain dari cascara adalah mengandung vitamin C dan E yang dapat mengencangkan kulit wajah.

4. Mencegah penuaan dini.

Selain mengandung vitamin C dan E yang dapat mengencangkan kulit, cascara juga mengandung antioksidan untuk mencegah penuaan dini. Penuaan dini sangat diresahkan kaum perempuan, utamanya menjelang usia-usia tua. Cascara adalah solusi yang tepat untuk mencegah hal tersebut. Dengan mengonsumsi cascara secara rutin akan terbebas dari keriput dan garis halus. Selain hal tersebut, cascara juga dapat memberikan perlindungan kulit dari dalam terhadap paparan sinar ultraviolet.

5. Mencegah penyakit jantung.

Selain kanker, penyakit yang termasuk mematikan adalah penyakit jantung. Salah satu penyebab penyakit jantung adalah menumpuknya kolesterol dalam tubuh. Dalam hal ini cascara memiliki peran dalam mencegah meningkatnya kadar LDL (Low Density Lipoprotein).

6. Menstimulus semangat.

Tidak hanya kopi saja yang dapat memberikan efek semangat, ternyata kulitnya pun dapat menstimulus semangat. Efek kafein yang terdapat pada kopi memberikan energi pada tubuh sehingga membuat tubuh makin semangat. Energi yang sama juga diberikan cascara pada tubuh manusia sehingga dengan meminum cascara secara rutin dapat memberikan hari-hari yang penuh dengan semangat.

7. Menjaga kesehatan mental.

Menurut British Journal of Nutrion, cascara mampu meningkatkan faktor neutropik yang berkaitan dengan fungsi memori. Dengan demikian, otak akan senantiasa terjaga sehingga mental manusia akan sehat.

8. Menjaga sistem imun.

Dalam hal ini, cascara mengandung banyak potasium. Fungsi dari potasium tersebut adalah untuk mengontrol tekanan darah dan menguatkan tulang. Kandungan lain dari cascara adalah Anthraguinon, Glikosida, Dianthrones (Emodin dan Chrysophanol), dan Heterodianthrones (Plamidin A,B,C).

Gimana nih, banyak kan manfaat yang didapatkan dari limbah kulit kopi ini? Dengan mengonsumsinya secara rutin, tubuh kita akan sehat dan selalu fit dalam menjalani aktivitas.

 

Source

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Pilih Reaksi Kamu


Tags

Loading...
Creator Banner

YUK GABUNG SEKARANG UNTUK DAPETIN
UANG TUNAI DARI HASIL KARYAMU!

Learn More Sign In
Tulis Komentar

RECOMMENDED VIDEO

Astro-Lo-Gue Ep. 7 - Patah Hati Zodiak Libra, Scorpio, Sagitarius, Capricorn, Aquarius & Pisces! Buat Sobat Brilio yang menunggu-nunggu, Astro-Lo-Gue balik lagi nih! Masih bareng Aby Respati yang bakalan ngelanjutin penjelasan mengenai hal-hal apa ...

ON FIRE

MORE
Back To Top